Dari namanya saja kita sudah tahu bisa bahwa Superman adalah karakter yang memiliki kekuatan “super segala-galanya”, dari mulai terbang, heat vision, kekuatan fisik super, sampai nafas pembeku. Sejak debutnya pada tahun 1938, kemampuan Superman cenderung bertambah dan makin membuatnya terkesan “overpowered”. Namun, ternyata dibalik itu semua, Superman juga memiliki cukup banyak kelemahan dibanding superhero lain. Berbagai kelemahannya ini telah beberapa kali diceritakan di DC Comics, dan justru pengaruhnya cukup fatal. Apa saja kelemahan fatal Superman? Simak di bawah ini.

Gerhana

Matahari adalah salah satu sumber kekuatan Superman yang dapat membuatnya makin “OP” ketika terpapar sinar matahari. DC Comics sempat menggambarkan bahwa Superman mulai menguasai kekuatan supernya setelah mengetahui bahwa kehangatan dari Matahari dapat membuatnya bisa terbang, dan mengeluarkan semua kekuatan supernya.

Itu artinya, ketika sinar matahari tidak ada, atau ketika malam hari Superman cenderung melemah. Hal yang sama juga bisa terjadi pada Superman ketika Bumi mengalami gerhana matahari, seperti di crossover The Final Night crossover, di mana Sun-Eater meredupkan matahari dan membuat Superman makin lemah setiap harinya.

Jimmy Olsen

Jimmy Olsen adalah salah satu karakter DC yang berprofesi sebagai juru potret dan mempunyai hubungan dekat dengan Superman. Kehadirannya bahka dianggap sebagai adik oleh sang Man of Steel. Sikap protektif Superman pada Jimmy kurang lebih sama seperti pada istrinya, Lois Lane. Jimmy mempunyai sebuah jam tangan yang mampu memberikan sinyal panggilan pada Superman kapan pun dia mau. Hal tersebut membuat Jimmy secara tidak langsung dapat dimanfaatkan oleh villain untuk memancing Superman dan menjatuhkannya dengan rencana yang cukup matang.

Kota Kandor

Cinta Superman pada Kota Kandor yang ada dalam sebuah botol, hampir mirip seperti cinta seorang anak kecil yang pada mainan kesayangannya. Kota Kandor sendiri adalah sisa-sisa dari Planet Krypton yang diabadikan di sebuah botol kaca. Superman sangat menyayangi benda ini, karena konon di dalamnya masih terdapat kehidupan yang harus dia jaga. Rasa sayang berlebih pada Kota Kandor tentunya dapat berbalik menjadi kelemahan fatal, ketika ada penjahat yang bisa menguasainya, dengan begitu pasti Superman akan bersedia melakukan semua perintahnya.

Kryptonite Emas

Sementara kryptonite hijau terbukti dapat langsung melemahkan Superman, ternyata di DC Universe tersebar berbagai macam batu kryptonite dengan warnanya masing-masing. Dan yang paling berakibat fatal pengaruhnya pada Superman adalah kryptonite emas. kryptonite yang pertama kali diceritakan pada tahun 1962 ini bukan hanya melemahkan seorang kryptonian, melainkan mengambil semua kemampuan supernya.

Manipulasi Realitas

Superman terkenal sangat kuat ketika berhadapan dengan villain yang juga mengandalkan kekuatan asli. Namun, berbeda ketika dia berhadapan dengan villain yang dapat membengkokan realitas dan hukum fisika seperti Mr. Mxyzptlk. Sebagai villain yang terkenal sering melakukan “keisengan” pada Superman, Mr. Mxyzptlk selalu berhasil mengacaukan pikiran Superman, di mana hal tersebut membuat kekuatan super Superman tidak begitu berarti di hadapannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.