Kekuatannya: Mencuri Chakra

Kemampuan ini sebenarnya sama dengan kemampuan Rinnegan, dimana Karma akan membuat penggunanya mampu mencuri/mengambil chakra secara langsung dari tubuh orang lain. Kekuatan ini baru diperlihatkan sekali sejauh ini di seriesnya dan pada saat itu digunakan oleh Boruto untuk meminjam chakra milik Naruto demi mengalahkan Boro.

Kekuatan ini juga sangat berguna sebagai pengganti chakra yang hilang dari si penggunanya, dan selain itu di sisi lain kemampuan ini bisa menguras chakra musuh. Inilah salah satu kemampuan dari Karma yang membuat kekuatan ini menjadi sangat ditakuti.

Kekuatannya: Tongkat Chakra

Semua anggota dari klan Otsutsuki selain bisa menggunakan kekuatannya untuk terbang, juga bisa mengeluarkan sebuah tongkat chakra berwarna hitam yang bisa digunakan untuk menyerang bagian vital dari targetnya. Tujuannya adalah menghentikan pergerakan mereka, dan kemudian mengacaukan aliran chakra sang musuh.

Baik Momoshiki Otsutsuki dan Isshiki Otsutsuki sudah pernah memperlihatkan kemampuan ini. Karena kekuatan Karma bisa memberikan semua kekuatan klan Otsutsuki kepada mereka yang menjadi wadah para klan ini, artinya Boruto dan mereka yang memiliki segel ini juga mampu menggunakan atau mempraktikan kekuatan ini.

Kekuatannya: Ninjutsu Ruang dan Waktu

Kekuatan dahsyat lainnya dari Karma adalah membuat penggunanya untuk bisa melakukan semacam ninjutsu ruang dan waktu, dan mampu melewati apapun. Jigen sendiri memiliki akses untuk bisa pergi ke berbagai dimensi ketika dia menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Boruto sendiri dalam chapter terbaru kemarin, berhasil mempraktikan hal ini dengan membuka sebuah portal yang membawa Isshiki menjauh dari Konoha.

Banyak yang menduga bahwa kekuatan Boruto saat ini masih sangat lemah, dan apa yang dia praktikan kemarin sebenarnya ada kaitannya dengan “gesekan” antara kekuatan milik Momoshiki dan kekuatan milik Isshiki.

Kekuatannya: Kemampuan Level Otsutsuki

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Karma secara perlahan akan “mengkonsumsi” tubuh dari wadahnya dan kemudian merubah mereka menjadi sosok Otsutsuki tersebut. Ketika identitas mereka perlahan mulai mengambil alih tubuh si wadah, kekuatan mereka juga akan meningkat secara drastis. Singkatnya, mereka yang memiliki segel Karma maka akan memiliki kekuatan Otsutsuki. Ketika Boruto tidak mampu menghadapi Boro dan merelakan tubuhnya diambil alih oleh Momoshiki, maka peningkatan kekuatan terasa jelas.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.