Maxwell Lord

Sebagai pengendali pikiran, Maxwell Lord adalah supervillain yang sangat berbahaya bagi Superman. Hal tersebut terbukti dengan Superman yang belum pernah berhasil mengalahkannya secara langsung. Di komik Justice League: Generation Lost (2010-2011), diceritakan bahwa Maxwell berhasil mengendalikan pikiran Superman untuk menyerang sesama anggota di Justice League, yaitu Batman dan Wonder Woman.

Mengetahui penyebabnya, Wonder Woman langsung menghampiri Maxwell, mengikatnya dengan laso kejujuran dan mematahkan lehernya. Setelah Superman sadar, dia bersama Batman kemudian berkonflik dengan Wonder Woman karena keputusannya untuk membunuh Maxwell. Di hati kecil Superman mungkin dia marah karena bukan dia yang membunuhnya. Sejak saat itu Maxwell tidak pernah terlihat lagi, membuatnya menjadi villain yang tidak pernah bisa dikalahkan Superman.

Mr. Mxyzptlk

Mr. Mxyzptlk adalah villain yang menyebalkan bagi Superman. Saking menyebalkannya, Superman tidak pernah berhasil membuat Mr. Mxyzptlk jera. Karena setiap kali dia dikirim ke dimensi asalnya, Mr. Mxyzptlk selalu kembali untuk “bermain-main” dengan Superman. Dengan kemampuan sihirnya yang bisa memanipulasi benda di sekitarnya, Mr. Mxyzptlk selalu berhasil melancarkan keisengannya pada Superman.

Dalam salah satu kisah di DC Comics, Superman sempat menangkap Mr. Mxyzptlk dan menguncinya di sebuah lemari, sebelum akhirnya Superman pergi. Entah apa yang dipikirkan Superman, tentu saja pada akhirnya Mr. Mxyzptlk kembali dan berbuat iseng lagi padanya, seperti seorang kakak selalu merasa puas setelah menjahili adiknya.

Nekron

Dengan Black Lantern-nya, Nekron berhasil membuktikan bahwa dirinya adalah villain yang sangat mengerikan. Sebagai perwujudan dari “kematian”, Nekron pernah berhasil membuat para anggota Justice League menjadi zombie di komik Blackest Night (2009-2010), termasuk Superman. Meskipun pada akhirnya Superman berhasil diselamatkan dan dihidupkan kembali, hal tersebut membuktikan bahwa Superman tidak bisa mengalahkan Nekron. Karena sebelum Superman sempat membalasnya, Nekron telah kalah oleh para White Lantern Corps.

The Batman Who Laughs

Villain yang satu ini mungkin memang menjadi ancaman bagi semua anggota Justice League, bukan hanya Superman. Namun, kekalahannya oleh The Batman Who Laughs mungkin adalah hal yang paling memalukan bagi Superman. Setelah sempat ditendang oleh The Batman Who Laughs, di komik Dark Night Metal (2017-2018), Superman terlalu sibuk melawan Jokers Dragon, sementara Batman dan Joker bekerja sama untuk mengalahkan The Batman Who Laughs. Sampai sekarang, bahkan Superman masih belum sempat membalas tendangan memalukan dari The Batman Who Laughs.

Trigon

Iblis Trigon adalah ayah superheroin Raven yang kemunculannya tidak terlalu banyak di DC Comics. Namun, dalam salah satu kemunculannyadi komik Injustice, tidak tanggung-tanggung Trigon langsung mengalahkan Superman yang sangat lemah terhadap sihir. Sejauh ini Trigon adalah villain dengan kekuatan sihir terbesar yang pernah dilawan Superman. Padahal di atas kertas sebenarnya Superman pernah mempunyai pengalaman mengalahkan musuh yang lebih kuat dari Trigon. Namun, pada kenyataannya Superman tidak terlalu bisa berkutik di hadapan sihir Iblis Merah Trigon.

Itulah sepuluh villain yang gagal dikalahkan oleh Superman. Sementara Superman sudah beberapa kali mengalahkan villain yang sangat kuat, seperti Darkseid dan Doomsday, para villain ini justru membuktikan bahwa sebagai superhero terkuat DC, Superman juga pernah merasakan kegagalan dan dipermalukan oleh beberapa villain. Apakah kalian masih berpikir bahwa Superman terlalu kuat, Geeks? Pada kenyataannya Superman juga sama seperti superhero lain yang selalu membutuhkan bantuan dari para Justice League.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.