Dalam cerita di seri Naruto, kita mengenal sebuah kelompok villain yang sangat populer yaitu Akatsuki. Akatsuki merupakan kelompok villain yang bertujuan untuk mencari seluruh Tailed Beast atau para bijuu, dan kemudian para bijuu tersebut diekstraksi dari tubuh para Jinchurikinya. Setelah semuanya terkumpul, para bijuu tersebut kemudian akan membangkitkan monster berekor 10.

Akatsuki sendiri diketahui sudah bubar setelah perang besar ninja keempat. Dan sekarang, di seri Boruto, kita diperkenalkan oleh kelompok villain lainnya yaitu Kara. Meskipun begitu, kepopuleran Akatsuki sepertinya belum hilang. Masih banyak fans yang membandingkan Akatsuki dengan kelompok Kara. Namun, meskipun Akatsuki sudah bubar, pada kenyataanya masih ada anggota Akatsuki yang masih hidup dan muncul di seri Boruto. Siapa saja?

Orochimaru

Orochimaru merupakan salah satu karakter yang ikonik karena kejahatan yang dia pernah buat di seri Naruto. Contohnya, dia pernah membunuh Hokage ketiga yaitu Hiruzen Sarutobi saat arc Ujian Chunin berlangsung. Orochimaru juga bahkan merupakan sosok yang memberikan segel kutukan kepada Sasuke dahulu, dan menjadi orang yang memotivasi Sasuke untuk pergi dari Konoha.

Orochimaru pernah menjadi salah satu anggota Akatsuki. Orochimaru sendiri saat ini masih hidup setelah apa yang terjadi pada perang besar ninja sebelumnya. Orochimaru akhirnya menyadari semua kesalahan yang dia perbuat, dan memutuskan untuk menebus dosa-dosanya dengan cara berbuat kebaikan. Sekarang dia sering membantu Konoha dalam berbagai riset.

Team Taka

Team Taka merupakan kelompok yang dibentuk oleh Orochimaru yang terdiri dari Suigetsu, Juugo, Sasuke, dan Karin Uzumaki. Kejahatan yang pernah mereka buat kurang lebih mirip seperti Sasuke, meskipun tidak sebesar dari apa yang dilakukan Sasuke. Tim ini sendiri memiliki beberapa misi ketika dibentuk, seperti salah satunya adalah menghabisi Itachi Uchiha.

Setelah misi untuk menghabisi Itachi berhasil untuk dilakukan, Obito pun kemudian membawa Sasuke ke tempat persembunyiannya. Obito sendiri kemudian bercerita bahwa apa yang dilakukan oleh Itachi selama ini – termasuk bergabung dengan Akatsuki – sebenarnya dilakukan demi melindungi Sasuke. Team Taka sendiri saat ini masih bekerja untuk Orochimaru, hanya saja Sasuke tidak lagi menjadi bagian dari timnya.

Hidan

Hidan merupakan salah satu anggota Akatsuki yang paling kuat. Diketahui merupakan pengikut aliran Jashin, Hidan pun pun kemudian berhasil membunuh Asuma dalam sebuah pertarungan. Mengetahui hal tersebut, Shikamaru bersumpah untuk membalas dendam kematian Asuma.

Team Asuma yang dibantu Kakashi pun kemudian pergi mencari keberadaan Hidan dan Kakuzu. Shikamaru sendiri kemudian berpisah dari mereka untuk menghabisi Hidan. Shikamaru kemudian membuat jebakan yang membuat Hidan terjebak di reruntuhan hingga sekarang. Sebenarnya secara teknis, Hidan sendiri masih hidup karena ia adalah sosok abadi yang berarti tidak bisa mati.

Yang menarik adalah dengan sangat terkenalnya kelompok Akatsuki di universe Naruto, namun masih saja ada orang yang kemudian berniat untuk membentuk kelompok villain. Kara adalah contohnya. Pada dasarnya, baik Kara atau pun Akatsuki memiliki tujuan yang hampir sama, menghancurkan bumi dan dunia shinobi. Meskipun para karakter di atas – kecuali Hidan – sudah bukan lagi menjadi bagian dari Akatsuki, banyak orang yang masih akan mengingat siapa mereka berdasarkan rekam jejaknya. Terlepas dari hal tersebut, apa yang mereka perbuat saat ini untuk kebaikan tentunya perlu diapresiasi. Setidaknya mereka sudah sadar atas kesalahan mereka dan memutuskan untuk kembali ke jalan yang benar dan bahkan membantu para shinobi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.