Memiliki Anak Perempuan dan Cucu

Sama seperti Aang, Zuko juga pada akhirnya memutuskan untuk berkeluarga. Sayangnya, kita masih belum tahu siapa wanita yang dinikahi oleh Zuko. Namun, dia memiliki seorang anak perempuan yang menjadi pemimpin negara api selanjutnya, Izumi. Izumi kemudian menikah dan memiliki seorang anak yang kemudian diberi nama Iroh. Iroh kemudian bergabung dengan tentara United Republic dan menjadi jendral. Dengan kemiripan yang melekat dari sosok Zuko, Izumia banyak membantu Korra, dan bahkan ikut bertarung melawan ancaman yang ada.

Menghentikan Penculikan Korra Oleh Kelompok Red Lotus

Setahun setelah status Korra sebagai Avatar akhirnya diumumkan ke depan public, Zaheer dan kelompoknya kemudian memulai rencana untuk menculik Korra. Cara yang digunakan adalah dengan mengajaknya bergabung dibawah kelompok Red Lotus. Zaheer dan kelompoknya memiliki tujuan untuk mengambil alih Vaatu dan membuat sebuah dunia yang penuh dengan arwah jahat, dan berbagai rencana mengerikan lainnya.

Meskipun mereka memiliki kekuatan dahsyat, tapi berkat bantuan dari Tonraq, Tenzin, Sokka, dan Zuko, Korra berhasil diselamatkan. Zuko juga membantu memenjarakan seornag pengendali api jahat bernama P’li. Belajar dari kesalahan sebelumnya, Zuko memenjarakan P’li di sebuah penjara yang sangat dingin untuk bisa mengurangi kekuatannya.

Menghadapi Para Pembunuh

Menjadi raja api baru, Zuko mencoba untuk memberikan banyak perubahan terhadap berbagai hal yang terjadi di kerajaan api. Karena sudah dianggap menjadi kebiasaan, perubahan yang dilakukan oleh Zuko nyatanya tidak disenangi oleh sebagian pihak. Banyak ancaman kemudian muncul, yang mengincar nyawanya. Contohnya adalah kelompok Kemurikage yang dipimpin oleh Azula.

Di tahun pertamanya menjadi raja api, setidaknya ada lima rencana pembunuhan yang berhasil digagalkan oleh Zuko. Selain dari kelompok Azula, kelompok lainnya yang merupakan pendukung raja Ozai, bahkan ayah dari Mai, Ukano, juga melakukan upa pembunuhan terhadap Zuko. Meskipun begitu, Zuko masih mampu bertahan. Selain itu, Zuko juga menjadi pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya.

Putus Hubungan Dengan Mai

Zuko dan Mai memiliki banyak momen-momen spesial dalam seri The Last Airbender. Yang paling menyentuh adalah ketika Mai mengaku bahwa rasa cintanya terhadap Zuko lebih besar dari rasa takutnya terhadap Azula. Mai pun rela mengorbankan semua kenyamanan dan keamanannya demi Zuko. Mai rela melakukan apapun dan mengorbankan apapun demi Zuko.

Sayangnya, dalam komik Smoke and Shadow, berbagai rencana untuk membuat Zuko terbunuh dan menggulingkan kekuasaanya membuat Zuko menjadi paranoid. Dia merahasiakan apapun dari Mai, dan tidak percaya kepada siapapun. Tidak tahan dengan konsisi ini, Mai memutuskan pergi dan menjalin hubungan dengan pria lain. Meskipun begitu, Mai sendiri masih sangat mencintai Zuko dan apa yang dia lakukan adalah untuk melindungi Zuko.

Melawan Pendukung Era Baru Ozai dan Kelompok Lainnya

Dalam Smoke and Shadow, Zuko pada akhirnya bertarung melawan kelompok New Ozai Society, kelompok separatis yang dipimpin oleh Azula. Kelompok ini dengan sengaja menebarkan terror di negara api, dan mereka hampir saja berhasil mengambil alih kerajaan tersebut. Azula berhasil mempengaruhi ayah dari Mai untuk mengkhianati Zuko, dan menggiringnya untuk ikut bertarung melawan Zuko.

Dengan banyaknya masalah yang terjadi ketika Zuko berkuasa – yang diakibatkan oleh kelompok Azula – otomatis New Ozai Society mendapatkan banyak dukungan. Meskipun begitu, Zuko yang dibantu oleh Aang dan yang lain akhirnya berhasil mengalahkan kelompok tersebut dan mempertahankan kekuasaan Zuko sebagai raja api.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.