Hampir sebagian besar penggemar menganggap Superman adalah superhero paling kuat di DC Universe, bahkan tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa dia terlalu kuat dibandingkan superhero lain di Justice League. Kelemahannya pada kryptonite bahkan tidak cukup untuk membuatnya mati, karena pada akhirnya Superman selalu berhasil membalikan keadaan dan mengalahkan para villainnya. Namun, apakah benar Superman sekuat itu? Kenyataannya, Superman juga mempunyai daftar villain yang tidak berhasil dia kalahkan saat sendirian. Siapa saja mereka? Simak sepuluh villain di bawah ini.

Amanda Waller

Siapa yang tidak mengenal Amanda Waller? Dia adalah pendiri Suicide Squad yang telah berhasil memerintahkan para villain melakukan “misi bunuh diri”. Dalam setiap aksinya bahkan Amanda selalu memiliki berbagai rencana cadangan. Para superhero telah berkali-kali mencoba menghentikan rencana busuk Amanda, dan tidak jarang mereka justru harus mengakui kekalahannya oleh Amanda. Bahkan Superman dari universe Earth-3 juga tidak pernah berhasil menggagalkan rencana Amanda, karena dia mengontrol para anggota Suicide Squad untuk melakukan semua yang diperintahkannya, termasuk menyuruh Bloodsport untuk mengalahkan Superman.

Bane

Ternyata bukan hanya Batman saja yang pernah “dipatahkan”, Superman juga pernah dipatahkan semangatnya oleh Bane. Pertemuan sekilasnya dengan Superman membuat Bane tampaknya bisa dengan mudah mengalahkan Superman, walaupun pada saat itu dia dibantu oleh Poison Ivy untuk melemahkan Superman terlebih dahulu. Sejak saat itu Superman tidak pernah bertemu dengan Bane lagi sebagai lawan. Karena pertemuannya di komik Injustice (2013), Bane justru hadir sebagai sekutu yang bersedia membantu Superman untuk mengalahkan Batman, padahal Superman belum sempat balas dendam.

Damage

Damage adalah salah satu karakter DC paling underrated yang memulai debutnya pada tahun 2018. Dalam salah satu kisah DC Comics dia pernah mengalahkan Superman saat dirinya mengamuk. Walaupun pada akhirnya Damage berhasil dikalahkan oleh Justice League, hal tersebut tidak bisa dihitung kemenangan individu bagi Superman. Karena jika saja Batman terlambat datang untuk membantu Superman pada saat melawan Damage, mungkin Superman tidak akan pernah mempunyai kesempatan untuk bangkit dan bergabung dengan para Justice League untuk mengalahkan Damage bersama-sama.

Killer Frost

Mempunyai nama asli Caitlin Snow, Killer Frost adalah villain yang sangat kuat, dia adalah villain dengan kekuatan es paling kuat di alam semesta. Saat Justice League bertemu dengan Killer Frost, Superman memutuskan untuk berhadapan langsung dengannya. Di mana keputusan tersebut membuat Superman pingsan, setelah Killer Frost menyerap semua panas tubuh Superman, begitu juga dengan energi kehidupannya. Syukurnya, Superman hanya tertidur selama beberapa saat, sehingga dia bisa melakukan pembalasan jika suatu saat bertemu kembali dengan Killer Frost.

Leviathan

Villain bernama Leviathan ini sebenarnya adalah Mark Shaw yang pernah menjadi Martian Manhunter. Karena sifatnya yang misterius, para anggota Justice League awalnya tidak menyadari identitas asli Leviathan. Bukti mengapa Superman tidak bisa mengalahkan Leviathan adalah dia tidak bisa berkutik walaupun Leviathan sudah menculik dan mencoba merekrutnya. Bahkan ketika Superman bersama para Justice League bersatu untuk mengalahkan Leviathan, villain yang satu ini masih sempat berpidato tentang pandangan hidupnya, sebelum akhirnya melarikan diri dengan teleportasi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.