Perang Mandalorian dan Jedi sempat disebutkan dalam trailer serial Mandalorian musim kedua. Perang tersebut terjadi ribuan tahun sebelum apa yang terjadi dalam franchise Star Wars utama, dan karena perang itulah yang membuat ras Mandalorian membenci Jedi. Perang Mandalorian sendiri pertama kali diperkenalkan dalam video game Star Wars: Knights of the Old Republic. Perang Mandalorian tersebut juga menghadirkan beberapa karakter besar seperti Revan dan Malak, yang awalnya seorang Jedi, namun kemudian menjadi Sith.

Pada saat itu, ras Mandalorian melancarkan perang besar-besaran melawan Republic, dan Mandalorian berusaha untuk menjadikan rasnya sebagai penguasa galaksi. Para tentara Mandalorian pada kala itu tidak tertandingi dan dapat menyerang wilayah Republic dan menghancurkan kota-kota yang tak terhitung jumlahnya. Republic tidak cukup kuat untuk mengalahkan Mandalorian, dan kala itu, Jedi tidak diizinkan untuk bertarung, sampai akhirnya Revan dan Malak membentuk pasukan Jedi mereka sendiri.

Revan dan Malak ikut bergabung dalam pertarungan melawan Mandalorian dan memukul mundur mundur mereka kembali, sampai adanya konfrontasi terakhir di Malachor V. Revan kemudian berhasil membunuh petinggi Mandalorian di planet itu, dan ia mengakhiri perang Mandalorian melawan Jedi. Namun sayangnya, sebagian besar cerita tersebut terjadi sebelum akuisisi Lucasfilm oleh Disney. Dalam kanon Star Wars yang baru, perang Mandalorian diceritakan sedikit berbeda, di mana perang Mandalorian dan Jedi terjadi karena Mandalore Agung menantang Jedi dan Republic.

Perangnya sendiri berakhir di planet asal Mandalorian yaitu planet Mandalore, dengan sebagian besar permukaan planet tersebut hancur akibat konflik. Sejauh ini, hanya segelintir peristiwa dari versi Star Wars lama (sebelum akuisisi Lucasfilm oleh Disney) yang kembali di bawa ke cerita utama Star Wars. Beberapa peristiwa besar yang terjadi di perang Mandalorian dan Jedi adalah Perang Salib dan penghancuran Ubduria.

Sebagian besar dari cerita-cerita itu diangkat di Clone Wars season 2, tetapi dengan serial tersebut yang telah berakhir, maka kini cerita tersebut diteruskan di serial Mandalorian. Trailer Mandalorian musim kedua sendiri menggunakan dialog dari akhir musim pertama, di mana Armorer memberi tahu Din Djarin tentang perang kuno dari bangsa Mandalorian dengan Jedi. Sejarah perang tersebut tampaknya akan menjadi fokus utama dari cerita musim kedua.