Dalam sebuah sesi wawancara, kreator serial One Piece, Eiichiro Oda, mengungkapkan siapa karakter favoritnya. Meskipun ia adalah penggemar Luffy dan sebagian besar kru Topi Jerami, tetapi yang paling Oda favoritkan bukanlah mereka. Oda mengungkapkan bahwa karakter favoritnya di One Piece adalah sosok yang jarang muncul, yaitu Gaimon.

“Saya suka Luffy. Tapi karakter yang paling saya suka adalah Gaimon. Sulit untuk memikirkan siapa karakter yang lebih baik darinya. Ia hanya seorang pria yang terjebak dalam kotak harta karun selama 20 tahun.” Ungkap Oda.

Gaimon adalah mantan bajak laut yang sekarang tinggal di Island of Rare Animals. Dalam manga, Gaimon melakukan debut dengan cara sederhana di antara arc Orange Town dan arc Syrup Village. Saat itu, Luffy dan Nami menjadi satu-satunya anggota Topi Jerami yang Gaimon temui. Saat itu, Zoro terlalu lelah berperang sehingga ia memutuskan beristirahat dan tidak bertemu Gaimon.

Sementara itu anime One Piece memperlihatkan debut Gaimon diantara arc Syrup Village dan arc Baratie, di mana kala itu Gaimon bertemu dengan Zoro dan Usopp. Sebagai seorang pemuda, Gaimon adalah bajak laut yang cukup serakah. Namun seiring berjalannya waktu, keserakahannya mulai terkikis (meski tidak pernah sepenuhnya terhapus), karena Gaimon mulai merasa sendiri di pulau Island of Rare. Oleh karena itu ia mulai menghargai kedamaian dan persahabatan, di mana hal itu lebih besar nilainya dari apapun.

Meskipun Gaimon awalnya mencoba menyerang bajak laut Topi Jerami, tetapi Gaimon akhirnya berteman dengan bajak laut Topi Jerami setelah ia memberi tahu tentang masa lalunya. Bajak laut Topi Jerami pun kemudian mencoba membantu Gaimon untuk mendapatkan peti harta karun yang dia inginkan. Luffy pun pernah menawari Gaimon bergabung dengan Topi Jerami, tetapi Gaimon menolaknya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/