Kebanyakan cerita yang muncul di Marvel Universe berfokus pada upaya dari seseorang atau kelompok. Meskipun cerita tersebut memang bisa menjadi sangat luar biasa, namun bila dibandingkan dengan berbagai kejadian yang ada di luar angkasa, ada banyak hal yang jauh lebih besar terjadi. Dan perlu diketahui, bahwa di dunia kosmik Marvel ada banyak sekali sosok yang memiliki ukuran masif.

Multiverse Marvel sangatlah luas dan besar, dan beberapa makhluk kosmik yang ada di multiverse Marvel memiliki ukuran yang sangat kolosal. Beberapa diantara mereka bahkan ada yang tidak mampu atau tidak muat untuk bisa berada di universe Marvel. Lalu, siapa saja makhluk di luar angkasa Marvel Universe yang memiliki ukuran sangat besar?

Ego The Living Planet

Rasanya dari namanya sendiri Ego the Living Planet sudah bisa diperkirakan menjadi salah satu makhluk kosmik terbesar di Marvel Universe. Karakternya sendiri sempat muncul di film Guardians of the Galaxy 2, yang diperankan oleh Kurt Russel. Namun, secara sifat, apa yang ditampilkan di filmnya sangat berbanding terbalik dengan karakternya di komik.

Ego sendiri pertama kali muncul dalam komik Thor #132 pada 1966 yang ditulis oleh Jack Kirby dan Stan Lee. Sebagai sebuah planet yang hidup, Ego bisa melayang di angkasa, menyerap sinar bintang atau seluruh planetnya untuk “makanannya”. Dia juga bisa menggerakan setiap bagian dari permukaan planet secara terpisah, dan tidak jarang juga Ego menjadi villain bagi para pahlawan Marvel.

Galactus

Sebelum Bing Bang terjadi di Marvel Universe, sudah ada universe lainnya yang muncul. Dan Galactus adalah satu-satunya yang selamat dari universe tersebut, sebelum universe yang baru muncul. Galactus memiliki ukuran yang sangat besar, berbentuk humanoid yang diselimuti oleh kekuatan yang dikenal sebagai Power Cosmic, yang menjadi sumber kekuatannya.

Galactus memiliki berbagai macam kemampuan, mulai dari kepekaan kosmik (cosmic awareness), telepati, transmutasi benda, dan kemampuan untuk menciptakan atau memanipulasi jiwa. Demi bisa bertahan hidup, Galactus harus menyerap energi kehidupan dari sebuah planet. Galactus sendiri pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four #48 karya Stan Lee dan Jack Kirby.

Celestials

Diciptakan oleh Jack Kirby pada komik Eternals #1 yang terbit pada 1976, Celestials adalah makhluk yang mirip seperti dewa dari masa lalu yang pernah mengunjungi bumi jutaan tahun yang lalu. Mereka berkontribusi dalam penciptaan manusia pertama dan membantu perkembangan manusia. Asal-usul dari para Celestials sendiri tidak diketahui, karena komiknya sendiri memiliki berbagai cerita tentang Celestials.

Satu hal yang pasti, mereka adalah pelayan dari makhluk paling kuat dan berkuasa di alam raya Marvel, One-Above-All. Tujuan dari Celestials adalah membentuk dan menciptakan kehidupan, termasuk menciptakan para monster untuk menghadirkan kematian, karena kematian juga adalah aspek kehidupan. Eksperimen mereka terhadap manusia bumi prasejarah menghasilkan ras yang sekarang kita kenal sebagai Deviants, Mutants, Eternals, dan Inhumans.

Black Winter

Galactus mungkin bisa menyerap dan menghancurkan planet, namun Black Winter mampu mengonsumsi seluruh alam raya. Bahkan, dialah yang menghancurkan universe sebelum ini, dan mengampuni Galactus, sebelum kemudian dia mengubah Galactus menjadi pelayannya. Black Winter adalah karakter baru yang diperkenalkan di komik Thor #4 yang dirilis pada 2019 karya Donny Cates dan Nic Klein.

Tidak banyak yang diketahui tentang Black Winter. Masih belum diketahui bagaimana kemampuan penuh dari kekuatan serta ukuran penuh dari Black Winter. Namun, Black winter sendiri mampu membaca pikiran dan membangun kegelapan dalam diri seseorang.

Cancerverse

Cancerverse adalah sebuah realita alternatif di mana kehidupan mampu mengalahkan kematian, menjadi sebuah universe yang mampu terus berkembang dan dikuasai oleh seseorang bernama the Great Old Ones. Semua makhluk yang ada di dalamnya, bertugas untuk menjadi pelayan bagi sang penguasa. Mereka harus mempersembahkan energi kehidupan.

Sejak debutnya pada komik Realm of Kings #1 yang dirilis pada 2009, siapa pun yang berasal dari realita lainnya yang masuk ke realita Cancerverse ini akan terjebak untuk selamanya. Cancerverse semakin menjadi kuat setelah bergabung dengan Xandarian Worldmind.

Living Tribunal

Living Tribunal pertamak kali diperkenalkan dalam komik Strange Tales #157 pada 1967 yang ditulis oleh Stan Lee dan Marie Severin. Living Tribunal adalah salah satu makhluk paling kuat di multiverse Marvel. Bahkan, Living Tribunal memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan kosmik yang ada di multiverse Marvel. Living Tribunal memiliki tiga kepala yang masing-masing kepalanya memiliki tugas untuk mengawasi tiga nilai penting.

Pertama adalah balas dendam, kedua adalah kebutuhan, dan ketiga kesamaan/keadilan. Ketiga wajah atau kepala ini harus saling sepakat sebelum tindakan dilakukan. Sebenarnya Living Tribunal memiliki wajah keempat yang disembunyikan dan tugasnya sendiri dirahasiakan. Makhluk kosmik seperti Eternity bahkan mengakui kekuatan dari Living Tribunal.

Siapa Yang Paling Besar?

Jika berbicara mengenai kekuatan, maka Living Tribunal adalah jawaranya. Dia memiliki kekuatan yang hampir tidak terbatas. Living Tribunal bisa dibilang hanya satu peringkat di bawah One-Above-All. Namun, jika memang berbicara mengenai ukuran fisik, maka Cancerverse yang menjadi juaranya. Cancerverse merupakan karakter yang memiliki ukuran paling besar di sepanjang sejarah Marvel.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.