DC Universe adalah tempatnya bagi para superhero yang terkenal dengan berbagai kemampuan supernya. Namun, di antara para karakter berkekuatan super tersebut, ada beberapa vigilante tangguh yang sebenarnya tidak mempunyai kekuatan super, salah satunya adalah Batman. Sebagai vigilante yang sering main hakim, Batman sering kali diperlihatkan mempunyai beberapa keunggulan dari superhero lain. Namun, ternyata selain Batman ada beberapa vigilante lain yang bahkan lebih berbahaya dari Batman sendiri. Siapa saja mereka? Berikut 5 vigilante DC yang lebih mematikan dari Batman!

Red Hood

Sebagai mantan sidekick Batman, Jason Todd alias Red Hood adalah karakter DC yang makin tangguh setelah dirinya disiksa oleh Joker sampai hampir mati dan merasa ditinggalkan oleh Batman yang dia anggap sebagai mentornya. Bahkan saat dirinya masih menjadi Robin, Jason sudah memperlihatkan kemampuannya yang tangguh. Setelah bertahun-tahun Batman merasa bersalah karena membiarkannya mati di tangan Joker, Red Hood muncul kembali dengan dua pistolnya yang mematikan. Dia bahkan tidak ragu untuk membunuh musuhnya demi mewujudkan Kota Gotham yang bersih dari kejahatan.

Shado

Pertama kali muncul di komik The Longbow Hunters, Shado hadir sebagai vigilante yang berusaha untuk membela kebenaran dengan cara yang menurutnya paling ideal, yaitu menghentikan aktivitas penjahat dengan membunuhnya. Sebagai ahli memanah, Shado pernah bekerja dengan Green Arrow dan membuktikan padanya bahwa dia adalah pemanah tangguh yang mampu menyaingi kekuatan Green Arrow, vigilante dari Kota Star. Walaupun DC juga pernah memposisikannya sebagai villain, tetapi sebagai vigilante, Shado tetap menjadi salah satu yang paling mematikan di DC Universe.

Lady Shiva

Dalam sejarahnya di DC Universe, Lady Shiva digambarkan sebagai karakter yang tidak memihak sisi jahat ataupun baik, dia justru lebih sering muncul untuk tujuan pribadinya. Berkat pelatihannya yang intens, konon Lady Shiva menjadi seorang pembunuh dan ahli bela diri paling kuat di DC Universe. Dalam beberapa kesempatan dia pernah bekerja sama juga dengan para superhero, membuatnya menjadi vigilante yang sering main hakim sendiri dan tidak pernah menganggap moral superhero itu penting. Oleh karena itu tidak aneh jika dalam setiap aksinya, Lady Shiva ditakuti oleh para supervillain dan juga superhero.

Azrael

Ketika Batman sempat menghilang untuk sementara waktu, Jean-Paul Valley alias Azrael pernah menggantikannya menjadi vigilante yang membasmi kejahatan di Kota Gotham. Namun, kehadirannya justu membuat para villain sangat merindukan Batman, hal tersebut karena Azrael berbeda dari Batman yang tidak pernah membunuh musuhnya. Azrael sangat menikmati ketika dirinya menjadi vigilante, karena dia bisa mengasah kemampuan assassin-nya dengan membunuh para penjahat di Kota Gotham. Bahkan untuk mengurus penjahat kelas teri sekalipun, Azrael tidak ragu untuk melukai dan melumpuhkannya.

Rorscach

Sama seperti Batman, Rorscach adalah seorang dektektif atau investigator yang sering muncul untuk memecahkan kasus-kasus pembunuhan yang misterius. Namun, motifnya sendiri menjadi ambigu, karena saat melakukan investigasi, satu-satunya yang ada di kepala Rorscach adalah menemukan dan membunuh para pembunuh tersebut. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Rorscach akan menyiksa terlebih dahulu para pembunuh baru mencabut nyawanya dengan tangannya sendiri atau dengan barang-barang yang ada di sekitarnya, seakan semua benda di Bumi tidak ada yang aman di tangan Rorscach.

Itulah 5 vigilante DC yang lebih mematikan dari sang Caped Crusader. Pada dasarnya kelima vigilante ini mempunyai satu kesamaan, yaitu tidak ragu untuk membunuh para penjahat yang menjadi korbannya. Itulah mengapa mereka dianggap lebih tangguh dan lebih efektif dari Batman, yang tidak pernah membunuh musuhnya sekalipun lawan yang dia hadapi sangat berbahaya.