Marco The Phoenix merupakan salah satu karakter yang dianggap bisa hidup abadi. Semua itu berkat kemampuan buah iblis Mythical Zoan miliknya yaitu Tori Tori no Mi, Model: Phoenix. Buah iblis tersebut memberikan Marco kemampuan untuk bisa melakukan regenerasi dari berbagai macam luka yang ada. Yang mana artinya Marco sulit untuk dibunuh.

Salah satu kemampuan unik milik Marco ini adalah selain bisa membuat Marco menjadi sulit untuk dilukai atau bahkan terbunuh, Marco juga bisa menyembuhkan berbagai luka orang lain. Inilah alasan mengapa kemudian Marco menjadi dokter di kapal Whitebeard dan juga di pulau Sphinx. Namun, berbicara mengenai buah iblis Marco ini, benarkah buah iblis tersebut bisa membuat Marco abadi? Ada beberapa hal yang harus Geeks pahami. Apa saja?

Pertama, meski pun Marco memiliki kemampuan untuk menyembuhkan, namun kemampuan tersebut ternyata memiliki batasan. Hal ini disampaikan langsung oleh Oda Sensei dalam sebuah kolom SBS. Menurut Oda, ada batasan dalam kemampuan regenerasi Marco. Namun, masih belum diketahui sampai sejauh mana batasan regenerasi yang dimaksud oleh Oda.

Sedari Awal, Marco Berniat Bantu Luffy di Wano? | GreensceneKedua, Marco bisa selamat dari luka parah (mortal wound). Kemampuan regenerasinya mampu mengobati luka yang bahkan parah sekali pun. Contohnya adalah ketika di Marineford, Kizaru sempat menembakan cahaya ke arah Marco. Orang biasa pasti sudah tewas terkena serangan tersebut, tetapi tidak dengan Marco. Meski pun serangannya mengenai kepala, dia masih bisa selamat.

Kemudian saat penyerangan ke Onigashima, anak buah Kaido menyerang Marco dalam jumlah banyak. Salah satu pedang bahkan menembus kepala Marco. Namun, Marco memperlihatkan bahwa hal tersebut seolah-olah tidak berpengaruh sama sekali terhadap dirinya. Bahkan, Queen hampir saja membuat lehernya putus. Tetapi semua serangannya tidak berpengaruh terhadap Marco.

Berdasarkan hal tersebut rasanya wajar jika Marco mampu bertarung melawan admiral atau Yonko sekali pun. Jika serangan biasa atau serangan yang mematikan sekali pun tidak berpengaruh terhadap Marco, maka tentu tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk menyerangnya. Namun, ada cara untuk bisa menghadapi Marco dan kekuatan regenerasinya.

Powers & Abilities - Marco is like (a time-limited) Majin Bu | Worstgen

  • Membuat Marco tidak bisa mengakses kekuatan regenerasinya. Bagaimana caranya? Dengan memasangkan batu laut (kairoseki) seperti yang dilakukan angkatan laut di Marineford. Atau mungkin dengan kekuatan sihir seperti kemampuan Sugar, di mana Marco dirubah menjadi boneka.
  • Terus membuat Marco terluka sehingga dia terus menggunakan kemampuan regenerasinya. Dengan terus melukainya, mungkin pada akhirnya Marco akan mencapai batasnya. Dan ketika Marco sudah mencapai batas kemampuan regenerasinya, dia tidak lebih dari manusia pada umumnya.

Pertanyaan lainnya adalah apakah mungkin untuk bisa membunuh Marco disaat dia masih memiliki kemampuan regenerasinya? Jika melihat dari apa yang dihadirkan di ceritanya, maka jawaban dari pertanyaanya adalah mungkin saja. Seperti disebutkan poin di atas, Oda sempat menyatakan bahwa kemampuan regenerasi Marco memiliki batasan. Artinya tidak mustahil untuk menghabisi Marco.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.