Batman adalah karakter DC yang sering digambarkan sebagai sosok pendiam dan sulit untuk didekati. Di Justice League saja, hanya ada beberapa superhero yang terlihat akur dengan Batman, sisanya lebih memilih untuk tidak mendekatinya karena dia terlalu menyeramkan. Bahkan para musuh Batman juga menganggap dia sebagai hantu yang sebaiknya dihindari. Namun, sekian banyak musuh Batman yang benci sekaligus takut pada Batman, ada beberapa di antaranya yang justru menjadi love interest Batman. Siapa saja villain yang pernah menjadi love interest Batman? Simak di bawah ini, Geeks.

Catwoman

Pertama kali muncul di komik solo Batman #1 pada tahun 1940, Selina Kyle alias Catwoman digambaran sebagai sosok villain wanita yang sangat atraktif. Pekerjaannya sebagai pencuri ulung di Kota Gotham, membuat Catwoman sering bertarung dengan Batman yang pada dasarnya ingin membersihkan kota dari kejahatan. Seiring berjalannya waktu, Catwoman dan Batman sering bekerja sama dan mulai menjalin cinta sebagai sesama karakter bertopeng, sebelum akhirnya di era Rebirth mereka berdua saling mengungkapkan identitasnya masing-masing dan bertunangan.

Poison Ivy

Sama seperti Catwoman, Pamela Isley alias Poison Ivy adalah villain wanita Gotham yang mempunyai tingkat daya tarik yang sangat tinggi. Namun, hal tersebut tidak mempan pada Batman, sehingga dalam satu kesempatan, Poisonn Ivy mencoba mencium dan meracuninya agar Batman jatuh cinta padanya. Menariknya, hal tersebut justru berbalik pada Poison Ivy yang justru jatuh cinta pada Batman. Dalam kesempatan lain, Batman dan Poison Ivy pernah benar-benar saling jatuh cinta dan saling bekerja sama untuk mengalahkan para penjahat yang mengancam populasi tanaman di Kota Gotham.

Jezebel Jet 

Mempunyai reputasi yang sama seperti Bruce Wayne alias Batman, Jezebel Jet adalah seorang selebritas Kota Gotham yang bertemu dengan Bruce di sebuah galeri seni. Dengan cepat masyarakat Kota Gotham menjodohkan mereka berdua. Merasa curiga dengan Bruce yang sering menghilang secara tiba-tiba, Jezebel kemudian mengetahui bahwa Bruce adalah Batman. Namun, rahasia di antara mereka berdua tidak berhenti sampai di situ saja, pada akhirnya terungkap juga bahwa Jezebel adalah anggota organisasi kriminal Black Glove. Dan sejak saat itu Batman dan Jezebel memilih untuk putus.

Phantasm

Sebelum beranggapan miring pada Batman, perlu dicatat bahwa Phantasm adalah seorang villain wanita bernama Andrea Beaumont. Kisah cinta antara Batman dan Phantasm terjadi di animasi Batman: The Animated Series. Awalnya diceritakan bahwa Andrea adalah sosok yang sangat mencintai Bruce alias Batman, tetapi ketika melihat Batman sering bekerja dengan Catwoman, rasa cemburu Andrea mengubahnya menjadi sosok villain brutal dan menyeramkan yang dikenal sebagai Phantasm. Setelah mengatahui bahwa Phantasm adalah Andrea, Bruce memilih untuk pergi, meninggalkan Andrea yang hatinya hancur.

Nocturna

Jika dalam kasus Catwoman dan Poison Ivy, Batman melalui berbagai lika-liku cinta terlebih dahulu. Dengan Natalia Knight alias Nocturna, dia langsung jatuh cinta padanya tanpa melalui proses tarik ulur. Nocturna sendiri adalah villain yang dikenal sebagai pemimpin organisasi kriminal di Kota Gotham. Setelah mengetahui Batman dan Bruce adalah orang yang sama, Nocturna kemudian makin mencintai Batman dan mencoba lepas dari dunia kriminal. Bahkan dia sempat menjadi ibu angkat bagi Jason Todd, salah satu Robin. Sayangnya, Nocturna tewas dibunuh oleh mantan suaminya, yaitu Anton Knight.

Talia Al Ghul 

Dari semua villain yang pernah mempunyai hubungan asmara dengan Batman, Talia al Ghul bisa dibilang adalah yang paling sukses. Sebagai anak Ra’s al Ghul, Talia mempunyai karakteristik menyeramkan, apalagi dia adalah pembunuh terhebat di League of Assassins. Merasa sama-sama pernah berguru pada Ra’s di LoA, dan juga karena tertarik dengan sikap tangguhnya, Batman kemudian mulai menaruh rasa pada Talia. Meskipun hubungan mereka sering putus-nyambung, dan juga sering bertarung satu sama lain, pada akhirnya Batman mempunyai anak dari Talia, yaitu Damian Wayne yang sekarang menjadi Robin.

Itulah 6 villain yang pernah menjalin hubungan asmara dengan sang Caped Crusader Batman. Meskipun beberapa hubungan di antaranya tidak bertahan lama, tetapi keenam villain ini membuktikan bahwa Batman juga mempunyai ketertarikan yang bisa dibilang aneh pada penjahat. Sejauh ini hanya Talia yang pada akhirnya mempunyai anak dari Batman, tetapi Catwoman tetap yang paling lama menjalin hubungan dengan Batman. Menurut kalian, Geeks, dari keenam villain ini siapa yang paling cocok dengan Batman?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.