Menjaga identitas rahasia adalah sesuatu hal yang lumrah yang biasanya terjadi di industri komik atau manga. Salah satu tujuannya adalah menciptakan sebuah tensi dramatis. Dan biasanya, hal ini dilakukan selama bertahun-tahun atau puluhan tahun. Kita bisa melihat contoh nyata hal ini dari seri Detective Conan, yang sudah menggunakan identitas rahasia yang sama untuk cerita selama tiga dekade.

Jadi, ketika Kafka mengungkapkan identitas rahasianya sebagai Kaiju No. 8 di chapter 32 dalam seri Kaiju No. 8, hal tersebut benar-benar mengejutkan banyak fans, dan membuka banyak sekali kemungkinan untuk masa depan manganya. Di arc terbaru manganya, diperlihatkan sekelompok Kaiju pterosaur yang dipimpin oleh Kaiju humanoid cerdas menyerang markas dari Third Division.

Butuh kerja sama darisang wakil kapten, Hoshina, dan sang kapten, Ashiro, untuk bisa menumbangkan humanoid tersebut. Namun, sebelum humanoid tersebut tewas, dia sempat memanggil bantuan untuk menjatuhkan bom yoju raksasa yang mampu menghancurkan siapa pun yang ada di tanah. Kafka sendiri harus berubah menjadi Kaiju No. 8 untuk menghentikan bom tersebut.

Di sisi lain, hal tersebut juga memiliki resiko di mana orang-orang akan tahu identitas rahasia dari Kafka yang selama ini dia sembunyikan di Third Division. Sebelum chapter 32 berakhir, Ashiro pun siap membawa Kafka ke balik jeruji. Meskipun semua orang berharap Kafka akan mengungkapkan identitas rahasianya suatu hari nanti, namun tidak akan yang menyangka bahwa dia akan melakukannya secepat ini.

Kafka sendiri diperlihatkan baru saja bergabung dengan JDF dan menjadi bagian dari anggota pasukan kurang dari sepuluh chapter yang lalu. Dia juga baru saja mengembangkan hubungannya dengan sebagian besar karakter di Third Division. Apa yang terjadi kepada Kafka tersebut dipastikan akan mengubah persepsi orang-orang tentangnya secara fundamental, dan mungkin tugasnya di Third Division pun akan selesai.

Hal ini juga bisa membawa cerita serinya ke beberapa poin. Pertama, Kafka bisa saja kabur seperti yang dia lakukan di awal serinya. Namun, kaki dan lengannya harus terluka parah karena menghancurkan bom yang dijatuhkan, sehingga dia mungkin tidak memiliki cukup kekuatan dan tenaga untuk kabur. Jika pun kemudian dia kabur, saat ini semua orang sudah mengetahui identitasnya.

Itu artinya akan sangat mudah mencari dan melacak keberadaan Kafka, kecuali jika dia mendapatkan bantuan dari pihak lain. ichikawa dan Shinomiya adalah kandidat yang mungkin akan membantunya, meskipun pangkat mereka terlalu rendah untuk bisa melakukan hal tersebut. Ada juga pilihan kedua, di mana Kafka membiarkan Ashiro menahannya. Ashiro sendiri masih percaya terhadap Kafka.

Yang menjadi pertanyaannya adalah apa yang akan dilakukan olej JDF jika kemudian dia menyerah? Apakah dia akan diinterogeasi? Dijadikan bahan percobaan? Namun, itu semua dirasa sangat disayangkan dan membuang-buang potensi Kafka sebagai Kaiju. Kemungkinan ketiga dan yang paling memungkinkan adalah Kafa kembali ke JDF dan menjadi bagian dari Third Division, hanya saja kali ini berbeda.

Kafka akan diawasi dengan ketat, sebagai langkah pencegahan jika dia lepas endali. Hal ini tidak akan merubah semua yang ada, dan hubungan yang terjalin antara Kafka dan para karakter di Third Division akan tetap terjaga. Hanya saja dipastikan ada tensi yang meningkat dan rasa tidak percaya. Dan sayangnya, hal ini juga bisa mencegah Kafka untuk memanfaatkan kekuatannya.

Bisa jadi Third Division – atau Ashiro – akan menyembunyikan fakta ini dan seolah-olah Kafka akan menjadi “senjata rahasia” bagi Third Division. Para petinggi tidak perlu tahu masalah ini, yang terpenting dia berhasil menyelamatkan nyawa orang-orang. Bagaimana menurut kalian tentang apa yang terjadi selanjutnya Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.