House of Harkonnen adalah salah satu klan di alam semesta Dune yang akan memainkan peran penting di film Dune karya Denis Villeneuve mendatang. Seperti yang terlihat berbagai promosi filmnya, House of Harkonnen dan orang-orangnya tampak lebih sangar dibanding keluarga Paul Atreides dan House of Atreides, mengindikasikan bahwa mereka merupakan kebalikan dari segala sesuatu yang ada di House of Atreides. Mereka adalah simbol penjajah kejam yang sebenarnya, yang menguras Spice Melange di planet Arrakis alias Dune.

Di filmnya, House of Harkonnen adalah klan dari karakter Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgård) dan Glossu ‘Beast’ Rabban (Dave Bautista). Kemungkinan besar mereka akan menjadi antagonis di filmnya nanti. Menjelang perilisan filmnya, banyak yang bertanya-tanya, mengapa House of Harkonnen menjadi antagonis di film Dune? Seperti apa sejarahnya? Mereka bukan hanya sekadar antagonis biasa, mereka adalah salah satu klan besar yang menaruh dengki dan mempunyai sejarah persaingan yang panjang dengan House of Atreides.

Di novelnya, sama seperti House of Atreides, House of Harkonnen adalah salah satu Houses Major (klan utama dan besar) di Galactic Padishah Empire. Pusat pemerintahan mereka berada di planet Giedi Prime, sebuah planet industri dengan tingkat polusi yang sangat tinggi, yang membuat cahaya matahari sangat sulit mencapai datarannya. House of Harkonnen diperintah oleh seorang Baron yang terkenal ambisius dan brutal. House of Harkonnen terkenal dengan taktik politiknya yang licik dan jahat, dan juga perseteruannya dengan House of Atreides. 

Asal usul nama Harkonnen diyakini berasal dari Eropa utara, tepatnya dari Finlandia zaman dahulu, karena Harkonnen adalah nama yang umum di Finlandia pada abad ke-20. Selain itu, nama keluarga Härkönen juga berasal dari kata Finlandia härk yang berarti lembu. House of Harkonnen mempunyai lambang griffin dan kepala domba. Warna seragam khasnya di novelnya adalah biru dan oren. Selain Geidi Prime, House of Harkonnen juga menguasai planet Arrakis dan menambang Spice Melange di sana, sebelum Duke Leto Atreides dan House of Atreides-nya datang.

Di Arrakis, House of Harkonnen bertanggung jawab untuk menambang Spice Melange dan mendistribusikannya ke seluruh galaksi. Mengigat Spice Melange yang langka dan sangat berharga, House of Harkonnen yang berambisi untuk menguasai Arrakis. Mereka sering menindas suku lokal di Arrakis yaitu Fremen, dan melakukan kerja paksa terhadap orang-orangnya. Dengan kerja paksa tersebut, House of Harkonnen bisa membayar upah lebih murah dibanding yang sudah mereka terima dari Padishah Empire. Di tambah lagi, mereka menyimpan sebagian besar Spice Melange untuk keuntungan mereka sendiri.

Dengan semua yang mereka lakukan, tidak diragukan lagi bahwa mereka adalah simbol kejahatan, penindasan, dan korupsi di alam semesta Dune. Hal itu membuatnya secara otomatis menjadi antagonis di semua cerita Dune, termasuk di filmnya nanti. Kita lihat saja nanti, bagaimana Paul dan House of Atreides menghadapi kejahatan House of Harkonnen di filmnya. Apakah mereka pada akhirnya akan bisa dikalahkan atau justru malah memperburuk keadaan? Semuanya hanya akan terjawab saat filmnya rilis pada tanggal 3 September 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.