Peacemaker adalah salah satu serial bergenre superhero yang sekarang sedang ditonton oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Serial yang diciptakan oleh James Gunn ini menceritakan kisah konyol Christopher Smith alias Peacemaker (John Cena) yang sedang berusaha menyelesaikan misi Project Butterfly bersama tim barunya yang disebut ARGUS. Terlepas dari berbagai ancaman alien kupu-kupu di serialnya, ada spekulasi yang menyatakan bahwa ending serialnya akan menghadirkan superhero muda bernama Blue Beetle. Apa hubungan Blue Beetle dengan Peacemaker? dan bagaimana itu bisa terjadi? Mari kita bahas teorinya lebih dalam, Geeks!

Mempunyai Hubungan Dekat

Peacemaker adalah karakter klasik DC yang sebenarnya pertama kali melakukan debutnya di media Charlton Comics, tepatnya di komik Fightin’ 5 #40. Sampai akhirnya DC membeli Charlton Comics, Peacemaker masuk ke DC Universe melalui kisah penggabungan multiverse di Crisis On Infinite Earths, di mana karakternya mulai mengalami beberapa perombakan agar lebih sesuai dengan DC Comics.

Digambarkan sebagai karakter yang brutal, yang tidak akan segan-segan membunuh untuk menciptakan perdamaian, Peacemaker melakukan debut DC-nya sebagai supervillain yang berhadapan dengan superhero bernama Vigilante di komik Vigilante. Dalam kisahnya, Peacemaker menjadi musuh tangguh yang pada akhirnya berhasil membunuh superhero Vigilante kedua yaitu Adrian Chase (yang sekarang menjadi sahabatnya di serial Peacemaker).

Setelah beberapa kali diceritakan sebagai penjahat, begitu juga sebagai salah satu anggota Suicide Squad, pada akhirnya Peacemaker yang mulai menarik banyak perhatian penggemar, mendapatkan kisah penebusan dosanya di komik solo Blue Beetle #7-20 karya Keith Griffen, John Rogers, dan Cully Hamner yang dirilis pada tahun 2006. Di komik ikonik ini, Peacemaker diceritakan menjadi sosok yang lebih baik dengan menjadi mentor superhero muda bernama Jamie Reyes alias Blue Beetle.

Blue Beetle sendiri adalah superhero latin DC, yang mendapatkan kemampuan supernya setelah bergabung dengan alien serangga berwarna biru. Dengan alien serangga tersebut, Blue Beetle mendapatkan armor kuat yang bisa berubah bentuk dan sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih. Meskipun dia sempat menjadi sidekick bagi Batman, tetapi dia memulai perjalanan superheronya dengan Peacemaker. Selama beberapa saat di kisah DC Comics, Peacemaker sempat menjadi mentor Blue Beetle yang baru pertama kali mendapatkan kemampuan super dari serangga alien tersebut.

Berada di Semesta yang Sama

Serial Peacemaker sebenarnya adalah tayangan spin-off dari film The Suicide Squad (2021) yang juga digarap oleh James Gunn. The Suicide Squad sendiri adalah film yang dimaksudkan sebagai bagian dari DC Extended Universe, bersama jajaran film lainnya yang berada di jagat sinematik yang sama. Sebagai serial pertama DCEU, apa yang dihadirkan di Peacemaker bisa disimpulkan sebagai bagian dari jagat sinematiknya secara keseluruhan, termasuk ketika Peacemaker mengonfirmasi sosok setan nakal Bat-Mite dan superhero aneh Matter-Eater Lad.

Sedangkan film Blue Beetle adalah film yang saat ini tengah digarap oleh Warner Bros. dan dimaksudkan sebagai bagian dari DC Extended Universe. Disutradarai oleh Angel Manuel Soto, serta dibintangi oleh Xolo Maridueña sebagai Jaime Reyes alias Blue Beetle, film ini dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada 18 Agustus 2023. Plot filmnya sendiri masih dirahasiakan, tetapi mengingat sejarahnya bersama Peacemaker di DC Comics dan juga kedua tayangannya sama-sama di DCEU, bukan tidak mungkin mereka berdua akan bertemu dan mengadaptasi kisah mentor-murid dari DC Comics.

Kapan Mereka akan Bertemu?     

Jika benar, Blue Beetle dan Peacemaker akan bertemua pada suatu titik di DCEU, momen yang cukup masuk akal bisa terjadi di ending atau credit-scene serial Peacemaker. Seperti yang kita tahun Project Butterfly di serial Peacemaker adalah misi untuk membunuh serangga misterius yang menjadikan manusia sebagai inang. Ketika berada di dalam tubuh manusia, butterfly mampu membuat inangnya memiliki kekuatan fisik super yang sangat berbahaya. Bisa saja alien serangga biru yang akan menjadikan Jamie Reyes sebagai inangnya nanti ada hubungannya dengan para butterfly di serial Peacemaker.

Namun, dalam kasus Jamie Reyes mungkin proses penggabungannya “agak” disesuaikan, karena bagi Jamie serangga biru tersebut tidak boleh sepenuhnya mengambil alih tubuhnya. Bisa saja serangga biru yang akan bergabung dengan Jamie nanti akan masuk lebih dahulu ke dalam pesawat ruang angkasa milik butterfly (seperti yang terlihat di Peacemaker episode 2), di mana nanti akhirnya pesawat ruang angkasa tersebut yang akan membentuk armor Blue Beetle, mengingat versi DC Comicsnya sendiri memang bisa berubah bentuk.

Itulah pembahasan teori mengenai kemungkinan Blue Beetle akan muncul di serial Peacemaker. Di serialnya, Peacemaker seperti sedang berada dalam fase persimpangan, di mana dia bingung dengan jati dirinya? Kemungkinan dia akan menemukan jawabannya di ending Peacemaker, dan akhirnya mulai mengambil langkah drastis dengan melatih seorang superhero muda seperti Jamie Reyes. Setelah pertemuan mereka diperlihatkan di serial Peacemaker, mungkin interaksi mereka yang sebenarnya baru akan diekplorasi di film Blue Beetle mendatang. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.