Rasanya semua Geeks sudah tahu mengenai kemampuan Haki. Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Dalam ceritanya sendiri Haki dikaitkan dengan kemampuan atau kekuatan tekad dari seseorang. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama.

Meskipun Haki sebenarnya sudah diperlihatkan di awal cerita One Piece – misalnya ketika Luffy bertarung melawan God Enel yang menggunakan Observation Haki di Skypiea – nama “Haki” sendiri baru dengan jelas diperkenalkan saat arc kepulauan Sabaody dimana para kru topi jerami berhasil dikalahkan. Dalam arc ini, kita melihat bagaimana para suku Kuja menggunakan Armament Haki di panah mereka.

Kemudian ketika di Impel Down pun kekuatan Haki sempat diperlihatkan. Dan yang paling luar biasa tentunya apa yang dilakukan oleh Rayleigh di pelelangan manusia ikan. Haki sendiri diketahui memiliki tiga jenis yaitu Haki Senjata, Haki Penguasa, dan Haki Observasi. Diantara semua jenis Haki yang ada, Armament Haki atau Haki Senjata adalah Haki yang paling banyak digunakan dan dihadirkan dalam cerita One Piece.

Did Gol D. Roger go to the whole Cake Island? - Quora

Haki jenis ini memang sangat berguna ketika seseorang sedang bertarung melawan musuh yang memiliki kemampuan buah iblis – seperti pengguna Logia – atau melawan musuh yang memang sangat kuat. Kemudian Haki Penglihatan, yang mampu merasakan emosi atau keberadaan musuh. Dan terakhir, Haki yang tidak bisa dimiliki semua orang yaitu Haki Penguasa.

Meskipun sejauh ini kita diperkenalkan bahwa ada tiga jenis Haki dalam cerita One Piece, namun ada kemungkinan bahwa sebenarnya selama ini ada jenis Haki yang lain tanpa kita sadari. Jenis Haki apakah yang dimaksud? Kemapuan untuk bisa mendengarkan objek atau makhluk hidup lainnya. Kemampuan ini lebih dikenal dengan teknik ‘Voice of All Things’ atau Suara dari semua hal.

The Voice Of All Thing atau suara semesta merupakan sebuah kemampuan yang unik, yang diperkenalkan dalam seri One Piece. Sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi lebih tentang Voice Of All Things, oleh karena itulah belum ada penjelasan yang jelas atau detail tentang apa sebenarnya Voice Of All Things ini.

Berdasarkan apa yang ditunjukan di ceritanya, Voice Of All Things merupakan sebuah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Seseorang yang memiliki kemampuan atau kekuatan ini, bisa mendengar suara apapun yang ada di dunia One Piece. Mereka bisa mendengar makhluk hidup lainnya selain manusia, atau yang lebih dahsyat lagi adalah Voice Of All Things bisa membuat seseorang mendengar benda mati, contohnya Poneglyphs.

Sejauh ini ada empat orang yang diketahui memiliki kemampuan untuk mendengar Voice of All Things. Pertama adalah Gol D. Roger, kemudian Monkey D. Luffy, Kozuki Momonosuke, dan Kozuki Oden. Roger sendiri pernah mengatakan bahwa menemukan Poneglyph adalah sesuatu yang mudah, berkat adanya suara-suara yang muncul tersebut. Namun, lain halnya dengan memahami isi pesannya.

Diibaratkan, seseorang mampu mendengar ada suara yang sangat nyaring. Namun, dia tidak mengerti apa yang diucapkan. Karena itulah, meskipun Roger mengatakan bahwa dia bisa menemukan Road Poneglyph dengan mudah tetapi dia butuh sosok Kozuki Oden untuk bisa memahami isi pesannya, karena dia tidak memahami huruf di Poneglyph tersebut.

Did Big Mom ever fight Gol D. Roger? - Anime Heaven

Yang menarik adalah sosok yang diketahui sangat kuat, seperti Big Mom dan bahkan Kaido, tidak memiliki kemampuan Voice of All Things. Artinya bisa jadi kemampuan Voice of All Things jauh lebih dahsyat dibandingkan Haki Penguasa, dan juga lebih “eksklusif.” Lalu, apakah memang Voice of All Things merupakan jenis Haki baru?

Dilihat dari bagaimana fungsi dari Voice of All Things – di mana penggunanya bisa mengendalikan hewan, mendengar objek, dan sebagainya – ada kemungkinan bahwa Voice of All Things merupakan gabungan dari beberapa Haki. Bisa jadi gabungan antara Haki Pengawasan dan Haki Penguasa atau Haki Senjata dan Haki Pengawasan. Hal ini memang masih belum jelas, karena Oda Sensei sendiri masih belum memberikan informasi lebih mengenai Voice of All Things.

Namun, sebagian fans sendiri meyakini bahwa Voice of All Things merupakan bagian dari Haki alias merupakan salah satu jenis Haki. Mungkin ini alasan mengapa hanya sebagian orang yang mampu memiliki kemampuan ini. Karena, seperti halnya Haki Penguasa, tidak semua orang bisa memiliki Haki tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju jika Voice of All Things adalah bagian dari Haki?