Dengan diperkenalkannya klan Otsutsuki menjelang akhir series Naruto, ada banyak kemungkinan baru yang bisa terjadi dimana series sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, sejauh ini sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah tanda yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di series Boruto, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Dan baru-baru ini, sebagian besar misteri dari karma diungkapkan kepada para fans. Lalu, apa sebenarnya Karma dan apa sebenarnya yang diberikan Karma kepada penggunanya?

Apa Itu Karma

Karma adalah sebuah kekuatan yang bisa digunakan oleh anggota klan Otsutsuki. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari Otsutsuki. Segel tersebut mengandung data biologis dari sosok Otsutsuki tersebut, dan bertindak sebagai “data cadangan” jika suatu saat mereka terluka parah atau tewas dalam pertempuran.

Biasanya, seorang Otsutsuki sudah menentukan pilihannya untuk siapapun yang kemudian akan menjadi wadahnya atau akan diberikan kemampuan Karma. Namun, dalam kasus tertentu seperti Isshiki Otsutsuki, seperti yang dijelaskan Amado, Isshiki melakukannya dengan sangat terpaksa kepada Jigen karena dialah satu-satunya orang saat itu yang melintas di depannya. Kondisi Isshiki sendiri dalam keadaan sekarat.

Bagaimana Karma Berada Dalam Tubuh seseorang

Untuk bisa memberikan seseorang sebuah segel Karma, kontak fisik tentunya sangat diperlukan. Boruto Uzumaki mendapatkan kekuatan Karma setelah Momoshiki menangkapnya dan kemudian data biologis miliknya “ditulis” di telapak tangan Boruto sebelum kemudian Momoshiki tewas. Sementara, untuk Isshiki pada saat itu dia sedang berada dalam kondisi sekarat setelah dia diserang oleh Kaguya.

Seorang biksu bernama Jigen kemudian tidak sengaja melewati area pertarungan, dan di waktu yang sama Isshiki kemudian menggunakan jurus mengecil yang mejadi andalannya. Isshiki kemudian masuk melalui telinga Jigen dan masuk ke bagian otaknya. Untuk waktu yang lama Isshiki kemudian tinggal di dalam tubuh Jigen, sampai kemudian Isshiki benar-benar mengambil alih tubuhnya.

Bagaimana Karma Bekerja

Kekuatan Karma memberikan kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat, kepada orang yang sudah terhubung dengan kekuatan ini. Tapi, pada akhirnya, perlahan namun pasti jika segel Karma tersebut terlalu lama menyatu dengan wadahnya maka tubuh orang tersebut akan kehilangan kendali tubuhnya dan akan menjadi sepenuhnya milik Otsutsuki tersebut dan sosoknya pun akan menjadi sosok yang sempurna.

Namun, seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya ketika Isshiki akhirnya menggunakan Karma yang ada di tubuh Kawaki, jika kemudian seorang Otsutsuki menggunakan segel Karma yang sudah lama dia “simpan” di tubuh seseorang maka, segel Karma di tubuh orang tersebut akan hilang.

Kekuatannya: Penyerapan Ninjutsu

Meskipun Karma adalah kemampuan yang sangat berbahaya bagi penggunanya, kekuatan ini juga mampu memberikan sesuatu yang dahsyat yang bisa digunakan ketika diperlukan. Salah satu kemampuan paling dasar dari Karma adalah penyerapan teknik ninjutsu berbasis kekuatan chakra. Namun, ada beberapa pengecualian yang tidak bisa diserap oleh Karma, misalnya kemampuan lain yang berasal dari elemen yang asli.

Saat pertarungan melawan Isshiki, Kashin Koji sempat mengeluarkan kemampuan api miliknya, namun kemampuan tersebut terbukti ampuh menghadapi Isshiki karena api yang dikeluarkan berasal dari api asli dan bukan jutsu.

Kekuatannya: Terbang

Semua anggota klan Otsutsuki dipastikan memiliki kemampuan untuk terbang, jadi sudah menjadi hal yang alamiah jika kemudian para pengguna Karma memiliki kemampuan untuk terbang. Meskipun mereka tidak bisa terbang dalam tahap dasar kekuatan Karma, namun ketika mereka mengaktifkan tahap kedua kekuatannya maka mereka akan mendapatkan kemampuan untuk terbang.

Boruto sendiri pernah memperlihatkan kemampuannya ini saat pertarungan melawan Boro, dimana Momoshiki mengambil alih kendali dari tubuh Boruto dan akhirnya berhasil mengalahkan salah satu anggota Kara tersebut dalam waktu singkat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2