Bisa dibilang pertarungan antara Black Adam dan Superman adalah salah satu impian para penggemar DC di seluruh dunia. Perdebatan di antara penggemar seakan tidak pernah berakhir, sebagian merasa bahwa Superman akan memenangkan pertarungan tersebut, sebagian lagi merasa bahwa Black Adam mempunyai kemampuan untuk mengalahkan Man of Steel. Ada satu kisah pertarungan menarik di mana Black Adam berhasil membuat Superman tidak berkutik.

Sebagai superhero terkuat DC, bisa dibilang Superman hampir tidak terkalahkan oleh siapa pun. Namun, bukan berarti Superman tidak mempunyai kelemahan sama sekali. Dalam beberapa kasus justru kelemahannya sering dimanfaatkan oleh penjahat untuk mengalahkan Superman, atau setidaknya melemahkannya. Sementara supervillain mainstream pada umumnya menggunakan Kryptonite untuk melemahkan Superman, Black Adam justru meggunakan cara yang tidak pernah dilakukan oleh penjahat lain, yaitu dengan memanfaatkan “harga diri” Superman yang tidak pernah memukul dari belakang.

Kisah Black Adam mengekploitasi kelemahan Superman yang satu ini diceritakan di komik Action Comics #831 karya penulis Gail Simone dan ilustrator John Byrne pada tahun 2005. Di kisah “Black & Blue”, saat Black Adam sedang membawa Doctor Psycho di Kota Metropolis untuk melindunginya, Superman datang dan langsung memberikan peringatan terakhir pada Black Adam untuk menyerah. Black Adam yang menolak perintah Superman tersebut langsung melancarkan pukulan pertama pada Superman. Black Adam dan Superman kemudian saling bertarung dengan saling membalas pukulan.

Black Adam dan Superman tampaknya saling menahan kekuatannya masing-masing, mereka hanya saling memukul dan melempar. Namun semuanya berubah setelah Black Adam diganggu oleh seorang anak kecil, melakukan gerakan kecil yang membuat anak tersebut terlempar. Melihat kejadian tersebut Superman dengan sigap menolong anak kecil tersebut. Superman yang marah dan tidak lagi menahan kekuatannya akhirnya berhasil mementalkan Black Adam. Namun, saat Superman akan melancarkan pukulan mematikan, Black Adam justu memunggungi Superman dan Superman pun berhenti seketika.

Ternyata Black Adam mengetahui salah satu kelemahan Superman, yaitu Superman tidak akan memukul orang dari belakang. Kelemahan sederhana ini berhasil dieksploitasi oleh Black Adam untuk mengalahkan Superman secara moral. Walaupun pada akhirnya tidak ada pemenang fisik dari pertarung ini, tetapi cukup jelas bahwa secara batin Superman tidak bisa berkutik saat Black Adam memunggunginya. Black Adam pun kemudian pergi dengan membawa Doctor Psycho, dan Superman hanya bisa melihatnya yang terbang menjauh meninggalkan Kota Metropolis.

Saat ini di DC Universe mungkin Black Adam telah mendapatkan penebusan dosanya dengan menjadi salah satu anggota Justice League. Namun, bukan berarti karena sesama anggota Justice League, Superman dan Black Adam tidak akan pernah bertarung. Kita nantikan saja pertarungan mereka pada masa yang akan datang. Dan semoga pada akhirnya penggemar bisa mendapatkan jawaban atas apa yang selama ini mereka perdebatkan, yaitu pemenang sejati dari pertarungan epik Superman Vs. Black Adam.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.