Batgirl merupakan film DC mendatang yang direncanakan akan tayang secara eksklusif di saluran streaming HBO Max. Digarap oleh duo sutradara Adil El Arbi dan Bilall Fallah (Bad Boys for Life), serta ditulis oleh Christina Hodson (Birds of Prey), film Batgirl akan berfokus pada superhero wanita bernama Barbara Gordon alias Batgirl yang menjadi pembasmi kejahatan baru di Kota Gotham. Film ini dibintangi oleh Leslie Grace sebagai Batgirl, J.K. Simmons sebagai James Gordon, dan Brendan Fraser sebagai villain Firefly.

Pada bulan November lalu, dalam sesi wawancaranya, sutradara Adil El Arbi dan Bilall Fallah mengatakan bahwa akan ada Batman di film Batgirl ini, tetapi mereka tidak menjelaskan lebih lanjut Batman versi mana yang akan hadir di filmnya, mengingat banyak sekali Batman yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Warner Bros., dari mulai Batman dari Ben Affleck yang sudah lebih dahulu berada di DC Extended Universe, Batman dari Robert Pattinson yang berada di Multiverse DC, dan juga Batman dari Michael Keaton yang akan kembali hadir di film The Flash mendatang.

Batman Michael Keaton Muncul di Film Batgirl!, Greenscene

Setelah sempat memicu berbagai spekulasi penggemar, akhirnya WB merilis daftar casting baru film Batgirl yang mencantumkan Keaton sebagai jajaran pemerannya. Belum jelas apakah Keaton akan menjadi Batman di film Batgirl ini atau tidak, yang jelas WB menambahkan catatan pada daftar castingnya, “Credit masih belum final dan tanggal [rilis] bisa berubah sewaktu-waktu.” Jadi, masih ada kemungkinan Keaton tidak terlibat atau ada pemeran Batman lain yang terlibat sebagai bagian dari Multiverse DC.

Michael Keaton sendiri pertama kali memerankan karakter Batman pada tahun 1989 di film Batman karya Tim Burton dan kembali memerankannya di sekuel yang berjudul Batman Return. Setelah 30 tahun berlalu, Keaton akan kembali mengenakan kostum Batman-nya di film The Flash yang akan dirilis pada 4 November 2022, beradu akting dengan Ezra Miller sebagai Flash dan Ben Affleck sebagai Batman DCEU.

Dengan pengumuman ini, banyak juga penggemar yang bertanya-tanya mengapa bukan Ben Affleck yang menjadi Batman di film Batgirl, padahal filmnya berada di semesta yang sama dengannya, yaitu DCEU. Di DC Comics, Batman adalah mentor Batgirl, dan jika Keaton benar-benar berperan sebagai Batman di film Batgirl, mungkin ada kejadian Multiverse yang memungkinkan ceritanya untuk mengambil arah tersebut. Kita lihat perkembangannya filmnya nanti ya, Geeks. Jika tidak ada halangan, film Batgirl diharapkan akan tayang pada tahun 2022 mendatang.