Perang besar ninja keempat merupakan salah satu peristiwa besar dan bersejarah dalam seri Naruto. Perang besar ninja keempat ini bahkan menghasilkan empat arc berbeda. Ceritanya sendiri berfokus pada aliansi para shinobi dari berbagai desa ninja untuk menghadapi Akatsuki dan Kabuto Yakushi demi menghentikan usaha mereka untuk membangkitkan monster ekor sepuluh dan penggunaan Infinite Tsukuyomi.

Dalam pertempuran tersebut aliansi Shinobi memang berhasil menang, semuanya berkat kerja keras semua shinobi dan juga Uzumaki Naruto serta Uchiha Sasuke. Tapi, dibalik kemenangan tersebut ada banyak nyawa para shinobi yang harus hilang. Beberapa diantaranya bahkan merupakan karakter utama dalam cerita. Lalu, siapa saja karakter yang tewas dalam peristiwa tersebut?

Kussaku: Terbunuh Oleh Tailed Beast Bomb

Nama Kussaku mungkin memang tidak terlalu familiar di kalangan para fans, tapi dia adalah salah satu ninja sensor terhebat di desa Kirigakure. Kussaku pertama kali diperkenalkan dalam peristiwa besar ini dan kemudian dengan cepat menjadikan dirinya menjadi salah satu sosok penting di divisi sensor. Kussaku sendiri adalah seorang ninja yang sangat terlatih dalam hal pelepasan air.

Meskipun begitu, kemampuannya pada ninjutsu sensor adalah kelebihannya. Dibawah pengawasan Ao, Kussaku menjadi salah satu sosok penting dalam kemenangan aliansi shinobi. Sayangnya, Kussaku harus tewas oleh jyuubi melalui jurus Tailed Beast Bomb.

Mabui: Terbunuh Oleh Serangan Jyuubi di Markas Aliansi

Salah satu ninja yang paling penting dari desa Kumogakure, Mabui adalah asisten dari Raikage keempat, Ay. Dia diketahui sangat mahir dalam berbagai seni pertarungan ninja, tapi alasan mengapa Mabui bisa menjadi asisten bagi Raikage keempat adalah karena kemampuannya untuk menggunakan Heavenly Transfer Technique, yang membuatnya mampu memindahkan apapun dalam jarak jauh dengan kecepatan cahaya.

Mabui merupakan sosok yang vital dalam peperangan tersebut, karena dia adalah orang yang mengantarkan para Kage ke lokasi pertempuran untuk bertarung melawan Madara Uchiha. Sayangnya, Mabui tidak diberi kesempatan lagi untuk menjadi sosok penting di perang tersebut ketika Jyuubi menyerang markas aliansi Shinobi dan menghentikan bantuan dari markas pusat.

Ao: Terbunuh Oleh Jyuubi Namun Kembali Muncul di Manga Boruto

Salah satu ninja sensor terbaik adalah Ao. Ao merupakan shinobi yang sangat kuat dan luar biasa dari desa Kirigakure, yang bekerja dibawah kekuasaan Mizukage kelima, Mei Terumi, yang juga ikut terlibat dalam perang besar Shinobi keempat. Dengan kekuatan Byakugan miliknya, Ao adalah aset yang berharga bagi kekuatan aliansi Shinobi. Dia juga merupakan pemimpin dari divisi sensor.

Sama seperti Mabui, dia menjadi salah satu target dari Jyuubi ketika monster tersebut menyerang markas utama dari aliansi Shinobi dan banyak yang menyangka bahwa Ao tewas dalam pertempuran. Kematian Ao begitu disayangkan oleh banyak Shinobi, namun uniknya Ao justru kembali muncul di manga Boruto sebagai seorang villain.

Obito Uchiha: Menyerahkan Nyawanya untuk Melindungi Naruto

Obito Uchiha diasumsikan sudah tewas saat ikut berperang dalam perang ninja ketiga, namun, dia sebenarnya berhasil diselamatkan oleh Madara Uchiha. Obito sebenarnya adalah orang yang menjadi pemicu utama dari dimulainya perang besar Shinobi keempat dan juga dia juga dalang dibalik rencana untuk membuat dunia menjadi tempat yang mengerikan.

Namun, di akhir cerita Obito menyadari kesalahannya setelah Naruto berbicara banyak kepada Obito. Naruto membuat Obito sadar bahwa apa yang dia lakukan adalah salah dan motivasi tersebut tidak bisa dibenarkan. Pada akhirnya, Obito menyerahkan nyawanya demi melindungi Naruto Uzumaki. Obito juga ikut bertarung menghadapi Madara Uchiha dan Kaguya Otsutsuki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.