Luffy memang menjadi sosok yang paling cepat berkembang. Wajar karena pada dasarnya Luffy adalah protagonis utama dalam seri One Piece, dan dia akan menjadi raja bajak laut suatu saat nanti. Untuk menjadi raja bajak laut, Luffy harus memiliki kekuatan besar untuk meraih atau mempertahankan gelar tersebut. Salah satu cara untuk menjadi sangat kuat adalah dengan membangkitkan kekuatan buah iblis Gomu Gomu milik Luffy.

Beberapa waktu lalu, kita sudah diperlihatkan sejarah singkat Gomu Gomu, di mana buah iblis tersebut pernah dijaga ketat oleh Pemerintah Dunia. Itu berarti Gomu Gomu bukan sembarang buah iblis. Eiichiro Oda selaku kreator One Piece, sudah memberikan beberapa petunjuk tentang kebangkitan Gomu Gomu. Kita tahu bahwa Luffy dan Blackbeard adalah dua karakter yang saling bertolak belakang atau berbeda di One Piece. Tapi dibalik perbedaan tersebut, keduanya merupakan bagian klan D dan memiliki beberapa persamaan.

Blackbeard memiliki kemampuan buah iblis Yami Yami yang bisa menetralkan kemampuan buah iblis. Sedangkan Luffy memiliki kemampuan buah iblis yang berkebalikan dengan Blackbeard, yang mana artinya Luffy memiliki kesempatan untuk bisa menandingi buah iblis lain, termasuk Yami Yami. Kedua, seperti yang sudah diperlihatkan, pengguna buah iblis Paramecia yang sudah dibangkitkan mampu memengaruhi keadaan di sekitarnya. Hal tersebut bisa dilihat dari yang pernah dilakukan Doflamingo terhadap Dressrosa, serta Katakuri yang juga mampu memengaruhi sekitarnya dengan buah iblis Mochi Mochi.

Sebagai pengguna Paramecia, Luffy juga bisa melakukannya. Hanya saja ada keyakinan bahwa awakening Luffy berbeda dari Doflamingo dan Katakuri. Awakening atau kebangkitan Gomu Gomu mungkin akan menyerap serangan yang diarahkan kepadanya. Hal tersebut bisa mencegah kehancuran dan munculnya korban jiwa. Ketiga, kita tahu bahwa Kaido berencana menjatuhkan Onigashima yang berarti akan banyak korban jiwa yang berjatuhan. Jika Luffy mampu membangkitkan kemampuan Gomu Gomu seperti yang disebutkan di atas, Luffy mungkin akan bisa menyerap kejutan atau kerusakan yang muncul dari jatuhnya Onigashima.

Karena kekuatan itulah yang membuat Pemerintah Dunia menginginkan Gomu Gomu, sehingga buah iblis tersebut dijaga ketat. Pemerintah Dunia sadar bahwa ancaman besar bajak laut dan pihak lainnya bisa muncul kapan saja, dan salah satu cara untuk mencegah kerusakan yang terjadi adalah dengan meredamnya. Gomu Gomu adalah solusi semuanya.

Gomu Gomu saat ini masih berada di tangan Luffy. Yang menjadi pertanyaan terbesar adalah kapan Luffy akan mampu membangkitkan buah iblis tersebut. Masih harus kita tunggu, namun dengan berbagai petunjuk yang ada, mungkin saja awakening akan terjadi sebelum arc Wano selesai. Seperti halnya Haki Penguasa, Luffy mungkin pada awalnya tidak akan sadar bahwa dia memiliki kemampuan tersebut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/