Mulai Canon di Tahun 1964

Sosok Captain America yang membantu menghancurkan para komunis di tahun 1950an dianggap sebagai sosok Captain America yang “palsu.” Captain america yang asli diceritakan terlatuh dan membeku di Atlantik Utama saat perang terjadi. Sampai kemudian Steve ditemukan dan berhasil diselamatkan. Semua hal itu terjadi di tahun 1964, dan sejak saat itu momen tersebut menjadi cerita origin dari Captain America.

Kapan Captain America Dicairkan

Seperti disebutkan di atas, Captain America yang asli diceritakan membeku di Atlantik Utara sampai kemudian dia berhasil diselamatkan. Tergantung cerita komiknya, ada beberapa versi kapan Captain America diselamatkan dan dicairkan. Jika dalam cerita aslinya Steve diselamatkan pada 1964, maka dalam komik Ultimates, diceritakan Steve diselamatkan pada 2002.

Menjadi Sosok Yang Terjebak di Masa depan Sejak 1964

Dengan Captain America yang tidak lagi ikut andil dalam peran dunia kedua membuat keseluruhan karirnya berubah sejak era 1960an. Sejak saat itu, Steve selalu berkonflik dengan dirinya. Dia merasa menjadi sosok dari masa lalu yang terjebak di era modern.

Ingatannya dimanipulasi Oleh Cosmic Cube

Semua ingatan dari Captain America sebelum dia membeku terus berubah-ubah. Ternyata ketidak konsistenan tersebut diakibatkan oleh kekuatan dari luar, yang tidak lain adalah efek dari Cosmic Cube. Captain America kemudian menggunakan benda tersebut untuk mengembalikan ingatan dari Bucky Barnes yang menjadi Winter Soldier.

Berpisah Dengan Bucky Untuk Waktu Yang Lama

Pada era 1948, Bucky Barnes ditembak jatuh dan dianggap tewas dalam misi (killed in action). Sejak saat itu sampai kemunculannya kembali sebagai The Winter Soldier pada 2005, Bucky tetap dianggap tewas dan hanya muncul dalam kenangan Steve Rogers tentang Perang Dunia kedua.

 

Memiliki Sidekick Lain Selain Bucky

Banyak fans mengetahui bahwa Bucky Barnes alias Winter Soldier adalah sidekick yang selalu bersama dengan Captain America. Namun, setelah kematiannya, Bucky kemudian sempay digantikan oleh sosok Betsy Ross, the Golden Girl. Betsy kemudian digantikan oleh Free Spirit, Jack Flag, Nomad, Rick Jones, dan para pahlawan lainnya, termasuk Sam Wilson.

Sam Wilson Sebagai Pengganti Bucky

Diantara deretan nama yang pernah menjadi sidekick Captain America, Sam Wilson alias The Falcon adalah sidekick yang paling populer setelah Bucky Barnes. Sam merupakan pahlawan Afrika-Amerika pertama dari Marvel dan merupakan sidekick terlama dari Captain America. Bahkan, dia juga sempat menjadi Captain America selanjutnya menggantikan Steve.

Peggy Carter Bukan Satu-satunya Kekasih Steve

Saat ini, banyak fans yang mengenal Steve Rogers merupakan kekasih abadi dari Peggy Carter. Cintanya yang mendalam terhadap Peggy, semakin mengukuhkan hal tersebut. Namun, sebenarnya selain Peggy, Steve pernah menjalin hubungan asmara dengan wanita lainnya seperti Bernice Rosenthal, Connie Ferrari, dan Sharon Carter.

Steve Rogers Bukanlah Sosok Publik Figur Sampai 2002

Sama seperti para pahlawan super lainnya, Captain America merupakan identitas rahasia dari Steve Rogers. Namun, hal tersebut berubah pada 2002, ketika dia mengumumkan nama aslinya dan juga menunjukan wajah aslinya kepada seluruh masyarakat, sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban serangan menara kembar yang terjadi 11 September.

Captain America Bukanlah Identitas Rahasia Satu-satunya Steve Rogers

Memang tidak salah jika fans beranggapan bahwa Captain America adalah Steve Rogers dan begitu juga sebaliknya. Sama halnya seperti Iron Man yang sudah melekat pada sosok Tony Stark. Namun, Steve juga diceritakan pernah menggunakan identitas rahasia lain, dan tidak menggunakan nama Captain America. Nomad dan The Captain adalah dua nama yang pernah dia gunakan.

Steve Rogers Bukan Satu-satunya Captain America

Ketika Steve menghilang, nama Captain America masih terus hidup. William Naslund, Jeffery Mace, Bucky Barnes, dan beberapa nama lainnya pernah menjadi sosok pengganti Steve untuk menggunakan nama Captain America.

Captain America Menjadi Lebih Beragam

Diantara sekian banyak nama yang pernah menggantikan Steve menjadi Captain America, beberapa diantaranya adalah para karakter berkulit hitam. Contohnya adalah Isaiah Bradley, Elijah Bradley, dan Sam Wilson menjadi bukti bahwa mereka juga bisa menjadi patrior bagi negara. Ini menjadi sebuah kemajuan dalam representasi Captain America.

Wanita Memiliki Kesempatan Yang Sama

Selain karakter berkulit hitam, Marvel Comics juga memberikan kesempatan kepada karakter lain untuk bisa menjadi patriot bagi negaranya. Selain para karakter berkulit hitam, para wanita – yang notabene sering kali diremehkan – juga pernah merasakan tanggung jawab menjadi seorang Captain America. Danielle Cage, Misty Knight, dan Peggy Carter adalah nama-nama yang pernah mengisi titel tersebut.

Tidak Selamanya Penerus Steve Adalah Orang Yang Tepat

Tentu Steve – dan pemerintah Amerika – tidak akan sembarangan dalam memilih kandidat calon pengganti Steve sebagai Captain America. Namun, ada kalanya pilihan tersebut ternyata salah. Tidak selamanya penerus Steve memiliki sifat heroik. William Burnside adalah sosok Neo-Nazi. John Walker adalah Captain America yang penuh dengan emosi dan amarah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 3

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.