Sosok Mechagodzilla yang diperlihatkan dalam film Godzilla vs. Kong memiliki banyak sekali senjata mematikan dan juga kekuatan mengerikan dalam tubuhnya. Robot monster tersebut pertama kali muncul di film Godzilla vs. Mechagodzilla pada 1974. Versi replika dari Godzilla ini diketahui merupakan kreasi dari makhluk luar angkasa. Sampai saat ini, sudah ada beberapa kali kemunculan dari Mechagodzilla.

Ada beberapa perbedaan memang dari berbagai desain Mechagodzilla. Untuk versi MonsterVerse sendiri, Mechagodzilla dihadirkan sesuai dengan desain awalnya dengan beberapa perubahan detail yang membuat mechagodzilla menjadi sosok yang menyeramkan. Dibuat oleh Apex Cybernetics, Mechagodzilla diperlihatkan mampu membuat Godzilla dan Kong kerepotan. Berikut adalah berbagai kemampuan atau senjata yang dimiliki oleh Mechagodzilla versi MonsterVerse.

Misil/Roket

Saat berlari ke arah Mechagodzilla, Godzilla harus menerima hujan misil yang mengenai tubuhnya. Mechagodzilla sendiri menembakan misil atau roket tersebut dari bagian pundaknya, dimana terdapat sebuah meriam yang menyatu dengan tubuhnya. Tembakan misil atau roket tersebut menjadi bukti bagaimana mengerikannya kemampuan firepower dari Titan ciptaan Apex ini. Yang juga mengerikan adalah roket yang ditembakan jauh lebih kuat dibandingkan roket dari Mechagodzilla pada era Toho dulu.

Jet Pendorong

Mechagodzilla versi Toho memiliki jet pendorong di tubuhnya yang membuat dia bisa terbang di udara. Di Godzilla vs. Mechagodzilla, jet pendorong tersebut digunakan untuk menghindari serangan dari Godzilla atau digunakan saat kabur. Mechagodzilla versi MonsterVerse juga dilengkapi oleh jet pendorong di tubuhnya, namun tidak digunakan untuk terbang seperti model dulu.

Jet pendorong tersebut digunakan untuk membantunya bergerak, agar mendapatkan tambahan kekuatan atau tenaga. Misalnya seperti mendorong atau menarik Godzilla. Jet pendorong ini juga bisa sangat mematikan karena dia bergerak dalam kecepatan tinggi, sebelum pukulannya kemudian mengenai tubuh dari Godzilla. Karena hal inilah, Mechagodzilla versi MonsterVerse lebih lincah dibandingkan pendahulunya.

Bor Ekor

Ekor Mechagodzilla yang memiliki bentuk seperti cambuk memiliki ujung runcing yang bisa digunakan sebagai bor. Dia mencoba menggunakan benda tersebut kepada Godzilla, namun kemudian berhasil ditahan oleh Kong. Kemudian Mechagodzilla kembali menyerang dengan menggunakan ekor runcingnya tersebut, kali ini bagian bornya mengarah ke wajah dari Kong.

Kong hampir saja tewas pada momen tersebut. beruntung, dia berhasil selamat setelag Josh menumpahkan minuman alkohol di ruang kendali utama. Hal itu merusak juga sistem komputer di dalam tubuh Mechagodzilla, yang kemudian membuat Kong akhirnya berhasil kabur. Yang menarik adalah bor ekor ini sebenarnya adalah tambahan baru dalam arsenal Mechagodzilla.

Sebelum MonsterVerse, Titan yang memiliki ekor dengan ujung runcing adalah Kiryu. Tapi, ujung ekornya sendiri tidak bisa berputar sehingga tidak bisa digunakan untuk bor. Meskipun begitu, Kiryu memiliki “fitur” tersebut di tangannya, yang mana dia gunakan untuk menembus kulit Godzilla yang keras.

Serangan Laser

Bisa dibilang, senjata paling kuat dari Mechagodzilla adalah sinar laser merah miliknya. Senjata ini pertama kali diperlihatkan pada saat APEX melakukan uji coba, yang membuat Bernie, Madison, dan Jason terkejut. Dengan menggunakan senjata ini, Mechagodzilla bisa menghancurkan Skullcrawler dengan mudah. Seperti biasa, sinar laser ini juga ditempatkan di bagian mulutnya.

Ini sebenarnya merupakan hal yang sedikit berbeda dibandingkan versi sebelumnya. Dalam versi lama, Mechagodzilla menembakan meriam lasernya dari dadanya. Seperti yang disebutkan di atas, misil atau roket Mechagodzilla bisa melukai Godzilla. Namun, serangan yang paling mengerikan dari Mechagodzilla adalah serangan laser ini. Yang lebih mengerikan juga adalah di filmnya diperlihatkan bahwa laser dari Mechagodzilla jauh lebih dahsyat dan kuat dari Atomic Breath Godzilla.

Pukulan dan Tendangan Energi

Salah satu masalah yang dihadapi oleh team Apex dalam mengembangkan Mechagodzilla adalah energi mereka tidak pernah cukup. Karena itulah APEX mengirimkan timnya ke Hollow Earth dan mencari sumber kekuatan para Titan. Dan diketahui bahwa energi berwarna biru di Hollow Eartrh merupakan sumber kekuatan yang dahsyat. Bahkan, energi tersebut juga sama dengan energi yang dilepaskan atomic breath Godzilla.

Kelemahan dari Godzilla dalam pertarungan adalah dia tidak mampu menghadapi serangan jarak dekat. Dan hal ini dimanfaatkan oleh Mechagodzilla. Dengan memanfaatkan energi yang ditemukan di Hollow Earth, Mechagodzilla bisa meningkatkan tenaga dan kekuatan pukulan serta terndangannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.