Sebagai alam semesta yang terbentang dari dasar lautan sampai ujung luar angkasa, Marvel Universe sering menampilkan tempat-tempat ikonik yang menjadi bagian dari ceritanya, tanpa terkecuali negara-negara dan kota-kota yang ada di Bumi. Indonesia sebagai salah satu negara yang berada Asia Tenggara, sering menjadi bagian dalam cerita Marvel Universe, dari mulai lokasi yang hanya sekilas disinggung dalam pembicaraan sampai lokasi penting seperti Madripoor.

Dibandingkan dengan DC, Marvel lebih sering memasukan Indonesia ke dalam ceritanya walaupun terkadang penggambarannya terlalu mendetail dan nyata. Namun, banyak juga aspek Indonesia yang langsung terasa bahwa yang dibahas di ceritanya adalah benar-benar Indonesia, misalnya bangunan yang mirip candi prambanan, permukiman kumuh dipinggiran kota besar, dan masih banyak lagi hal yang memang hanya ada di Indonesia. Berikut 7 lokasi penting Marvel Universe yang ada di Negara Indonesia!

Jakarta

Sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta bukan hanya tempat di mana Presiden Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan, tetapi Jakarta juga merupakan kota yang sering muncul di Marvel Comics. Di Marvel Comics, Jakarta yang mempunyai nama alias Batavia ini digambarkan sebagai kota dengan populasi penduduk sebanyak 9,580,000 jiwa. Salah satu kisah menarik Jakarta adalah ketika Terrigen Bomb milik Inhuman meledak dan mengeluarkan Terrigen Cloud. Terrigen Cloud merupakan kepulan asap yang bisa mengubah manusia menjadi Inhuman. Sebagai salah satu kota yang terdampak Terrigen Cload, banyak warga Jakarta yang berubah menjadi Inhuman, salah satunya adalah karakter Nightfall.

Madripoor

Sementara tidak disebutkan spesifik sebagai bagian dari Indonesia, Madripoor adalah negara yang awalnya didirikan oleh bajak laut berabad-abad yang lalu, sehingga sekarang pemerintah di sana sangat toleran terhadap kejahatan dan korupsi. Madripoor adalah tempat di mana hampir semua kejahatan dapat dimaafkan. Di serial The Falcon and the Winter Soldier MCU, Bucky Barnes menjelaskan kepada Sam Wilson bahwa Madripoor terletak di antara gugusan kepulauan Indonesia. Lebih dekat lagi, Madripoor versi Marvel Comics terletak di selatan Singapura, yang kenyataannya adalah Kota Batam. Sementara banyak mutan yang tinggal di Madripoor, salah satu yang paling terkenal adalah Wolverine.

Nemesis

Nemesis adalah salah satu galangan kapal milik Hydra yang berada di Sumatra Selatan. Muncul pertama kali di komik Secret Warriors #1 pada tahun 2009, Nemesis adalah salah satu tempat terpenting Hydra dalam melakukan semua tujuan propagandanya. Di tempat ini Hydra menciptakan dan mengembangkan teknologi kapal terbaik yang akan digunakan oleh para anggotanya.

Palu

Kota yang sempat dipimpin oleh Pasha Ungu sebagai wakil wali kota ini, ternyata pernah muncul juga di Marvel Comics. Di ibu kota Sulawesi Tengah ini, dua orang pahlawan super pernah saling bertarung, mereka adalah Punisher dan Thor. Uniknya, selain kota Palu berasal dari kata Topalu’e, yang berarti ‘tanah yang muncul dari laut’, kota Palu menjadi destinasi Thor karena nama kotanya yang mirip seperti senjata andalannya yaitu Palu Mjolnir. Di Palu, Thor mencari Punisher untuk mengalahkannya, dan pada akhirnya Punisher yang seroang manusia biasa harus menerima kekalahan sang Dewa Petir.

Pantai Chaparanga

Sebagai lokasi fiktif di Indonesia, pantai Chaparanga adalah kuburan pesawat ruang angkasa di Marvel Comics. Tempat ini sangat erat denga para mutan, muncul pertama kali di komik Astonishing X-Men (Vol. 3) #26 pada tahun 2008, semua pemerintahan di dunia sepakat bahwa setiap pesawat ruang angkasa yang jatuh ke Bumi akan dibuang ke Chaparanga. Dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, warga Chaparanga memungut sisa-sisa pesawat ruang angkasa untuk bertahan hidup. Namun, terlepas dari kemiskinannya, Charapanga adalah tempat yang cukup ramai, penduduknya terdiri dari campuran mutan, manusia, dan alien.

Pulau Telambang

Muncul pertama kali di komik Wolverine (Vol. 2) #1 pada tahun 1988, Pulau Telambang adalah pulau kecil yang terletak di tengak gugusan pulau-pulau Indonesia. Selain di komik Wolverine, pulau ini juga pernah muncul di komik Sword Quest, salah satu komik persembahan Stan Lee. Tidak banyak yang bisa diketahui dari pulau Telambang, yang jelas Marvel Comics menceritakan pulau ini sebagai tempat yang pernah dijajah oleh Belanda sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Temple of the Three

Temple of the Three adalah salah satu tempat sakral di Marvel Comics. Tempat ini merupakan tempat berkumpulnya para penyihir yang terletak di hutan hujan Jawa Barat. Muncul pertama kali di komik Doctor Strange and Doctor Doom: Triumph and Torment #1 pada tahun 1989, tempat ini merupakan tempat di mana Doctor Strange menghadapi ujian terberatnya, dia datang memenuhi undangan Aged Genghis dan melakukan ujian Vishanti. Pada masa pelatihannya, Ancient One bahkan melarang Strange untuk mendatangi Temple of Three karena terlalu berbahaya untuknya.