Decepticon dikenal sebagai musuh abadi dari Autobots dalam cerita Transformers. Mereka adalah protagonis dalam ceritanya. Meskipun terkadang mereka tidak selalu bertarung, sebagian besar cerita dalam franchisenya memperlihatkan bagaimana Autobots dan Decepticon saling bertarung satu sama lain. Tujuan mereka sebenarnya simpel, ingin menghancurkan Autobots dan mengambil alih kendali Cybertron.

Meskipun begitu terkadang Decepticon juga menyerang bumi dan mengancam hidup manusia. Seperti yang diperlihatkan dalam berbagai film layar lebarnya, atau di seri animasinya. Mereka selalu memiliki niat jahat untuk menghabisi dan mengalahkan Autobot dan manusia. Namun, meskipun niat mereka jahat terkadang cara yang digunakan dianggap sangat konyol. Berikut adalah berbagai rencana jahat yang konyol dari Decepticon.

Membuat Bencana dari Mesin Cuci Mobil (The Transformers #31)

Cerita Transformers dalam versi komik memang tidak selamanya menarik seperti halnya dalam versi kartun, dan terkadang juga dalam cerita komik terdapat beberapa hal menarik seperti Car Wash of Doom. Dalam cerita “Buster Witwicky and the Car Wash of Doom,” diperlihatkan bahwa pihak Decepticon sengaja membuat salah satu dari mereka, Ratbat, berubah menjadi sebuah tempat cuci mobil. Namun, tempat cuci mobil tersebut bisa menghipnotis manusia yang menggunakannya, untuk kemudian menjadi budak bagi Decepticon. Beruntung rencana ini berhasil digagalkan oleh rekan manusia Autobots, Buster Witwicky.

Mencuri Energi Sonic dari Konser Rock (The Transformers #14)

Sebelum rencana membuat mesin cuci mobil yang mampu menghipnotis manusia mampu digagalkan Witwicky, Decepticon juga gagal dalam mencuri kekuatan suara (sonic energy) dalam cerita “Rock And Roll-Out.” Di ceritanya diperlihatkan Shockwave bersama dengan Starscream, Skywarp, dan Thundercracker berusaha untuk memperkuat energi Decepticon dengan mencuri energi sonic atau suara dari sebuah konser Rock milik Bruce Springhorn. Namun, mencuri sebuah sumber energi seperti suara tersebut nampaknya bukan hal yang mudah bagi keempat Decepticon. Rencana yang dibuat oleh Shockwave ini pada akhirnya berhasil digagalkan oleh Autobots.

Menciptakan Monster Listrik (Kremzeek)

Megatron dan Starscream tidak sengaja menciptakan sebuah “makhluk” yang kemudian diberi nama Kremzeek dalam sebuah kecelakaan di laboratorium. Kremzeek sendiri pada dasarnya adalah monster yang tubuhnya terbuat dari aliran listrik. Menyadari potensi yang ada, akhirnya Megatron berhasil membuat Kremzeek menuruti perintahnya untuk menyerang Autobots. Yang menarik, Kremzeek sebenarnya berhasil melumpuhkan sebagian besar Autobots, namun keanehan dari desain dan karakternya membuat sosoknya dianggap konyol.

Membangun Kembali Kota New York (City of Steel)

Dalam episode “City of Steel” pihak Decepticon akhirnya memutuskan untuk membangun markas operasionalnya di bumi, tepatnya di wilayah New York. Para robot Constructicons diperintahkan untuk membangun markas tersebut. Namun, bukannya menghancurkan seluruh kota dan kemudian membangun kembali di atasnya, para Decepticons memutuskan untuk membangun satu persatu.

Pada awalnya mereka membuat lubang (sink-hole) untuk menarik bangunan ke bawah, tepatnya ke bawah tanah, dan kemudian dibangun kembali dan kemudian diangkat ke permukaan. Dengan sistem yang aneh ini, saat bangunannya kembali muncul ke permukaan, Devastator terlihat berada di ujung bangunan tersebut, seperti sosok King Kong di atas gedung Empire State.

Mengalahkan Camelot (A Decepticon Raider In King Arthur’s Court)

Dalam episode ini, empat robot Decepticon yaitu Starscream, Ramjet, Rumble, dan Ravage, dikirim kembali ke abad 6 di Inggris untuk sebuah misi. Namun, bukannya kembali ke masa depan, Starscream justru memilih untuk tetap berada di abad tersebut. Dia mengatakan bahwa dia tidak khawatir terhadap Megatron. Starscream penasaran apa yang bisa dimanfaatkan dari manusia abad pertengahan bagi Decepticon.

Starscream mulai mengacaukan situasi disana dengan mencuri pasokan listrik yang tadinya akan digunakan untuk mengeksekusi hukuman mati. Mereka juga mencuri bubuk mesiu sebagai pengganti senjata mereka. Tapi, Warpath dan Hoist dari Autobots, yang kembali ke masa itu berhasil membawa kembali mereka dan menggagalkan recananya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2