Sanji Vinsmoke merupakan karakter yang bisa dibilang cukup underrated atau kurang begitu diperhitungkan jika dibandingkan dengan rekannya yang lain di kru Topi Jerami seperti Monkey D. Luffy dan juga Roronoa Zoro. Memang, dari segi kekuatan fisik dan juga kemampuan Sanji bisa dikatakan berada di bawah mereka berdua – meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dengan sosok Zoro.

Tetapi, sebenarnya, kemampuan dari Sanji pun tidak kalah dahsyat dari mereka berdua. Sanji adalah sosok petarung yang mengedepankan kekuatan kakinya. Semua serangan yang dia lakukan dan juga berbagai teknik andalannya mengandalkan kemampuan kakinya. Sangat jarang sekali Sanji menggunakan tangannya untuk bertarung. Hal ini ada kaitannya dengan masa lalunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa Sanji sempat dirawat oleh Zeff ketika dia masih kecil. Zeff sendiri adalah seorang koki yang kemudian mengajari Sanji bagaimana caranya memasak. Dan karena Zeff pun sebenarnya adalah petarung yang mengandalkan kaki, maka Sanji mengikuti jejaknya. Selain itu, Sanji pun beranggapan bahwa tangannya hanya boleh digunakan untuk memasak.

image

Berdasarkan hal tersebut lawan yang dirasa pantas untuk dihadapi Sanji sebagai musuh terakhirnya adalah Kizaru alias Borsalino. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Kizaru bisa dibilang “kembaran” dari Sanji. Dia adalah salah satu admiral angkatan laut yang mana semua serangannya mengandalkan kekuatan kakinya. Masih belum diketahui mengapa dia jarang menggunakan tangannya untuk bertarung.

Seperti halnya Sanji, Kizaru pun merupakan karakter yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan buah iblis Pika Pika no Mi yang dia miliki, yang membuatnya mampu bergerak secepat cahaya dan bahkan mampu menembakan cahaya dari anggota tubuhnya. Sanji pun dikenal sebagai karakter yang memiliki kecepatan dahsyat di mana tendangannya hampir sulit untuk ditahan.

Saat time-skip terjadi, Sanji berlatih di kerajaan Kamabakka di mana dia dilatih oleh Emporio Ivankov dan juga para okama di sana. Saat latihan, Sanji terus dipaksa untuk terus berlari tanpa henti yang mana hal itu membuatnya kini semakin cepat dalam pergerakan serangannya. Terbukti di mana Sanji mampu menciptakan teknik baru berdasarkan kecepatan geraknya, seperti Blue Walk yang mampu membuat dia bergerak cepat di dalam air.

Tentunya pertarungan antara Sanji melawan Kizaru ini sangat menarik karena di satu sisi Kizaru mengandalkan buah iblis sebagai sumber kekuatannya, sedangkan di sisi lain, Sanji tidak memiliki kekuatan buah iblis dan mengandalkan kemampuannya serta latihannya. Namun, yang perlu dicatat dalam hal ini adalah Sanji belum bisa menghadapi Kizaru saat ini.

image

Sosok admiral bukanlah sosok sembarangan. Mereka adalah garda terdepan dari pihak angkatan laut yang memiliki kekuatan dahsyat. Hanya mereka yang berada di level tinggi yang mampu menandingi atau bahkan mengalahkan sosok admiral seperti Kizaru. Untuk saat ini, level kekuatan Sanji mungkin masih berada di bawah Kizaru. Namun, seiring perjalanan dan petualangan yang ada tentunya kemampuan Sanji akan bertambah.

Contohnya adalah saat ini Sanji bertarung melawan Queen, salah satu dari tiga komandan tertinggi kelompok bajak laut Beast. Pertarungan melawan Queen ini tentunya bisa meningkatkan kekuatan Sanji. Belum lagi dia mendapatkan peningkatan kekuatan berkat rekayasa genetik Judge saat Sanji masih dalam kandungan, yang baru aktif semenjak Sanji mengenakan Raid Suit.

Masih ada banyak waktu bagi Sanji untuk bisa meningkatkan kekuatannya sebelum kemudian dalam pertarungan terakhirnya dia akan bertarung dengan sang admiral. Dan sebenarnya pertarungan antara Sanji melawan Kizaru ini merupakan salah satu pertarungan yang sudah sejak lama dinantikan oleh para fans.