Pada Maret 1941, komikus legendaris Joe Simon dan Jack Kirby memperkenalkan kepada dunia sosok Captain America. Karakter ini menjadi karakter superhero paling patriotis pada saat itu, bahkan sampai saat ini. Sosok Captain America sengaja diciptakan untuk membantu Amerika menang dalam perang dunia kedua. Namun, pada kenyataannya dampak yang dia timbulkan jauh lebih besar dari perang dunia kedua.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, Captain America masih tetap eksis sampai sekarang. Namun, tentunya sudah ada banyak sekali perubahan yang diberikan oleh Marvel Comics terhadap sosok Steve Rogers ini, meskipun ada juga beberapa hal yang sama. Lalu, apa saja perubahan yang terjadi terhadap karakter Captain America? Berikut ulasannya

Film dan TV Series Tidak Lagi Buruk

Sama seperti halnya para pahlawan Marvel lainnya, Captain America juga sempat memiliki film dan TV seriesnya sendiri sebelum MCU. Sayangnya, kualitasnya tidak terlalu baik. Namun, sejak MCU mulai diperkenalkan pada 2008 kemarin, kualitas film dan TV seriesnya mulai membaik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di franchisenya.

Tameng Captain America Tidak Selalu Bundar

Mungkin banyak orang mengenal sosok Captain America lekat dengan salah satu senjata andalannya, yaitu tameng bundar bergambar bintang. Namun, sebenarnya, tidak melulu tameng Captain America bundar. Pada awalnya, desain tamengnya sendiri berbentuk seperti kostum The Shield. Namun, desainnya sendiri kemudian dirubah dan pada akhirnya bertahan sampai sekarang.

Kostumnya Semakin Taktis

Ketika Steve Rogers memulai karirnya sebagai Captain America, kostum yang dia kenakan sangat tipikal superhero, sosok yang memiliki kekuatan super. Namun, seiring berjalannya waktu, kini kostum atau seragam yang dia gunakan lebih taktis dan siap dipakai dalam pertempuran, sambil tetap mempertahankan desain dan warna aslinya.

Asal Usul Serum Tentara Super Yang Beruba

Seperti yang kita tahu, Steve Rogers berubah menjadi Captain America setelah disuntik serum ini. Meskipun efek yang ditimbulkan sama, namun cerita asal usulnya sendiri cenderung berubahp-ubah. Ada yang diperlihatkan disuntik, atau ada juga yang diminum langsung. Bahkan, ada juga cerita yang berkaitan dengan organisme lain, yang bisa menjadi alasan mengapa Red Skull memiliki efek yang unik.

Level Kekuatannya Berubah

Seperti halnya asal usul serum tentara super, kekuatan Captain America juga berbeda-beda. Semuanya tergantung siapa yang menulis cerita. Kekuatan Captain America bisa jadi sangat kuat atau sebaliknya. Terkadang dia tangguh sebagai seorang pahlawan, namun terkadang juga dia adalah salah satu rekan tim yang baik.

Tidak Selalu membutuhkan Serum

Serum Super Soldier dan Captain America mungkin sudah melekat citranya di mata fans, seperti halnya dia dan tamengnya. Namun, dalam beberapa kesempatan, Marvel juga memperlihatkan bagaimana jika Steve tidak menggunakan serum Super Soldier. Pada kenyataannya hal itu tidak menjadi masalah. Steve berlatih dengan sangat keras, dan juga dia mengenakan exoskeleteon buatan Stark.

Bisa Berumur

Selain menambah kekuatan, salah satu efek lainnya yang dirasakan oleh Steve setelah disuntik serum Super Soldier adalah penuaannya melambat. Artinya Steve bisa terus muda dalam jangka waktu lama. Namun, kenyataannya hal itu tidak bertahan selamanya. Pada 2014, diceritakan bagaimana efektifitas dari serumnya menghilang. Dengan seketika, Steve berubah menjadi seorang pria berusia 90 tahun.

Bisa Tewas

Sebelum cerita Civil War, Captain America sekarat adan tewas adalah sesuatu yang kecil kemungkinan untuk terjadi. Steve selalu diperlihatkan selamat dari kematian. Namun, pasca cerita Civil War Steve pernah diperlihatkan tewas, setelah terkan peluru penembak jitu. Meskipun begitu, Steve pada akhirnya kembali hidup.

Musuh Captain America Semakin Banyak

Pada awalnya, Captain America hanya bertarung menghadapi para Nazi juga manusia super. Namun, seiring berjalannya waktu, musuh yang dihadapi olehnya semakin bertambah, baik secara skala maupun politiknya. Captain America harus menghadapi sosok yang memiliki ideologi berbeda (Red Skull atau Baron Zemo) atau sosok yang mengerikan (Crossbones dan Nuke).

Hydra Bukanlah Satu-satunya Organisasi Yang Dihadapi

Hydra sudah menjadi sebuah organisasi yang menjadi musuh utama bagi Captain America. Namun, sebenarnya, selain Hydra, ada juga kelompok atau organisasi lainnya yang pernah dihadapi atau menjadi musuh bagi Captain America. Contohnya adalah Serpent Society.

Ada Berbagai Versi Captain America

Mungkin untuk hal ini, Geeks semua juga sudah mengetahuinya. Dengan adanya multiverse di Marvel Comics, membuka kesempatan untuk menghadirkan versi lain dari karakter Marvel Comics, salah satunya adalah Captain America. Zombie Captain America dalam seri Marvel Zombies, menjadi bukti dari hal ini.

Dihormati Pahlawan DC

DC dan Marvel dikenal sebagai dua “rival” yang sudah lama saling bersaing. Namun, hal itu tidak menjadi halangan bagi para karakternya untuk saling menghormati. Dan hal ini terjadi dalam sebuah seri crossover antara DC dan Marvel, JLA/Avengers. Level patriorisme dari Captain America mendapatkan pengakuan dan penghormatan dari para karakter DC.

Menjadi Pendiri Berbagai Versi Avengers

Sudah menjadi hal umum dalam cerita komik, dimana dalam sebuah era atau cerita baru maka akan ada “perombakan” lainnya. Termasuk kelompok pahlawan yang akan ditampilkan dalam ceritanya nanti. Dalam berbagai peristiwa besar, Captain America sering diperlihatkan menjadi pendiri dari Avengers. New Avengers, dan Secret Avengers adalah beberapa kelompok yang dibangun oleh Steve.

Tidak Selamanya Menjadi Pendiri Avengers

Meskipun Steve sering membangun atau menjadi pendiri berbagai “versi” dari Avengers, namun tidak selamanya dia menjadi karakter pendiri Avengers. Tergantung dari ceritanya, Captain America bisa diperlihatkan baru bergabung degan Avengers. Namun, pada awalnya sendiri Cap diundang untuk bergabung dan langsung ditunjuk menjadi pemimpinnya.

Bukan Hanya Avengers

Tidak selamanya Captain America bergerak dibawah bendera Avengers. Avengers sendiri hanyalah salah satu kelompok yang menghadirkan Captain America sebagai bagian dari kelompoknya. Dalam sejarahnya, Captain America juga pernah bergabung dengan kelompok lainnya seperti All-Winners Squad, Invaders, Secret Defenders, dan masih banyk lain.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.