Salah satu hal baru yang menarik di film Wonder Woman 1984 adalah kehadiran salah satu benda klasik yang sudah lama menjadi ciri khas dari Wonder Woman, yaitu Golden Eagle Armor. Armor berwarna emas ini pertama kali diperlihatkan dalam teaser singkat filmnya. Kehadiran Golden Armor ini benar-benar membuat para fans DC dan Wonder Woman bergembira.

Hal ini dikarenakan Golden Eagle Armor bukanlah sebuah benda biasa. Ada cerita menarik yang menjadi alasan mengapa kemudian armor ini menjadi andalan dari Wonder Woman. Dan juga ternyata ada perbedaan mencolok antara versi komik dan filmnya terkait dengan Golden Eagle Armor. Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diingatkan bahwa artikel ini akan penuh dengan spoiler dari film Wonder Woman 1984.

Buat Geeks yang belum menonton filmnya dan tidak ingin terkena spoiler, lebih baik Geeks berhenti dan pindah untuk membaca artikel lain. Namun, jika tidak ada masalah dengan adanya spoiler atau sudah menonton filmnya, maka dipersilahkan untuk melanjutkan membaca.

Golden Eagle Armor Versi Komik

Golden Eagle Armor pertama kali diperkenalkan pada era 1990an, ketika Diana bertarung melawan Superman dalam mini seri Elseworld: Kingdom Come. Meskipun pada awalnya cerita ini terjadi di universe alternatif, namun kemudian armor klasik ini dibawa ke DC canon ketika Wonder Woman menggunakannya untuk menghadapi ancaman kuat lainnya, termasuk Cheetah.

Diana Prince selalu menyimpan armor ini di Themyscira. Diana hanya menggunakan armor ini jika memang situasi sudah benar-benar berbahaya, atau jika memang armor ini memang sudah dibutuhkan. Golden Armor ini dibuat oleh seorang pembuat armor dari Amazon bernama Pallas. Pallas kemudian memberikan armor emas ini kepada Wonder Woman.

Yang menarik, ada beberapa varian dari armor ini yaitu Silver armor dan Bronze Armor. Kedua armor tersebut digunakan oleh Donna Troy dan Cassie Sandsmark. Karena dibuat dari material emas asli, seperti halnya baju pelindung pada umumnya, Golden Eagle Armor ini membuat Diana mampu terlindung dari berbagai ledakan, listrik, senjata api, ataupun serangan energi.

Bagian helmnya juga sangat canggih dimana ketika Diana harus menutup wajahnya (atau kepalanya), maka dia masih akan tetap bisa bernapas dengan adanya suplai udara. Karena hanya digunakan dalam momen genting atau momen tertentu, sejauh ini Golden Eagle Armor memang sangat jarang muncul di komiknya.

Golden Eagle Armor Versi Wonder Woman 1984

Ada sebuah perbedaan mencolok tentang Golden Eagle Armor untuk versi layar lebar. Seperti diperlihatkan di filmnya, armor Golden Eagle ini memiliki cerita yang berbeda. Dahulu, ketika bangsa Amazon masih diperbudak oleh manusia dan suku lainnya, mereka mencoba melawan dan kabur dari penderitaan tersebut. Mereka berperang dan menciptakan armor untuk melindungi mereka.

Namun, terdapat satu sosok Amazon pemberani yang rela mengorbankan nyawanya untuk melindungi para Amazon lain untuk kabur dari kejaran manusia yaitu Asteria. Dengan menggunakan seluruh material armor yang dikenakan para pejuang Amazon, dan menyatukannya, maka terciptalah sebuah armor yang sangat kuat untuk melindungi Asteria dari serangan apapun, selagi dia memberikan jalan kepada penduduk Amazon lainnya untuk kabur.

Wonder Woman 1984 new trailer: Gal Gadot's superhero takes on the Cheetah in this dazzling video | Entertainment News,The Indian ExpressAsteria sendiri kemudian dikenang oleh penduduk Amazon sebagai sosok pahlawan besar, bahkan dia diabadikan dalam sosok patung dan menjadi contoh bagi para prajurit Amazon lainnya. Armor milik Asteria sendiri kemudian ada di tangan Diana Prince, dan dibawa ke dunia manusia. Diana sudah sejak lama menyimpan armor tersebut untuk situasi yang berbahaya.

Menyadari bahwa kekuatan Cheetah sudah sangat luar biasa, Wonder Woman akhirnya membutuhkan armor ini untuk membantunya memenangkan pertarungan. Namun, yang luar biasanya adalah kekuatan dari Cheetah mampu merusak sebagian sayap dari Goden Eagle Armor ini. Meskipun begitu, armornya terbukti melindungi Diana dari berbagai serangan Cheetah, dan bahkan mampu melindungi Diana dari listrik, disaat Cheetah justru harus mengalami nasib mengerikan.

Yang sangat disayangkan memang kita tidak diperlihatkan potensi sepenuhnya dari Golden Eagle Armor ini. Pertarungan Cheetah dan Diana bisa dibilang tidak maksimal, dan hal ini tentunya membuang peluang filmya memperlihatkan kehebatan dari Golden Eagle Armor. Mungkin armornya bisa kembali muncul di film Wonder Woman 3 saat menghadapi musuh kuat lainnya.