Matahari Merah

Matahari memang sumber kekuatan terpenting bagi Superman, tetapi itu tidak berlaku untuk matahari merah di planet asalnya. Seperti yang kita tahu, keadaan alam di planet Krypton cenderung membuat Kryptonian sama seperti manusia di Bumi. Jika Superman terpapar matahari merah maka makin lama kemampuannya akan makin menurun dan hilang, membuatnya sama seperti manusia biasa. Jika musuh abadinya, Lex Luthor, mengetahui kelemahan Superman yang satu ini, maka dengan kekayaannya dia bisa membuat matahari merah palsu untuk mengalahkan Superman.

Pengendalian Pikiran

Di DC Comics, banyak sekali supervillain yang mampu mengendalikan pikiran Superman dengan kemampuannya, salah satunya adalah Maxwell Lord. Maxwell pernah mengendalikan pikiran Superman dan membuatnya menyerang Batman dan Wonder Woman, di mana Wonder Woman lebih memilih mematahkan leher Maxwell daripada mengalahkan langsung Man of Steel. Kisah tersebut membuktikan betapa berbahayanya ketika Superman menghadapi lawan yang bisa mengendalikan pikiran, karena ternyata pikiran Superman tidak sekuat fisiknya.

Penyerapan Kekuatan

Dengan kekuatan yang dimilikinya tentu saja Superman sangat sulit untuk dikalahkan. Namun, ketika kekuatannya disingkirkan, Superman cenderung tidak bisa melakukan banyak hal termasuk untuk melarikan diri. Hal tersebut pernah terjadi ketika villain Parasite menyerap semua energi kehidupan dan kekuatannya, Superman tiba-tiba menjadi sosok yang tidak terlalu menyeramkan bagi siapa pun. Kemudian hal yang sama juga pernah terjadi saat Killer Frost menyerap energi kehidupan dan panas tubuh Superman, di mana Superman langsung pingsan dan tidak bisa melakukan perlawanan.

Pertukaran Tubuh

Semua orang pasti ingin mempunyai tubuh dan kekuatan Superman. Satu-satunya cara agar hal tersebut bisa terwujud adalah dengan melakukan pertukaran tubuh, seperti yang dilakukan oleh villain lemah bernama David Gundersen di komik Action Comics #584. Di luar dugaan ternyata Superman sama sekali tidak mempunyai pertahanan terhadap kemampuan unik David yang bisa menukarkan tubuh. Di komiknya diceritakan David mulai membuat onar di Metropolis, sebelum akhirnya Teen Titans mengembalikan tubuh Superman seperti sedia kala.

Sihir

Dari segi kekuatan mungkin tidak banyak yang bisa mengalahkan Superman, tetapi dengan sihir, Superman justru tidak ada apa-apanya. Superhero atau supervillain dengan kemampuan sihir dapat dengan mudah mengatasi Superman. Sementara benda fisik selalu gagal melukai kulit Superman, serangan sihir justru terbukti dapat melukai kulit dan bahkan organ dalam Superman, seakan-akan tubuh Superman seperti manusia biasa. Bahayanya, banyak sekali villain di DC Universe yang mempunyai kemampuan sihir yang sakti, termasuk Trigon dan Black Adam.

Itulah sepuluh kelemahan Superman yang pernah diceritakan di DC Universe. Hampir semua kelemahan tersebut dapat berakibat langsung dan fatal pada Superman. Untungnya, sebagian besar supervillain justru lebih sering memanfaatkan kryptonite hijau untuk mengekpoitasi kelemahan Superman, karena jika mereka semua memnfaatkan salah satu kelemahan di sini, mungkin Superman akan menjadi superhero terlemah dalam sejarah DC.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.