Tentunya kalian ingat salah satu momen ikonik dalam film Avengers: Endgame, di mana Tony Stark menggunakan Infinity Stone untuk mengalahkan pasukan Thanos. Itu adalah momen ikonik dan emosional di MCU. Namun tahukah kalian bahwa momen Iron Man yang menggunakan Infinity Stones berbeda dengan buku komik?

Dalam komik Avengers Vol. 4 # 7-12 garapan penulis Brian Michael Bendis dan John Romita, kita diperlihatkan saat tim Avengers mengetahui bahwa ada seseorang di luar sana yang mengumpulkan Infinity Stones (disebut Infinity Gems di komik). Tanpa sepengetahui sebagian besar pahlawan super di Bumi, Infinity Stones telah berada di Bumi selama beberapa waktu. Infinity Stones sendiri dikumpulkan oleh Illuminati, kelompok rahasia yang terdiri dari pahlawan super yang memantau dan melindungi Bumi dari ancaman besar. Anggota dari Illuminati sendiri adalah Mister Fantastic, Iron Man, Profesor X, Doctor Strange, Black Bolt, dan Namor.

Setelah gagal menghancurkan Infinity Stones, Illuminati memutuskan untuk memisahkan keenam batu tersebut. Masing-masing dari batu tersebut dipisahkan dan diberikan kepada 6 anggota Illuminati untuk disimpan dan dijaga. Namun, pada akhirnya batu yang disembunyikan oleh Black Bolt diketahui oleh Parker Robbins, seorang villain yang dikenal bernama the Hood.

Saat berusaha memulihkan kekuatannya yang hilang, Robbins menggunakan uang dan koneksinya untuk memperoleh dua Infinity Stones lainnya. Karena ulah Robins, keberadaan Illuminati akhirnya terungkap kepada publik, dan para superhero lainnya. Hal tersebut memicu adanya pertengkaran antara Iron Man dan Captain America. Captain America sendiri saat itu bertindak sebagai direktur SHIELD, dan ia merasa sudah dikhianati oleh Iron Man dengan adanya kelompok Illuminati. Menurut Captain America, setelah the Hood berhasil dihentikan, Iron Man akan dikeluarkan dari Avengers.

Terlepas dari upaya terbaik mereka, Avengers pada akhirnya tidak dapat menghentikan the Hood untuk memperoleh semua Infinity Stones. Pada akhirnya, the Hood menjadi manusia pertama yang memiliki Infinity Stones. Sayangnya bagi Parker Robbins, dia bukan manusia pertama yang menggunakannya karena Avengers berhasil merebutnya, dan saat itu Infinity Stones dipegang oleh Iron Man. The Hood kemudian menyebut para pahlawan yang berkumpul sebagai munafik, dan ia menantang Iron Man.

Namun dengan Infinity Stones yang Iron Man pegang, Iron Man kemudian menggunakan Infinity Stones untuk mengirim Parker Robbins kembali ke penjara di Raft. Kemudian Iron Man juga menggunakan kekuatan Infinity Stones untuk membayar kesalahannya, di mana Iron Man menghilangkan seluruh Infinity Stones, agar kejadian yang sama tidak terulang kembali. Dua tindakan yang dilakukan Iron Man tersebut dilakukan di depan mata semua superhero, termasuk Steve. Berkat tindakannya, Iron Man tidak jadi dikeluarkan dari Avengers.

Sayangnya tindakan yang dilakukan Tony hanyalah akting. Illuminati kemudian bertemu lagi dan membagi Infinity Stones kepada masing-masing anggota. Namun kali ini, banyak hal yang berubah, karena Steve Rogers menjadi bagian dari Illuminati. Steve Rogers setuju dan menyarankan agar mereka menyembunyikan Infinity Stones ditempat yang lebih baik. Melihat cerita dalam komiknya, maka tentu aksi Iron Man di MCU jauh lebih heroik dibanding dengan buku komik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/