Seri Attack on Titan saat ini sudah memulai musim terakhirnya yang juga merupakan musim keempat. Musim ketiga sendiri ditutup dengan sangat luar biasa, dimana akhirnya para Survey Corps berhasil menemukan laut, yang menjadi impian mereka. Berbicara mengenai para Titan tentunya tidak terlepas dari kesembilan Titan Shifter, atau sembilan orang yang memiliki kekuatan Titan Ymir.

Seperti yang kita tahu bahwa setelah Ymir Fritz tewas akibat “kutukan” Titan, kekuatan Titan yang dia miliki kemudian terbagi menjadi sembilan Titan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang menarik adalah kini kepemilikan kekuatan Titan ini berada di tangan orang-orang yang berbeda. Kemudian juga kita diperkenalkan mengenai Titan baru di manganya. Lalu, apa saja kesembilan Titan tersebut?

Cart Titan

Ukuran tubuh dari Cart Titan tidak lebih tinggi dibandingin dengan Titan lainnya yang rata-rata mencapai 15 meter. Tinggi dari Cart Titan yang dimiliki oleh Pieck Finger hanya sekitar 4 meter saja. Karena inilah Cart Titan menjadi Titan paling pendek diantara Titan lainnya. Cart Titan juga bergerak berbeda dengan Titan lainnya. Cart Titan selalu bergerak dengan keempat anggota tubuhnya, mirip binatang. Kepalanya sendiri berbentuk seperti kepala anjing.

Kekuatan, kelincahan, dan stamina dari Cart Titan memang jauh lebih besar dibandingkan Titan jenis lainnya. Cart Titan sering kali digunakan untuk sebuah misi, seperti untuk transportasi atau pengalih perhatian. Yang menarik, form Cart Titan bisa bertahan lama. Jika biasanya para Titan Shifter hanya mampu menggunakan kekuatannya dalam jangka waktu tertentu, pengguna dari Cart Titan bisa bertahan sampai 2 bulan.

Jaw Titan

Dari bentuk fisik, Jaw Titan mempunyai tinggi sekitar 5 meter dan merupakan Titan yang paling lincah selain Cart Titan. Ada dua versi penampilan dari Jaw Titan. Untuk versi Porco Galliard, Jaw Titan miliknya memiliki jenggot dibawah dagunya. Sedangkan versi Ymir dan Marcel Galliard, tidak memiliki jenggot. Untuk versi Falco juga sedikit berbeda dari pengguna sebelumnya. Yang menarik adalah Jaw Titan adalah Titan yang memiliki penampilan yang masih mempertahankan bentuk manusianya.

Jaw Titan.Seperti namanya, Jaw Titan ini memiliki bentuk mulut yang berbeda dengan Titan lainnya. Versi Marcel dan Porco Galliard, mulutnya berbentuk zigzag. Sedangkan versi Ymir, mulutnya memiliki bentuk yang biasa tapi dia punya gigi runcing yang tajam. Yang pasti, Jaw Titan punya kemampuan hebat dengan mulutnya. Dia bisa menghancurkan apa aja dengan mulutnya. Bahkan, kristal yang melindungi manusia di War Hammer Titan bisa hancur karena Jaw Titan.

Beast Titan

Penampilan dari form Titan milik Zeke Yeager ini mirip seperti kera. Tapi badan dan mukanya lebih mirip sepertimanusia. Cara dia jalan juga seperti manusia. Tinggi dari form Titan ini sekitar 17 meter. Hampir di seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu yang tebal, kecuali di sekitar muka, tangan, kaki, dan juga dada. Kedua tangannya menjuntai panjang dengan kukunya yang juga panjang.

Jika diliat sekilas, memang Titan ini mirip seperti Colossus Titan. Untuk masalah kekuatan Beast Titan memiliki kemampuan yang unik. Dia mampu mengalahkan satu pasukan sekaligus hanya dengan melempar benda. Seperti yang diperlihatkan di episode perdana musim keempat. Disamping itu, keunikan Titan ini adalah mampu membuat orang lain menjadi pure Titan dan mengendalikan sepenuhnya.

Armored Titan

Titan yang sekarang dimiliki oleh Reiner Braun ini mempunyai tinggi sekitar 15 meter. Terdapat sedikit bentuk manusianya dari penampilan fisik Armored Titan ini. Titan ini sendiri memiliki kulit yang tebal, dan dilapisi dengan besi atau pelindung di seluruh tubuhnya. Itulah alasan mengapa Titan ini kemudian bernama Armored Titan.

Armored Titan.Titan jenis ini benar-benar punya bentuk yang sempurna dan tangguh. Satu-satunya bagian tubuh yang tidak dilapisi oleh pelindung adalah bagian lutut. Armored Titan tidak mampu bergerak dengan cepat, meskipun dia dilapisi oleh pelindung. Ironisnya, Armored Titan nampak tidak berdaya menghadapi meriam 100mm yang ditembakan oleh pasukan aliansi Timur-Tengah.

War Hammer Titan

Tinggi dari War Hammer Titan adalah sekitar 15 meter. Dari bentuk fisiknya, Titan jenis ini tidak memiliki rambut atau bulu. Kulitnya pun menyatu di sekitar wilayah mata dan mulut. Salah satu ciri khas dari War Hammer Titan adalah Titan jenis ini mampu memperkeras bagian tubuhnya dan merubahnya menjadi berbagai senjata (lebih sering bentuk Hammer atau palu yang memanjang).

War Hammer Titan.Keunikan dari War Hammer Titan adalah pengguna kekuatannya tidak menyatu secara langsung di tubuh Titan ini. Pengguna dari Titan ini biasanya bersembunyi di suatu tempat dan mengendalikan Titannya dari jarak jauh. Meskipun begitu, mereka  dilindungi oleh sebuah kristal padat yang sangat kuat. Titan ini masih dimiliki oleh keluarga Tybur dan akan menjadi salah satu Titan penting dalam penyerangan kembali di Paradis.

Attack Titan

Attack Titan merupakan salah satu Titan terkuat, dengan tubuhnya yang kekar, berotot, dan serangannyapun sangat kuat. Attack Titan juga punya daya tahan yang sangat tangguh. Sesuai dengan namanya, Attack Titan mampu diandalkan untuk mengalahkan para musuh. Namun, sayangnya baik di manga ataupun di animenya belum diketahui banyak mengenai Titan ini.

Sama seperti namanya, Attack Titan merupakan jenis Titan yang tidak senang dengan keadamaian. Mereka selalu mencari cara agar bisa bertarung. Para fans banyak yang menduga bahwa Titan ini memiliki satu tujuan, yaitu kebebasan. Dari bentuk fisik, Attack Titan memiliki tinggi sekitar 15 meter. Struktur mukanya sendiri mirip dengan versi manusianya. Saat ini Eren Yaeger menjadi pemilik Titan ini setelah Grisha menyuntikan kekuatannya kepada sang anak.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.