Buah iblis adalah salah satu bentuk luar biasa yang ada di dunia One Piece. Buah ini memberikan kekuatan dahsyat dan unik kepada siapapun mereka yang memakan buahnya. Namun, Efek samping dari hal ini adalah penggunanya akan kehilangan kemampuan untuk berenang. Buah iblis sendiri secara umum dibagi menjadi tiga jenis yaitu Paramecia, Zoan, dan yang paling langka, adalah Logia.

Meskipun dibagi menjadi tiga jenis utama, namun pada kenyataanya ada beberapa subjenis lainnya yang mana total terdapat tujuh jenis buah iblis dan satu kelas atau jenis buah iblis yang tidak umum yang ada di cerita One Piece, dan mereka semuanya memiliki keunikan. Lalu, apa saja jenis buah iblis tersebut?

Zoan

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan dimana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat.

Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya. Banyak yang percaya bahwa mode hybrid adalah mode yang terbaik ketika sedang bertarung dan pengguna Zoan memang sangat berguna ketika dalam pertarungan jarak dekat.

Ancient Zoan

Masih merupakan bagian dari Zoan, Ancient Zoan adalah subjenis dari tipe Zoan. Meskipun efeknya sama, yaitu berubah menjadi binatang, bedanya adalah pemakan buah iblis Ancient Zoan akan berubah menjadi makhluk kuno, misalnya dinosaurus. Buah iblis ini sangat langka dan dianggap spesial diantara para pengguna Zoan lainnya. Seperti yang sudah diduga dari Ancient Zoans, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa dan juga daya tahan yang tinggi. Apapun yang bisa dilakukan oleh Zoan biasa, maka Ancient Zoan dapat melakukannya 2-3 kali lebih baik.

Mythical Zoan

Jenis yang paling langka – bahkan lebih langka dari Ancient Zoan – dari jenis Zoan adalah Mythical Zoan. Kelangkaan buah iblis jenis ini bahkan mengalahkan langkanya buah iblis Logia. Seperti namanya, mereka yang memakan buah iblis ini akan berubah menjadi makhluk mitologi. Misalnya buah iblis milik Sengoku, milik Marco, atau bahkan buah iblis yang dikonsumsi oleh Kaido.

Selain mampu membuat penggunanya untuk berubah menjadi makhluk-makhluk mitologi, Mythical Zoan juga memberikan sesuatu yang lain kepada para penggunanya. Misalnya buah iblis Marco the Phoenix, dimana api biru Marco bisa memberikan efek penyembuhan dan bukan membakar seperti api pada umumnya.

Artificial Zoan – SMILEs Yang Dibuat Caesar Clown

Artificial Zoan atau buah iblis Zoan buatan adalah buah iblis yang diciptakan oleh manusia, khususnya mereka yang cerdas seperti Caesar Clown dan Dr. Vegapunk. Buah iblis ini sudah diperlihatkan beberapa kali dalam ceritanya dan salah satu contoh nyata dari buah iblis Zoan buatan ini adalah SMILEs. Buah iblis Zoan buatan ini, jika berhasil, maka akan mampu mengubah tubuh mereka menjadi Zoan. Namun, jika gagal, maka akan berakibat buruk.

Para Gifters dari kelompok Beast menjadi contoh nyata dari kemampuan SMILEs. Mereka selalu dalam mode hybrid, dimana separuh badan mereka adalah binatang, sementara separuh lainnya tetap mempertahankan bentuk manusianya. Killer dan Toko merupakan contoh nyata dari kegagalan buah iblis SMILEs, dimana akibat dari gagalnya buah iblis ini semua emosi dalam diri mereka hilang, kecuali tertawa.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.