Ikaris adalah karakter Marvel yang akan melakukan debut live action-nya di film Eternals mendatang. Sejak trailer perdana mengungkap kekuatan Ikaris sebagai Eternal yang bisa terbang, sangat kuat, dan bisa mengeluarkan laser dari matanya, banyak penggemar yang melihat kemiripannya dengan karakter Superman, superhero terkuat di DC Universe. Ikaris adalah salah satu Eternal terkuat di kelompoknya. Sudah sejak lama juga penggemar menganggap Ikaris sebagai Superman versi Marvel Universe.

Kemiripan Ikaris dan Superman bahkan akan disinggung juga di film Eternals nanti. Saat Ikaris dan Sersi mendatangi Phastos, anak dari Phastos mengatakan bahwa dia pernah melihat Ikaris di televisi sambil mengenakan jubah dan menembakan laser dari matanya. Menariknya, Ikaris menegaskan bahwa dirinya tidak mengenakan jubah. Easter egg lucu tersebut membuat penggemar makin penasaran dengan Ikaris dan Superman. Jika pada dasarnya mereka berdua mempunyai kemampuan yang hampir sama, siapa yang akan menang jika mereka berdua saling bertarung?

Ikaris

Kemampuan Ikaris sudah diakui oleh para superhero lain, bahkan oleh sesamanya di Eternal. Bisa dibilang, Ikaris adalah Eternal sekaligus superhero yang bisa segalanya, dari mulai terbang, sampai menghancurkan batu besar dengan sekali pukul. Ikaris diceritakan sebagai ciptaan Celestials yang telah hidup di Bumi sejak satu juta tahun yang lalu. Dia melakukan debutnya di komik Eternals #1 karya Jack Kirby pada tahun 1976. Di komiknya, Ikaris digambarkan sebagai Eternals paling penting dan paling kuat setelah Eternal Zuras.

Kemampuan dasar Ikaris meliputi, stamina super, kekuatan super, dan daya tahan tubuh super. Selain itu, karena hidupnya yang sangat panjang, Ikaris telah melatih semua indra yang ada ditubuhnya, sampai ke tingkat di mana Ikaris dapat mengetahui kehadiran Dewa Ruang Angkasa Celestials. Sebagai ciptaan Celestials, Ikaris juga mampu memanipulasi energi kosmik untuk dia keluarkan dalam bentuk laser dari matanya dan proyektil dari tangannya. Selain bisa terbang, Ikaris juga mampu melakukan teleportasi, telekinesis, dan telepati.

Bisa dibilang Ikaris juga abadi seperti para Eternals lain. Karena jika Ikaris mati, dia akan kembali hidup dalam fisik baru di markas Eternals yang disebut The Exclusion, dengan ingatan yang sama seperti tubuh sebelumnya. Kesaktian ini diceritakan di komik Eternals Vol. 5 karya penulis Kieron Gillen dan ilustrator Esad Ribić, yang rilis perdana pada bulan Januari lalu. Bahkan sekali pun Ikaris tidak mati dalam pertarungan, dia mempunyai kemampuan regenerasi yang membuatnya bisa sembuh dengan cepat.

Superman

Tidak diragukan lagi bahwa Superman adalah superhero DC terkuat. Bukan hanya sebagai harapan umat manusia saja, Superman juga selalu jadi harapan bagi superhero lain, khususnya di antara sesama anggota Justice League. Superman melakukan debutnya pada tahun 1938 di komik Action Comics #1 karya penulis Jerry Siegel dan ilustrator Joe Shuster. Superman terkenal dengan kemampuannya yang lengkap, dari mulai terbang, kekuatan super, kecepatan super, penglihatan serta pendengaran yang sangat tajam.

Pada tahun 1980, kekuatan Superman makin bertambah sakti. Dia mampu menembakan sinar laser dari matanya, melihat tembus pandang, mengeluarkan napas pembeku, menciptakan angin topan dari mulutnya, dan yang paling penting dia sangat kebal dari serangan fisik seperti apapun. Walaupun begitu, Superman juga memiliki kelemahan yang agak sepele, dia sangat lemah terhadap batu hijau yang disebut Kryptonite.

Selain itu, Superman juga tidak bisa terlalu lama diam di suatu tempat yang tidak tersinari matahari dengan baik, karena secara tidak langsung Superman sangat bergantung pada cahaya matahari. Namun, dengan beberapa kelemahan ini, bukan berarti Superman mudah untuk dikalahkan, karena kenyataannya justru mungkin sudah ratusan supervillain yang bertekuk lutut di hadapannya.

Ikaris Versus Superman

Dari uraian sebelum sudah cukup jelas bahwa Ikaris dan Superman sangat hebat di semestanya masing-masing, Ikaris di Marvel Universe dan Superman di DC Universe. Ikaris adalah superhero yang cukup yakin dengan kemampuannya, bahkan pada beberapa titik, kekutannya membuat Ikaris cukup sombong. Di sisi lain, Superman adalah superhero yang pantang menyerah, dia tidak akan pernah berhenti menjadi harapan umat manusia dan Bumi. Sehingga jika mereka bertarung, agak sulit menentukan siapa pemenang sejatinya. Apalagi pada dasarnya mereka berdua mempunyai moral superhero yang hampir sama.

Namun, jika mereka terpaksa harus bertarung karena suatu alasan, yang jelas pertarungannya akan sangat sengit. Pertarungan kemungkin akan dimulai dengan saling melemparkan pukulan super di darat, sampai akhirnya mereka berdua saling memamerkan kecepatan dan kemampuan terbang masing-masing. Saat pertarungan pindah ke udara, medan pertempuran akan makin berbahaya, karena mereka akan saling menembakan laser yang bisa membuat area di sekitarnya porak-poranda.

Saat keduanya mulai menyadari kemampuan mereka yang sama, Superman mungkin akan mengeluarkan kemampuan yang tidak dimiliki oleh Ikaris, seperti napas pembeku atau napas angin topan untuk melemahkan Ikaris. Namun, ikaris juga tidak akan tinggal diam, karena dia bisa menembakan energi kosmik dari tangannya. Belum lagi Ikaris mempunyai kemampuan telekinesis dan telepati yang bisa mengecaukan pikiran Superman untuk beberapa saat, sampai Superman kembali sadar berkat pikirannya yang kuat.

Pertarungan akan menjadi bencana bagi Ikaris jika Superman berhasil memancingnya ke ruang angkasa, di mana cahaya matahari lebih mudah diserap olehnya. Makin besar energi matahari, maka kekuatan Superman makin tidak terbendung, sampai akhirnya Ikaris kelelahan dan mati.

Namun, pertarungan masih belum berakhir, karena Ikaris bisa hidup kembali di The Exclusion. Ikaris bisa kembali mencari Superman untuk melakukan pertarungan ulang, sampai akhirnya Ikaris mengetahui bahwa Superman mempunyai kelemahan, yaitu Kryptonite dan kekurangan energi matahari. Jika Ikaris berhasil memancing Superman ke sudut tergelap Bumi, atau mungkin di sisi gelap Bulan, mungkin Superman akan kewalahan dan tidak mustahil untuk dikalahkan. Dan jika Superman mati, dia tidak akan hidup kembali semudah Ikaris.

Walaupun begitu, masih ada puluhan atau mungkin ratusan skenario lain yang pemenangnya bisa berubah-ubah. Menurut kalian gimana, Geeks, siapa jagoan kalian? Semoga saja kita bisa melihat pertemuan mereka pada masa depan, karena siapa pun pemenangnya, kemungkinan besar pertarungan mereka berdua akan sangat epik dan spektakuler.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.