Marvel Cinematic Universe memiliki pengaruh besar terhadap budaya populer di era modern ini. Namun, tentunya semua yang baik atau buruk pasti akan berakhir pada suatu hari, termasuk franchise besutan Marvel Studios ini. Pertama kali diperkenalkan pada 2008 lalu, Marvel Studios menghadirkan berbagai cerita menarik yang tanpa henti selama satu dekade terakhir.

MCU sendiri sudah berhasil menelurkan tiga Phase atau fase yang ditutup dengan Avengers: Endgame pada 2019 kemarin. Sekarang, Marvel sedang menjalani Phase selanjutnya dengan berbagai proyek baru yang sudah mereka siapkan. Dengan semua hype dan kepopuleran dari MCU, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian akan seberapa lama hal ini akan bertahan?

Apakah MCU Akan Berakhir?

Kesuksesan dari Marvel Cinematic Universe di jagat hiburan dunia benar-benar tidak diduga sebelumnya. MCU menjadi franchise terbesar di perfilman modern. Dua film mereka, Avengers: Infinity War dan Endgame, berhasil memecahkan rekor penjualan dan pendapatan. Untuk saat ini, mungkin mereka akan menjadi jawara dan sukses. Namun, statistik dan sejarah mencatat bahwa setiap kesuksesan tidak akan bisa bertahan selamanya.

Di satu sisi, jika kualitas dari berbagai proyek film yang disuguhkan tidak turun sampai membuat fans kecewa, tentu tidak ada alasan mengapa MCU harus segera berakhir atau selesai dalam waktu dekat. Namun, dengan semua hingar bingar genre superhero ini tentu kita akan mencapai pada satu titik jenuh, yang mana hal inilah yang banyak dikhawatirkan oleh para fans buku komik.

Kita bisa melihat dari genre Western yang sempat populer dan meledak di era 1950an harus kemudian kolaps dan hancur di era 60an. Para fans dan juga pecinta film tentu akan merasa lelah dengan berbagai cerita superhero yang ditampilkan atau ditunjukan. Jadi, apakah MCU akan berakhir? Jawabannya adalah pasti. Namun, tinggal bagaimana Marvel Studios memperlambat hal tersebut.

Mengapa dan Kapan MCU Akan Berakhir?

Jika memang masalahnya adalah kebosanan dengan genre superhero, di mana tidak ada lagi rumah produksi yang bisa menyaingi Marvel Studios, atau mungkin Marvel Studios sudah berada di puncak tertingginya, maka hanya tinggal masalah waktu saja sebelum semuanya berakhir. Tentu tidak ada yang abadi, akan ada masa di mana tidak ada lagi film MCU yang tayang di bioskop.

Jika kita menakar kapal MCU akan selesai berdasarkan peristiwa kepopuleran era film Barat di tahun 40an, yang bertahan selama 20 tahun, maka MCU sendiri akan segera selesai eranya pada tahun 2028, atau sekitar di Phase enam. Pada saat itu, bukan tidak mungkin Marvel Studios tidak lagi mendominasi box office. Atau bahkan yang lebih buruk, para peminat film mereka sudah berkurang.

Permasalahan Terbesarnya

Sebagian fans – dan juga mereka yang menalisa hal ini – berpendapat bahwa kelelahan (fatigue) atau dengan kata lain kebosanan, akan menjadi faktor penting berkurangnya minat para fans terhadap MCU di kemudian hari. Selama empat Phase, Feige dan para pembuat film di MCU sudah menghadirkan banyak sekali cerita yang berbeda, yang mana sebagian diantaranya mendapatkan resolusi yang lebih baik. Sedangkan sebagian lainnya dibiarkan begitu saja. Dengan besarnya franchise MCU, serta besarnya usaha kolaborasi yang dimunculkan sejak awal dibangunnya jagat sinematik ini, bisa dipastikan bahwa tidak akan ada cerita akhir yang benar-benar memuaskan.

Bagaimana Marvel Mengakhiri MCU?

Jika memang benar-benar cerita akhir yang dicari, maka MCU mungkin akan menghadirkan sesuatu yang sangat spektakuler. Sesuatu yang belum pernah dihadirkan di genre ini sebelumnya. Sejauh ini, trilogi Dark Knights karya Christopher Nolan dan Spider-Man karya Sam Raimi, dianggap memiiki akhir yang baik. Marvel, selain harus bisa menutup cerita tentang karakter utamanya, juga harus bisa menutup keseluruhan cerita.

Hal tersebut tentu tidak mudah, apalagi jika harus memikirkan para fans casual Marvel. Untungnya, cerita komik menemukan cara untuk mengakhiri sebuah cerita yang sangat besar, yaitu dengan melakukan reboot. Seri Secret Wars karya Jonathan Hickman bisa menjadi contoh nyata dari hal ini. Dengan MCU yang akan memperkenalkan Fantastic Four di masa yang akan datang, ada kemungkinan juga bahwa Doctor Doom akan menata ulang realita di MCU sesuai dengan gambarannya.

Marvel Cinematic Universe mungkin masih belum akan “berakhir” dalam waktu dekat, namun mereka akan melakukan “reboot” atau setel ulang. Dan meskipun MCU juga sepertinya masih belum akan redup setidaknya sampai satu dekade kedepan, tetap sangat menarik untuk berandai-andai seperti apa jika kemudian MCU benar-benar selesai.