The Watcher adalah salah satu entitas kosmik di Marvel Universe yang terkenal sering mengawasi alam semesta untuk alasan yang misterius. Dalam pengawasannya, the Watcher telah bersumpah untuk tidak berinteraksi dengan karakter mana pun, apalagi membantunya. Walaupun untuk beberapa kesempatan mereka pernah melanggar sumpah tersebut, dan justru membantu orang-orang yang diawasinya. Sebagai salah satu the Watcher yang paling aktif di Marvel Universe, Uatu muncul di film Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017) dan yang terbaru muncul di setiap episode serial animasi What If…?.

Uatu the Watcher melakukan debutnya di komik Fantastic Four #13 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1963. Kehidupan awalnya dimulai sekitar miliaran tahun lalu, di mana ras alien Watcher yang sangat maju mempunyai tujuan baru yaitu untuk membantu peradabaan yang tertinggal di alam semesta. Ketika para Watcher mulai menyebar ke semua penjuru alam semesta dan menetap di bulan masing-masing planet, Uatu menetap di bulan planet Bumi. Sementara Uatu terus mengawasi sejarah Bumi dari miliaran tahun lalu, dia juga sesekali mengawasi alam semesta lain yang membuatnya tertarik.

Sementara semua Watcher telah bersumpah untuk tidak mencampuri urusan makhluk dan planet yang sedang mereka awasi, Uatu adalah Watcher yang cukup sering melanggar sumpahnya. Salah satu kisah pelanggaran sumpahnya yang paling terkenal adalah ketika Fantastic Four bertarung melawan Red Ghost di bulan. Merasa terganggu dengan pertarungan tersebut, Uatu menampakan diri kepada Thing dan Red Ghost serta mengungkapkan tentang tujuan hidupnya. Pada kesempatan berikutnya, Uatu kembali mencampuri urusan Fantastic Four dengan memberitahu ancaman yang akan dibawa oleh Molecule Man. Saat Fantastic Four menang melawan Molecule Man, bahkan Uatu menangkap Molecule Man dan mengatakan bahwa dia tidak akan mengganggu lagi.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sebagai makhluk kosmik, Uatu mempunyai kekuatan yang luar biasa. Sementara dia tidak melakukan pertarungan fisik secara langsung, Uatu terkenal dengan kemampuannya yang meliputi telepati, ilusi, teleportasi, dan time travel. Dengan fisiologi kepala yang lebih besar, Uatu juga bisa terbang dan mengubah ukuran fisiknya dengan mudah. Sedangkan untuk menyerang, dia menggunakan kemampuan ofensifnya seperti memanipulasi energi kosmik dan medan gaya. Dia mempunyai Cosmic-sense untuk merasakan bahasa dengan jangkauan seluas alam semesta. Dan yang terhebat, Uatu adalah makhluk abadi, konon dia hanya bisa mati jika dia sendiri yang menginginkannya.

Dengan sejarahnya yang sangat panjang di Marvel Universe, bisa dibilang Uatu the Watcher adalah makhluk yang mengetahui hampir semua sejarah di alam semesta. khususnya Bumi. Bahkan di serial animasi What If…? yang sedang tayang di Disney+, Uatu (disuarakan Jeffrey Wright) mengetahui semua hal tentang multiverse. Apakah dia versi What If-nya Uatu juga akan melanggar sumpahnya untuk tidak pernah ikut campur? Sejauh ini dia bertahan sampai empat episode, tetapi apakah dia akan bertahan sampai akhir? Kita nantikan saja tindakan the Watcher selanjutnya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.