Momen pertarungan antara King dan Zoro menjadi salah satu pertarungan yang banyak perhatian dari para fans One Piece. Hal ini dikarenakan keduanya dianggap sama-sama sebagai komandan pertama dari kelompok bajak laut mereka masing-masing. Selain itu, para fans juga ada yang berpendapat bahwa pertarungan melawan King akan membuat Zoro menunjukan kemampuan yang sebenarnya.

King merupakan All-Stars paling kuat dari kelompok bajak laut Beast dan Zoro pun dianggap sebagai sosok yang paling kuat nomor 2 setelah Luffy. Sehingga pertarungan ini pun dianggap akan sangat epik. Dan melihat apa yang terjadi di ceritanya, sepertinya asumsi tersebut memang tidak salah. Pertarungan keduanya menjadi salah satu pertarungan paling epik dalam pertempuran di Wano.

Ada beberapa momen menarik terjadi di sepanjang pertarungan ini, misalnya ketika Zoro berhasil menghancurkan sebagian dari topeng milik King. Kemudian kita juga melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuatan King, yang membuat Zoro frustasi. Zoro diperlihatkan tidak mampu untuk melukai King setelah semua serangan yang dilakukan terhadapnya.

Dan berbicara mengenai kekuatan King, terdapat juga momen menarik seperti yang diperlihatkan di chapter 1033. Dalam chapter tersebut kita melihat kelanjutan pertarungan antara King dan Zoro. Zoro masih diperlihatkan kewalahan dalam menghadapi King. Namun, dalam salah satu panel King diperlihatkan terbang menuju arah Zoro dan tidak melakukan apa pun.

Hal tersebut tentunya dirasa aneh karena setelah King berada di hadapan Zoro, dia tidak melakukan apa pun atau bereaksi apa pun. Dia hanya terdiam tanpa berbicara. Ketika kemudian Zoro menusuk bagian perutnya, King pun baru bereaksi. King mengatakan bahwa serangan tersebut tepat di titik yang dia perkirakan. Setelah hal tersebut, ledakan besar pun muncul.

Zoro memang diperlihatkan selamat dari ledakan tersebut, setelah dia menggunakan Armament Haki. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apa yang sebenarnya terjadi pada King? Tiba-tiba terdiam dan mengatakan bahwa Zoro menyerang tepat di tempat yang sudah dia duga, memunculkan sebuah spekulasi besar. Apakah King memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan?

Kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan adalah kemampuan yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Hal ini dikarenakan kemampuan tersebut merupakan level tertinggi dari Observation Haki atau Haki Pengawasan. Mereka yang bisa menggunakan teknik ini akan mampu melihat momen yang akan terjadi, meskipun hanya beberapa saat atau beberapa detik saja.

Sebelumnya, diketahui hanya Charlotte Katakuri yang memiliki kemampuan ini. Setelah pertarungannya dengan Luffy, akhirnya Luffy pun mampu memiliki kemampuan ini. Mengingat Katakuri adalah komandan pertama di kelompok bajak laut Big Mom dan komandan terkuat di kelompoknya, dan King adalah komandan pertama di kelompok bajak laut Beast serta merupakan yang terkuat, rasanya masuk akal jika King memiliki kemampuan tersebut.

Seperti yang sudah Geeks ketahui, Oda Sensei senang untuk menghadirkan berbagai paralel atau kesamaan antara satu dan lain hal. Oda Sensei mungkin menghadirkan paralel atau kesamaan antara King dan juga Katakuri, sehingga King pun diperlihatkan mampu memiliki kemampuan yang sama. Pertanyaannya kemudian apakah artinya Zoro pun akan mampu melihat ke masa depan?

Jika berpacu pada asumsi tentang paralel yang dihadirkan oleh Oda, maka kemungkinan besar Zoro pun akan memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Zoro adalah komandan pertama di kelompok Topi Jerami dan kru terkuat kedua. Tetapi, seperti yang pernah Oda bahas dalam kolom SBS, bahwa Zoro sepertinya lebih kuat dalam hal Haki Senjata dibandingkan Haki Pengawasan.

Justru Sanji yang disebutkan lebih ahli dalam hal Haki Pengawasan. Sehingga, orang atau karakter yang cocok untuk melihat masa depan adalah Sanji. Meskipun begitu, bukan hal mustahil jika Zoro pun akan memiliki kemampuan tersebut suatu hari nanti. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan pertarungan ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.