Pertempuran besar di Marineford yang melibatkan kelompok bajak laut Whitebeard dan pihak angkatan laut, menjadi salah satu pertempuran paling epik di seri One Piece saat ini. Kita melihat bagaimana masifnya pertempuran tersebut dengan melibatkan ribuan karakter yang muncul. Semuanya dilakukan demi membebaskan sosok Ace, yang hendak dieksekusi pada saat itu.

Dalam pertempuran tersebut ada beberapa momen menarik, salah satunya adalah kemunculan Shanks dan kelompok bajak lautnya. Kemunculan Shanks memberikan dampak besar bagi masa depan di cerita One Piece. Pertama, dia berhasil menyelamatkan nyawa Koby. Koby mempertaruhkan nyawanya untuk menghentikan serangan Sakazuki dan juga dia mencoba menghentikan peperangan tersebut.

Sayangnya, Sakazuki tidak peduli dengan hal itu dan memutuskan untuk menghancurkan Koby. Beruntung, Shanks muncul tepat waktu dan menahan serangan Sakazuki. Kedua, dia berhasil membuat Luffy dibawa pergi oleh kelompok bajak laut Hati. Yang membuat banyak orang tercengang adalah bagaimana beberapa hari sebelumnya, dia bertarung melawan Kaido.

Shanks datang ke Marineford tanpa mengalami bekas luka apa pun. Hal ini kemudian memunculkan banyak teori di kalangan para fans. Bagaimana jika Shanks memang sengaja bertarung melawan Kaido, demi mencegah Kaido datang ke Marineford untuk membunuh Whitebeard? Yang juga menarik adalah munculnya spekulasi bahwa Shanks sudah gagal mencegah kemunculan Blackbeard di Marineford.

Sepeti yang Geeks ketahui, Shanks dan Blackbeard memiliki koneksi yang unik. Shanks selalu berpikir bahwa Blackbeard adalah sosok yang berbahaya, dan juga misterius. Itulah alasan mengapa Shanks sangat penasaran terhadapnya. Inilah yang kemudian membuat Shanks datang langsung untuk menemui Whitebeard, demi menghentikan Ace untuk mengejar Blackbeard.

Shanks tentunya sudah berpikir atau memiliki skenario terburuk jika kemudian Ace terus mengejar atau berusaha membalas dendam kematian Thatch kepada Blackbeard. Dan inilah mungkin alasan mengapa dia kemudian berusaha untuk menghentikannya – dengan mendatangi Whitebeard. Bagaimana kemudian jika Shanks sudah memprediksi atau sudah mengetahui bahwa Blackbeard akan muncul di Marineford? Namun, pertarungannya melawan Kaido justru membuatnya terlambat.

Blackbeard kemudian membuat kekacauan besar di Impel Down, demi mendapatkan kru “terbaik” yang bisa dia dapatkan untuk diajak berpetualang bersamanya. Dan ketika dia muncul di Marineford, dia sudah menjadi kekuatan dahsyat yang sulit untuk ditaklukan. Mengalahkan Blackbeard saat ini adalah menjadi misi yang sulit.  Apalagi, dia memiliki hampir semua yang dia inginkan.

Blackbeard memiliki kekuatan. Dia memiliki dua kekuatan dahsyat dalam seri One Piece, yaitu Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi. Kemudian, dia juga memiliki pasukan atau kru yang tidak kalah mengerikan. Belum lagi, saat ini Blackbeard menjadi salah satu Yonko menggantikan mantan kaptennya, Whitebeard. Dalam arc Reverie, Shanks bertemu dengan Gorosei untuk berbicara mengenai salah satu bajak laut.

Banyak teori yang berpendapat bahwa sosok bajak laut yang dimaksud adalah Blackbeard. Dan di chapter 956 sendiri diperlhatkan, bahwa Blackbeard sudah bersiap untuk bergerak menuju misinya yang selanjutnya. Apa kira-kira misi selanjutnya dari Blackbeard? Masih harus kita tunggu jawabannya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.