Bruce Wayne alias Batman adalah karakter DC Universe yang tidak diragukan lagi kehebatannya. Sebagai seorang manusia biasa, Bruce tidak memiliki kekuatan super seperti temen-temannya di Justice League, dia hanya mengandalkan kekuatan mentahnya dan beberapa skill yang dia pelajari sebagai pembunuh saat berada di League of Assassins yang dipimpin oleh Ra’s Al Ghul. Skill yang dia pelajari bukan sembarangan, dia mengusai berbagai seni bela diri dan berbagai senjata mematikan, dari mulai senjata jarak dekat sampai jarak jauh.

Sejak dia menjadi Batman, Bruce terus melatih fisiknya dan mempelajari berbagai senjata yang dia ciptakan. Sebagai seorang hartawan, dia memakai kekayaannya untuk membela kebenaran di Gotham, dia menciptakan teknologi untuk mendukungnya saat mengalahkan penjahat, dari mulai batarang listrik sampai Batplane yang membantunya terbang dan berpindah-pindah ke berbagai lokasi. Namun, dengan semua keuntungan tersebut, ternyata ada beberapa penjahat yang hampir membuat Batman kalah. Berikut 5 penjahat yang hampir membunuh Batman!

Bane

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Batman pernah hampir mati saat berhadapan dengan Bane, baik di DC Comics maupun di film The Dark Knight Rises karya Christoper Nolan pada tahun 2012. Di komik Batman #497 karya Doug Moench yang rilis pada tahun 1993, Batman merasakan kekalahan yang memalukan. Di awal pertarungan, kemampuan Batman memang sempat mengungguli Bane, tetapi saat Bane berubah membesar dia cukup kewalahan dan kelelahan. Pada saat itu Bane langsung mengangkat Batman, memukulkan Batman pada lututnya dan seketika tulang punggung Batman pun patah.

Darkseid

Hampir semua orang mengakui bahwa Darkseid adalah ancaman yang luar biasa bagi Justice League. Di kisah Final Crisis#6, Batman memutuskan untuk melanggar sumpahnya untuk tidak pernah menggunakan senjata demi menghentikan Darkseid. Saat Darkseid dan Batman berhadapan dan menembakkan serangan mereka, Batman berhasil mengenai Darkseid dan membuatnya terluka cukup parah, tetapi Darkseid juga berhasil mengenai Batman dan membuatnya menjadi tulang belulang. Namun, ternyata Batman tidak benar-benar mati, omega beam Darkseid secara tidak sengaja malah mengirim Batman yang amnesia kembali ke zaman pra-sejarah.

Hugo Strange

Di antara semua musuh Batman, Hugo Strange adalah musuh yang kecerdasannya hampir menyamai Bruce Wayne. Profesor Hugo Strange pertama kali muncul di komik Detective Comics #36 pada tahun 1940, sebagai ilmuwan dan dalang kriminal yang menggunakan mesin untuk menghasilkan kabut tebal setiap malam sehingga gengnya dapat merampok bank tanpa terlihat. Strange yang menganggap Batman sebagai ancaman menjebaknya dan menyuruh para anak buahnya untuk menyergap Batman. Salah satu dari anak buahnya berhasil memukul Batman dan menjatuhkannya. Batman terbangun di sarang Strange dalam keadaan terikat, sebelum akhirnya memutus tali tersebut dan berhasil mengalahkan Strange.

Joker

Joker adalah musuh abadi bagi Batman, dia sudah sangat sering membuat Batman kewalahan bahkan sampai mengalahkannya. Namun, ada kisah yang menarik di film kartun The Dark Knight, di mana Batman mendapatkan kekalahannya walaupun berhasil membunuh Joker. Karena sejak awal Joker tahu bahwa Batman tidak akan membunuh musuhnya, hal itu dimanfaatkan Joker untuk mencapai kemenangannya dengan membuat Batman terpaksa membunuhnya saat mengancam akan menembak seorang warga sipil. Dan sejak saat itu Batman merasa bahwa dirinya telah kalah telak.

The Batman Who Laughs

Banyak penggemar yang setuju bahwa Batman Who Laughs adalah Batman paling kuat sekaligus mengerikan. Muncul pertama kali di komik The Casting #1, Batman Who Laughs adalah musuh baru Batman dan Justice League yang berhasil membuat seluruh tim kewalahan. Batman Who Laughs terbukti mengancam secara fisik dan mental, bahkan Joker harus turun tangan untuk membantu Batman dalam upayanya untuk mengalahkan Batman Who Laughs.