Di antara banyaknya karakter Marvel, dewa-dewa cukup sering dibahas sebagai salah satu makhluk paling kuat di alam semesta. Para dewa ini telah hadir sejak lama mengisi kisah-kisah Marvel Comics, dari mulai dewa Asgardian, sampai dewa Mesir kuno. Kehadiran mereka biasanya digambarkan sebagai sosok yang memberi kekuatan pada karakter lain. Walaupun begitu, bukan berarti para dewa ini tidak pernah dikalahkan. Karena ternyata ada beberapa superhero juga yang pernah diceritakan melakukan sesuatu yang mustahil, yaitu mengalahkan dewa. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

Deadpool Habisi Thor

Marvel: 10 Karakter yang Pernah Kalahkan Dewa!, Greenscene

Bisa dibilang healing factor atau regenerasi adalah salah satu kemampuan paling sakti di Marvel Universe, karena dengan kemampuan tersebut seorang karakter bisa dibilang abadi, seperti Deadpool. Kemampuan healing factornya telah terbukti membuat Deadpool bisa menghabisi Thor di kisah Deadpool Kills the Marvel Universe (2012). Di komik tersebut, setelah Deadpool membunuh Fantastic Four dan juga sebagian besar Avengers, Deadpool juga membunuh Thor dengan menggunakan Partikel Pym untuk membuat Mjolnir Thor membesar dan menghancurkan tubuh Thor saat dia mencoba menggunakannya.

Doctor Doom Habisi Ankhenaten

Marvel: 10 Karakter yang Pernah Kalahkan Dewa!, Greenscene

Doctor Doom adalah salah satu penyihir paling sakti di alam semesta. Pujian tersebut dia dapatkan berkat kemampuannya yang bisa menggabungkan kekuatan sihir dan teknologi. Di mana dengan kekuatannya tersebut, Doctor Doom juga pernah mengalahkan dewa Mesir kuno bernama Ankhenaten. Di komik Marvel: The End (2003), setelah Cosmic Order membangkitkan firaun Akhenaten dan menjadikannya dewa yang jahat, para karakter Marvel bersatu untuk mengalahkannya. Dan ada akhirnya hanya Doctor Doom yang bisa mengalahkannya, setelah sebelumnya Thanos turut membantu untuk melemahkannya.

Doctor Strange Habisi Dormammu

Marvel: 10 Karakter yang Pernah Kalahkan Dewa!, Greenscene

Sebagai karakter Marvel yang bertugas untuk menjaga Bumi dari ancaman dimensi lain, sudah tidak aneh jika Doctor Strange bertemu dengan Dormammu yang sangat hobi menguasai dimensi lain. Di Marvel Comics sendiri pertarungan mereka berdua sudah cukup sering diceritakan, tetapi yang paling menarik adalah yang terjadi di Marvel Cinematic Universe. Di film Doctor Strange (2016), Doctor Strange menggunakan Eye of Agamotto dan membiarkan dirinya terbunuh berkali-kali oleh Dormammu yang ingin menguasai Bumi, sampai akhirnya Dormammu menyerah dan setuju untuk melepaskan Bumi.

Franklin Richards Habisi Mad Celestial

Marvel: 10 Karakter yang Pernah Kalahkan Dewa!, Greenscene

Sebagai anak dari Reed Richards dan Susan Storm, Franklin Richards terlahir sebagai mutan level Omega yang bisa membengkokan realitas sesuka hatinya. Dengan kekuatannya yang tidak terbatas, Franklin pernah diceritakan mengalahkan Dewa Ruang Angkasa, yaitu Mad Celestial. Kejadian tersebut diceritakan di kisah Future Foundation (2010), di mana Franklin bertarung dengan Mad Celestials dari Earth-4820 dan membunuhnya dengan semua kekuatan yang dimilikinya. Hebatnya, Franklin melakukan hal tersebut saat dirinya masih muda.

Hulk Habisi Loki

Marvel: 10 Karakter yang Pernah Kalahkan Dewa!, Greenscene

Satu lagi kejadian menarik yang terjadi di Marvel Cinematic Universe adalah ketika Dewa Penipu Loki dari Asgard dihabisi oleh Hulk di film The Avengers (2012). Ketika Loki dan pasukan Chitauri yang dipinjamkan Thanos padanya menyerang Kota New York, para Avengers yang pada saat itu beranggotakan Iron Man, Thor, Black Widow, Hawkeye, Captain America, dan Thor, harus berusaha untuk menggagalkan rencana Loki yang ingin menguasai Bumi. Saat para Chitauri kalah, tinggal tersisa Loki yang dibanting habis-habisan oleh Hulk di Stark Tower, Hulk bahkan memanggilanya Loki sebagai “dewa kecil”.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2