Sejak Luffy berhasil bertarung menghadapi Kaido, banyak fans yang beranggapan bahwa Luffy kini berada dalam level yang sama dengan Kaido dan juga para legendaris lainnya. Namun, benarkah demikian? Sejak chapter 1000 dari manga One Piece, ketika Luffy dan lima Worst Generation lainnya berhasil menuju atap istana, Luffy sudah berhasil memperlihatkan peningkatan kekuatan yang signifikan.

Hal ini dibuktikan dengan Luffy yang berhasil menyerang Kaido dengan teknik Red Roc miliknya. Namun, jika diperhatikan, sebenarnya selain menjadi bukti bagaimana peningkatan kekuatan dari Luffy, semua adegan pertarungan yang terjadi di atap istana tersebut pun sebenarnya memperlihatkan peningkatan daya tahan Luffy terhadap berbagai serangan Kaido yang luar biasa dahsyat.

Dalam chapter 1001, Luffy diperlihatkan hampir saja tidak bisa menghindari berbagai serangan dahsyat yang dilayangkan oleh Kaido, seperti teknik Thunder Bagua miliknya. Momen ini memperlihatkan bagaimana teknik Thunder Bagua masih menjadi teknik yang mengerikan, dan Luffy tentunya harus bisa menghindari teknik mematikan ini setelah sebelumnya dia dibuat tidak sadarkan diri akibat teknik milik Kaido tersebut.

One Piece 1012 : Mczhc0q76hjwfm - You are reading one piece chapter 1012 in english. | losproyectosdeleiva

Luffy kemudian mampu bertahan dari serangan Boro Breath Kaido, sambil menggunakan Gear Fourth. Namun, tidak lama setelahnya, Luffy harus tumbang. Hal ini kemungkinan besar karena efek dari Gear Fourth dan juga Boro Breath yang dia terima. Kemudian pada chapter 1009, Luffy mampu menahan serangan kanabo milik Kaido dengan Haki miliknya.

Tetapi, Luffy harus menderika beberapa rasa sakit akibat serangan tersebut, mirip ketika Luffy menahan Block Mochi Katakuri. Setelahnya, Luffy kembali dibuat tidak sadarkan diri akibat serangan Ragnarok milik Kaido. Serangan ini memberikan bukti bahwa Luffy masih terpengaruh oleh serangan dahsyat dari Kaido. Bahkan, di chapter 1010 pun ketika Luffy sudah melapisi dirinya dengan Haki Penguasa, Luffy tetap harus berhati-hati ketika menerima serangan Kaido.

Kemungkinan dia menerima 2 sampai 3 serangan langsung lainnya yang membuatnya kembali tidak sadarkan diri dan terjatuh dari Onigashima pada chapter 1013. Berpindah ke chapter saat ini, pada chapter 1026 kemarin, ketika Luffy berhasil membelah langit. Luffy berhasil kembali sadar setelah cukup lama tenggelam dan tidak sadarkan diri. Dia pun kemudian berhasil kembali naik ke Onigashima dan berhadapan dengan Kaido.

One Piece: Apakah Luffy Akan Selamat? | Greenscene

Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan bahwa daya tahan (endurance) yang dimiliki oleh Luffy terus meningkat seiring berjalannya pertarungan melawan Kaido. Namun, yang perlu dicatat adalah meskipun daya tahan Luffy sudah meningkat, levelnya masih belum sama dengan Kaido. Dalam artikel lain sempat juga disinggung mengenai daya tahan yang luar biasa dari Kaido, yang banyak diremehkan.

Kaido sudah banyak menerima serangan, tusukan, dan segala macam hal lainnya, namun dia masih sanggup berdiri dan masih kuat. Hal tersebut menunjukan level daya tahan Kaido yang sangat ekstrem. Luffy sendiri memang sudah mengalami kenaikan kemampuan, apalagi dalam hal daya tahannya. Namun, levelnya masih belum sama dengan kaido yang mana Luffy masih harus berhati-hati ketika menerima serangan dahsyat dari Kaido.

Luffy mungkin memang sudah mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal ofensif atau penyerangan. Buktinya dia mampu menahan serangan Kaido, yang membuat langit terbelah. Tetapi, untuk masalah daya tahan, Luffy masih belum bisa mengimbangi Kaido. Luffy perlu berhati-hati untuk bisa menang melawan Kaido. Mungkin dia bisa memanfaatkan situasi Kaido saat ini dengan terus membuatnya lemah. Apakah Luffy akan sanggup melakukannya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.