Artificial Zoan – Yang Diciptakan Oleh Vegapunk

Selain SMILEs yang dibuat oleh Caesar Clown, buah iblis Momonosuke pun, yang dibuat oleh Vegapunk, masuk dalam kategori Artificial Zoan atau buah iblis Zoan buatan. Berbeda dengan buah iblis buatan Caesar, untuk buatan Vegapunk ini belum banyak diketahui informasinya. Namun, berdasarkan informasi yang diberikan salah satu CP-0, Vegapunk memanfaatkan DNA – khususnya milik Kaido – untuk menciptakan buah iblis buatan ini.

One Piece: Inikah Rahasia Devil Fruit Momonosuke? | GreensceneSejauh ini, diketahui bahwa Vegapunk baru membuat satu buah iblis buatan saja, dan itu pun dianggap gagal oleh Vegapunk sendiri – yang mana kemungkinan itu hanya alasan saja agar tidak dikuasai Pemerintah Dunia. Buah iblis buatan Vegapunk tersebut kemudian dikonsumsi oleh Momonosuke. Dan dengan adanya DNA dari Kaido, Momo pun bisa berubah menjadi seekor naga.

Logia

Pengguna buah iblis Logia adalah sosok yang spesial karena buah iblis Logia adalah yang paling langka dibandingkan dua jenis utama. Buah iblis jenis ini biasanya memberikan kemampuan kepada mereka yang memakannya untuk menjadi sebuah elemen atau kekuatan alam, dengan juga kekuatan untuk memanipulasi elemen tersebut. Contoh nyatanya adalah Mera Mera no Mi.

Buah iblis tersebut membuat Ace (dan Sabo) mampu mengendalikan, memanipulasi, bahkan berubah menjadi api itu sendiri. Para pengguna Logia biasanya dianggap sebagai sosok yang terkuat, karena tidak semua orang mampu melukai mereka. Hanya mereka yang memiliki kemampuan Haki yang mampu mengalahkan atau mampu menahan serangan Logia.

Paramecia

Buah iblis berjenis Paramecia menawarkan beragam kekuatan, dan kebanyakan dari buah iblis ini, membuat penggunanya bisa menghasilkan zat/bahan tertentu dari tubuhnya atau memanipulasi benda-benda yang ada di sekitar mereka. Ada juga beberapa buah iblis Paramecia yang membuat penggunanya menjadi zat/bahan tersebut, misalnya adalah Gomu Gomu no Mi milik Monkey D. Luffy. Buah iblis ini membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi karet. Tidak diketahui sejauh mana batasan kekuatan para pengguna Paramecia, dan uniknya adalah Paramecia adalah buah iblis yang banyak dimiliki para karakter di serinya.

Special Paramecia

Special Paramecia adalah subjenis dari buah iblis Paramecia dan seperti namanya, mereka sangatlah spesial dan berbeda. Sejauh ini, baru ada satu buah iblis yang masuk dalam kategori ini yaitu Mochi Mochi no Mi milik Charlotte Katakuri. Meskipun buah iblisnya berjenis Paramecia, tapi buah iblis miliknya mamua memberikan akses kepada penggunanya untuk bisa berubah menjadi mochi itu sendiri.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.