Sebagai karakter utama dalam seri Attack on Titan, para fans sudah mengetahui sejak awal bahwa sosok Eren Yaeger akan menghadirkan banyak hal menarik dan seru di ceritanya. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa Eren sendiri sebenarnya adalah salah satu dari pemilik kekuatan Titan. Eren membantu para penduduk di pulau Paradis dengan kekuatan Titannya, yaitu Attack Titan.

Meskipun dia memiliki kemampuan Attack Titan dalam dirinya, terkadang Eren juga melakukan berbagai kesalahan dengan kekuatan tersebut. Bukan hanya dia pernah diculik beberapa kali, tapi terkadang kepercayaan dirinya yang besar membuat dia dalam masalah. Jika kemudian suatu saat Eren harus mewariskan kekuatan Attack titannya kepada karakter lain, ada beberapa kandidat yang bisa menggantikan posisinya. Siapa saja?

Levi Ackerman

Levi adalah salah satu pasukan Survey Corps yang sangat luar biasa. Dia memiliki talenta dan juga memiliki kekuatan fisik yang baik. Meskipun peralatan ODM memiliki beberapa keterbatasan, hal itu tidak membuat Levi melemah dalam menghadapi para Titan. Justru Levi sudah banyak menghancurkan Titan dengan kemampuannya tersebut, dimana bahkan Zeke, pasukan terkuat Marley, dianggap tidak mampu menandingi kemampuannya.

Dengan memiliki kemampuan Attack Titan, mungkin semua Titan yang ada di pulau Paradis sudah dihancurkan sejak lama, dan para Survey Corps akan mewujudkan cita-cita mereka untuk pergi menuju pantai dan laut jauh sebelum Eren dan yang lain bergabung dengan pasukan tersebut. Pasukan Marley pun akan kewalahan menghadapi Attack Titan Levi.

Mikasa Ackerman

Setali tiga uang dengan saudaranya, Mikasa pun adalah satu pasukan Survey Corps terbaik. Jika keajaiban muncul dimana kemampuan Attack Titan milik eren bercampur dengan darah dari Mikasa, besar kemungkinan bahwa Titan miliknya tersebut akan jauh lebih superior dibandingkan yang lain. Salah satu kemampuan menarik dari Mikasa adalah insting bertarung yang sangat kuat.

Jika insting bertarung Mikasa sendiri sudah sangat dahsyat, bahkan tanpa kemampuan Titan, tentunya kita bisa membayangkan bagaimana mengerikannya Attack Titan dari Mikasa. Fakta bahwa Jaw Titan Porco jauh lebih kuat dari Jaw Titan milik Ymir, menunjukan bahwa kekuatan Titan bergantung kepada pemiliknya. Attack Titan Mikasa tentunya akan lebih kuat dibandingkan milik Eren.

Armin Arlert

Di awal serinya, tidak ada yang menyangka bahwa Armin suatu hari nanti akan mewarisi kemampuan salah satu Titan yang memulai semua peristiwa di serinya. Setelah Bertolt Hoover tewas, Armin yang kemudian memiliki kekuatan Titan tersebut. Bertolt sendiri menunjukan bagaimana kemampuan dari Colossal Titan yaitu kemampuan untuk mengeluarkan api dan menciptakan ledakan ketika mereka bertransformasi.

Namun, yang menjadi kelemahannya adalah mereka bergerak dengan lambat dan menjadi sasaran empuk bagi musuh. Dengan kemampuan Attack Titan, yang dipadukan dengan kejeniusan seorang Armin, tentunya akan sangat mengerikan membayangkan seperti apa kemampuan Titan tersebut. Dengan mewarisi ingatan pengguna sebelumnya, Armin juga mungkin akan mencari jalan lain yang lebih baik untuk menyelesaikan konflik, dibandingkan dengan ide dari Eren untuk menginisiasi Rumbling.

Jean Kirstein

Ketika Eren dan kawan-kawan lainnya mengetahui tentang kutukan Ymir (Curse of Ymir), Jean tidak akan ragu untuk mewarisi kekuatan Attack Titan dari Eren ketika dia sudah tewas nanti. Eren dan Jean mungkin memang memiliki hubungan yang kurang baik sejak mereka masih di Training Corps, namun sekarang semuanya sudah berubah. Jean adalah salah satu pasukan Survey Corps yang sangat handal.

Berbeda dengan Eren, dia tidak akan dibutakan oleh kebenciannya kepada Titan untuk menutupi penilaiannya, dan tetap akan menjadi sosok pemimpin seperti biasa. Dengan kemampuan seperti Jean, mungkin para Survey Coprs lainnya akan lebih tenang. Jean sendiri saat ini diketahui sedang berada di Marley, berdasarkan apa yang diperlihatkan di musim keempat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.