Ketika berbicara mengenai One Piece, sang kreator dari seriesnya tau bagaimana untuk bisa bermain-main dengan cerita dan juga Eiichiro Oda selalu membuat para fans penasaran dengan berbagai cliffhanger atau cerita menggantung di setiap akhir ceritanya, dan Oda Sensei sudah melakukannya selama lebih dari dua dekade ini.

Tujuan utamanya tentunya untuk memberikan kejutan kepada para fans, dan hal inilah salah satu alasan yang membuat One Piece banyak disukai dan masih bertahan sampai saat ini. Tapi, selain cerita, Oda Sensei juga melakukan hal yang sama terhadap berbagai cerita para karakter yang terlibat serta para villainnya. Oda selalu menyembunyikan kemampuan para karakter sampai momen yang tepat untuk menunjukannya.

Zoro adalah salah satu karakter yang saat ini menjadi sorotan para fans. Dikenal sebagai sosok kru Topi Jerami terkuat kedua setelah Luffy, setelah tiba di Onigashima nampaknya Zoro masih belum mengeluarkan kemampuannya 100%. Hal inilah yang disadari oleh para fans, di chapter 989 kemarin. Ada sebuah detail yang mungkin luput dari perhatian kita, tentang Zoro di chapter tersebut.

Di akhir chapter 989, kita pada akhirnya “kembali” melihat kru Topi Jerami berkumpul bersama bersiap untuk menghadapi Kaido dan Big Mom. Tapi, salah seorang fan ternyata berhasil melihat ada “sesuatu” dari sosok Zoro. Dalam situs Reddit seorang fan menjelaskan bahwa Zoro selama ini ternyata menyembunyikan kemampuannya, alias sejak di Wano dan sampai chapter 989 kemarin Zoro masih belum mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Hal ini diketahui dari posisi sarung pedang/posisi pedang milik Zoro. Seorang Samurai memiliki sebuah aturan atau semangat yang disebut sebagai ‘Bushido’. Dalam aturannya, seorang samurai harus menyelipkan/menyimpan pedang mereka di bagian pinggang kiri, terlepas dari bagian tangan mana yang menjadi dominan. Posisi pedang di bagian kiri bisa diartikan sang samurai siap bertarung kapanpun, dan dimanapun.

Lain halnya jika posisi pedangnya di bagian kanan, yang artinya sang samurai memang sedang tidak ingin bertarung. Oda Sensei selama ini selalu menggambarkan pedang Zoro berada di sebelah kanan yang artinya – secara tidak langsung – bisa jadi sengaja menyembunyikan kemampuan sebenarnya dari Zoro, sampai waktunya tiba. Dan waktu yang pas tersebut ada di chapter 989 saat dia bersiap menghadapi kedua Yonko. Dalam detail di akhir chapter 989, posisi pedang Zoro berubah ke bagian kiri.

Menghadapi seorang Yonko, seorang bajak laut tentunya memang sudah harus mengeluarkan seluruh kemampuannya. Karena, hanya ada dua pilihan yang bisa dipilih di New World. Bergabung dengan Yonko atau justru mengalahkan Yonko tersebut. Menarik tentunya untuk melihat kemampuan sebenarnya dari Zoro pasca dua tahun berlatih bersama Mihawk. Dan yang berbeda tentunya adalah Zoro kini memiliki salah satu pedang Kozuki Oden, Enma. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana aksi dari Zoro dalam menghadapi Kaido dan Big Mom!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.