Venom 2 atau Venom: Let There Be Carnage adalah film Marvel non-MCU yang hari ini tayang perdana di beberapa negara. Film yang disutradarai oleh Andy Serkis ini melanjutkan kisah Eddie Brock (Tom Hardy) di adegan post-credit Venom (2018), di mana dia kembali menekuni karier lamanya sebagai wartawan. Saat Eddie mencoba untuk mewawancarai seorang pembunuh berantai bernama Cletus Kasady (Woody Harrelson), sebuah kejadian membuat Cletus terinfeksi symbiote Venom dan menjadi symbiotenya sendiri yang dikenal sebagai Carnage.

Setelah pertarungan yang sangat sengit antara Venom dan Carnage di sepanjang film, akhirnya Venom keluar sebagai pemenang. Dan seperti kebanyakan film-film superhero yang memperlihatkan adegan post-credit, film Venom: Let There Be Carnage juga memiliki adegan post-credit yang sangat menarik dan mengejutkan. Hal itu karena credit scene ini bukan hanya berpengaruh pada masa depan Eddie Brock dan Venom saja, bahkan sangat berpengaruh pada masa depan Marvel secara keseluruhan, termasuk masa depan Marvel Cinematic Universe dan mungkin Sony’s Spider-Man Universe kedepannya.

Di akhir film Venom: Let There Be Carnage, Eddie dan Venom diceritakan pergi ke sebuah pulau terpencil. Di pulau itu, sahabat manusia-symbiote ini menjalani kehidupan sehari-harinya dengan cara terbaik, seperti tidak dikejar-kejar oleh polisi, kemudian ada banyak hewan kecil untuk dimakan, dan yang paling penting adalah mereka bisa berubah kapan saja karena pulau tersebut sangat sepi. Di post-credit, terlihat Eddie dan Venom sedang bersantai di tempat tidur sambil menonton televisi. Venom tiba-tiba menawarkan pengetahuan symbiote yang terbentang sepanjang “80 miliar tahun cahaya” pada Eddie.

Eddie yang tidak berpikir panjang langsung menyetujui tawaran tersebut. Saat Venom sedang menggabungkan pikiran mereka berdua, ruangan tiba-tiba bergetar dan muncul cahaya seperti portal di film Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018). Ruangan kamarnya pun berubah dari kamar usang menjadi kawar mewah. Eddie dan Venom yang sama-sama terkejut kemudian melihat berita di televisi yang sama seperti di akhir film Spider-Man: Far From Home (2019), di mana J. Jonah Jameson (J.K. Simmons) membawakan berita penting yang mengungkap Peter Parker (Tom Holland) sebagai Spider-Man.

Credit scene kemudian ditutup dengan Venom menjilati televisi yang menampilkan wajah Spider-Man tanpa topeng. Cukup jelas bahwa adegan post-credit tersebut mengonfirmasi bahwa sekarang Eddie Brock dan Venom berada di Marvel Cinematic Universe. Ada kemungkinan juga adegan post-credit ini terjadi bersamaan dengan adegan di trailer Spider-Man: No Way Home, di mana Doctor Strange menggunakan sihir terlarang dan menyebabkan Spider-Verse pecah.

Jika benar begitu, maka ada kemungkinan Venom akan mejadi anggota Sinister Six terakhir di Spider-Man: No Way Home mendatang, setelah Doctor Octopus (Alfred Molina), Electro (Jamie Foxx), Goblin, Lizard, dan Sandman. Mengingat Eddie dan Venom bukan karakter jahat, mungkin awalnya Venom yang kebingungan terpaksa bergabung dengan Sinister Six, sebelum akhirnya Venom sadar dan berbalik membantu Spider-Man agar dia bisa mendapatkan jawaban mengapa dia di MCU. Apakah benar akan seperti itu? Kita lihat saja nanti saat Spider-Man: No Way Home dirilis pada tanggal 25 Desember 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.