Superhero dan supervillain adalah dua elemen utama yang sering menjadi faktor keberhasilan sebuah kisah di Marvel Universe. Pertarungan kedua kubu ini menjadi hiburan yang sangat dinanti oleh para penggemar. Namun, posisi superhero dan supervillain sendiri bukan sesuatu yang mutlak, karena selama bertahun-tahun ada juga karakter Marvel yang berubah dari baik menjadi jahat, dan begitu juga sebaliknya. Menariknya, ada 7 karakter Marvel yang lebih dikenal sebagai superhero, ternyata awalnya mereka adalah mantan supervillain kuat di Marvel Universe. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Venom

Memulai karier Marvelnya sebagai penjahat tangguh, Eddie Brock alias Venom diceritakan menjadi sekutu Spider-Man ketika mereka berdua harus menghadapi symbiote Carnage yang sangat kejam. Setelah beberapa kisah selanjutnya menggambarkan dia sebagai anti-hero, popularitasnya Venom di kalangan penggemar makin berkembang, sampai pada akhirnya dia mendapatkan serial komik solonya sendiri dan muncul lebih heroik dari sebelumnya. Versi terbarunya bahkan memperlihatkan Venom bersekutu dengan Avengers untuk melawan supervillain King in Black Knull yang menginvasi Bumi dengan para symbiote-nya.

Deadpool

Meskipun sulit untuk menjelaskan posisi Deadpool antara superhero atau anti-hero, tetapi yang jelas sebelumnya dia adalah penjahat tulen yang sering membuat onar di Marvel Universe. Dikenal sebagai karakter paling cerewet, Deadpool awalnya adalah seorang assassin di komik New Mutants, dengan kemampuan super-healing factor miliknya Deadpool sering membuat X-Men kewalahan. Setelah bertahun-tahun menjadi villain, walaupun masih tetap menyebalkan, pada akhirnya dia mendapatkan kisahnya sendiri dan diperlihatkan sebagai karakter nyeleneh yang berhati baik.

Scarlet Witch

Scarlet Witch dan Quicksilver adalah saudara kembar yang awalnya diceritakan sebagai bagian dari persaudaraan mutan jahat yang dipimpin Magneto. Hal tersebut karena pada saat mereka berdua masih kecil, Magneto menyelamatkannya dari reruntuhan gedung yang terbakar. Setelah persaudaraan mutan bubar, Scarlet Witch diperlihatkan bergabung dengan Avengers. Meskipun sebenarnya Quicksilver juga mendapatkan pengalaman yang kurang lebih sama, tetapi popularitas Scarlet Witch membuatnya lebih dikenal sebagai salah satu penyihir sekaligus superhero wanita terkuat di Avengers.

Black Widow

Black Widow adalah karakter Marvel yang memulai debut komiknya pada tahun 60-an, tepatnya pada saat perang dingin yang terjadi di antara Amerika dan Uni Soviet. Pada saat itu sebagai mata-mata Uni Soviet, Black Widow digambarkan sebagai lawan dari para superhero di Marvel Comics, khususnya Iron Man. Pada saat Uni Soviet bubat, pada akhirnya karakter Black Widow diceritakan beralih pihak menjadi sekutu para pahlawan Amerika dan bahkan menjadi salah salah satu Avengers yang paling berpengaruh.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2