Akhirnya Sony dan Marvel Studios merilis trailer Spider-Man: No Way Home yang telah lama dinanti. Di trailer tersebut terlihat bahwa Peter harus menghadapi masalah besar yang ditinggalkan oleh Mysterio, yaitu terungkapnya identitas asli Spider-Man dan tuduhan atas kematian Mysterio. Spider-Man yang kebingungan kemudian mendatangi Sanctum Sanctorum untuk meminta bantuan pada Doctor Strange agar masalahnya bisa selesai.

Alasan Peter meminta bantuan Strange karena Strange adalah teman kerja sekaligus orang sakti yang bisa menolongnya. Saat Peter dan Strange sedang mengobrol mengenai masalah dan solusi terhadap masalahnya, Wong yang akan pergi entah ke mana mengingatkan Strange untuk tidak pernah menggunakan ‘sihir terlarang’. Hal itu diiyakan oleh Strange dengan kedipan licik kepada Peter, mengindikasikan bahwa Strange akan menggunakan sihir terlarang tersebut untuk menyelesaikan masalah Peter. Saat adegan berpindah pada Strange dan Peter yang berada di sebuah ruangan sihir, Strange mengatakan bahwa dia akan membuat semua orang lupa akan identitas rahasia Spider-Man.

Peter yang mengingat MJ dan Ned mencoba bernegosiasi dengan Strange agar orang-orang tertentu dibiarkan ingat, tetapi Strange mengatakan bahwa cara kerja sihir terlarang tersebut bukan seperti itu. Dan boom! sihir Strange tampaknya telah menyebabkan masalah yang besar, dan Strange sendiri terlihat kaget. Apa tujuan Strange yang sebenenarnya sampai berani melakukan sihir yang sangat beresiko dan terlarang?

Jika melihat reaksi Strange, kemungkinan dia tidak menduga efek sihir terlarang tersebut, karena sejak awal dia setuju membantu Peter karena penasaran saja dengan sihir terlarang. Dengan datangnya Peter yang membawa masalah, Strange sangat tertarik karena bisa mencoba sihir yang mungkin selama ini tidak bisa dia coba langsung. Ditambah lagi mungkin Strange memang merasa dekat dengan Peter. Tetapi takdir berkata lain, Strange ternyata tidak bisa mengontrol sihirnya dan membuka Spider-Verse (kemungkinan kejadiannya bersamaan dengan pecahnya multiverse di ending serial Loki).

Kemungkinan besar memang masalah multiverse di No Way Home tidak diduga sebelumnya oleh Doctor Strange, sehingga dia pun merasa bertanggung jawab dan membantu Peter Parker alias Spider-Man sampai Spider-Verse tertutup, atau setidaknya sampai Strange menemukan jawaban atas kejadian tersebut. Karena tampaknya Spider-Verse di No Way Home adalah pengenalan awal multiverse yang akan dihadapi Strange di Doctor Strange and the Multiverse of Madness mendatang. Semuanya masih sebatas teori ya Geeks, dan semua yang disebutkan bisa benar-benar terjadi atau tidak. Untuk mengetahui jawaban pastinya, kalian tentu harus menonton filmnya yang akan rilis tanggal 17 Desember mendatang. So jangan sampai ketinggal ya Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.