Meskipun Ares dan Circe adalah villain terkenal bagi Wonder Woman, tetapi saingan terberat Wonder Woman bukanlah mereka berdua, melainkan Cheetah. Dalam film Wonder Woman 1984 yang rilis beberapa waktu lalupun, kita diperlihatkan bagaimana saat Cheetah mampu membuat Wonder Woman berada dalam kesulitan. Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya ada beberapa versi Cheetah di DC Universe? Nah berikut ini akan kami bahas tetang beberapa versi Cheetah yang pernah dihadapi Wonder Woman selama bertahun-tahun.

Priscilla Rich

Hiro Studios

Karakter bernama Priscilla Rich pernah menjadi Cheetah yang memulai debutnya di era Golden Age. Karakter tersebut muncul di komik Wonder Woman # 6 yang dirilis pada tahun 1943, dan dibuat oleh William Multon Marston dan H.G. Peter. Sesuai dengan namanya, Priscilla Rich adalah orang yang sangat kaya. Tapi dibalik kekayaannya, Rich memiliki penyakit mental. Rich memiliki kepribadian lain yaitu Cheetah yang sangat buas, dan sosok Cheetah ia keluarkan ketika popularitasnya dikalahkan oleh Wonder Woman. Rich mendandani dirinya sendiri dengan kostum Cheetah dan mulai menganggu Wonder Woman selama bertahun-tahun. Sosok Rich sendiri sudah tidak diperlihatkan setelah Crisis on Infinite Earths.

Deborah Domaine

Domaine adalah keponakan dari Priscilla Rich dan memulai debutnya pada komik Wonder Woman # 274. Dibuat oleh Gerry Conway dan Jose Delbo, Domaine adalah karakter yang direkrut oleh organisasi Kobra untuk menggantikan bibinya yang sudah tua. Domaine menjadi sosok Cheetah baru setelah ia disiksa dan dicuci otak oleh Kobra. Pada akhirnya, Domaine diberikan sebuah kostum baru Cheetah, tetapi sama seperti Priscilla Rich, Domaine tidak memiliki kekuatan sebenarnya dari Cheetah (seperti yang kita lihat dalam film Wonder Woman 1984). Jadi sebenarnya, sosok Cheetah versi Domaine bukanlah ancaman yang serius bagi Wonder Woman. Domaine sendiri hanya muncul dalam era Bronze Age dari 1980 hingga 1985.

Barbara Minerva

Versi Cheetah paling populer adalah Barbara Minerva yang diciptakan leh George Perez dan Len Wein dalam komik Wonder Woman #7. Minerva adalah seorang arkeolog Inggris yang mencari segalam macam senjata dan harta peninggalan, termasuk Golden Lasso of Truth yang dimiliki oleh Wonder Woman. Diam-diam setelah menjalani ritual yang dilakukan di Afrika , Minerva mendapatkan kekuatan Cheetahnya dari dewa Urzkartaga. Namun kekuatan itu membuat Minerva menjadi brutal dan bertolak belakang dengan wonder Woman. Kekuatan yang didapat dari Minerva sendiri lama kelamaan menjadi semakin bertambah, bahkan tidak hanya menyaingi Wonder Woman, tetapi superhero lainnya seperti Superman dan Flash.

Sebastian Ballesteros

Pada saat Post-Crisis terjadi, hanya Sebastian Ballesteros yang menjadi sosok Cheetah. Ia memulai debutnya dalam komik Wonder Woman #170, dan karakternya diciptakan oleh Phil Jimenez dan Joe Kelly. Ia merupakan seorang taipan yang memiliki hubungan dengan Circe. Suatu ketika, Ballesteros meyakinkan dewa Urzkartaga bahwa ia lebih unggul daripada sosok host Cheetah sebelumnya. Saat itu, Minerva sudah terputus dengan kekuatan Cheetah, dan Ballesters menjadi Cheetah baru dan meneror Wonder Woman dan Superman.

Hiro Studios