Konoha adalah salah satu desa terkuat di Naruto. Desa tersebut berada dibawah kepemimpinan Hokage. Peran hokage sangat sulit dan hanya orang terkuat saja yang bisa menjadi Hokage. Menjadi Hokage berarti melindungi desa dari tiap ancaman, baik itu ancaman dari luar maupun dalam.

Sejauh ini, ada total tujuh Hokage yang pernah ada. Hokage pertama adalah Hashirama Senju, yang merupakan salah satu shinobi terkuat pada masanya. Sementara saat ini, gelar Hokage masih dipegang oleh Naruto. Baik Naruto dan Hashirama adalah karakter yang memiliki banyak penggemar, dan selalu muncul perdebatan tentang siapa Hokage terbaik diantara keduanya. Namun diantara keduanya, mungkin Hashirama menjadi sosok Hokage terbaik. Berikut adalah alasan mengapa Hashirama layak menjadi Hokage yang lebih baik dari Naruto.

Pendiri Desa Konoha

Hashirama adalah sosok pendiri dari desa Konoha. Dia mendirikan Konoha bersama dengan sahabatnya yaitu Madara Uchiha. Walau Hashirama adalah sosok pendiri desa Konoha, namun nama Konoha diberikan langsung oleh Madara. Desa Konoha seharusnya menjadi “surga” bagi sesama anggota klan mereka. Dikatakan bahwa Hashirama menciptakan desa Konoha dengan bantuan pengendalian elemen kayu miliknya. Tentu saja peran Hashirama dalam terbentuknya Konoha sangatlah penting.

Mentor Yang Baik

Semasa hidupnya, Hashirama senju selalu digembar-gemborkan sebagai “Dewa Shinobi”. Dia adalah Kage terkuat di generasinya. Tapi walau menjadi yang terkuat, Hashirama tidak pernah sombong ataupun lupa diri. Hashirama berhasil melatih generasi ninja baru, termasuk Hiruzen Sarutobi. Hiruzen belajar banyak dari Hashirama untuk menjadi seorang ninja hebat, dan Hiruzen juga menjadi orang yang sangat percaya Will of Fire karena pengaruh Hashirama.

Dapat Menjalin Kerjasama yang Baik

Seperti yang disebutkan diatas, menciptakan desa Konoha bukanlah tugas mudah, tetapi Hashirama Senju berhasil melakukannya. Ketika desa ninja lain mulai bermunculan, Hashirama mencoba menjalin hubungan atau kerja sama yang baik dengan mereka. Karena Hashirama memiliki kemampuan pengendalian elemen kayu, Hashirama berhasil menjinakan tailed beasts. Begitu dia mendapatkan tailed beasts berkat kekuatan pengendaliannya, Hashirama menawarkannya ke desa lain. Sikap ini sangat dihargai oleh desa lain dan membantu mempererat hubungan mereka.

Menjadi Tokoh Panutan

Ketika Hashirama menciptakan desa Konoha, semua orang ingin mengikuti langkah yang dilakukan Hashirama. Orang-orang pun mulai menirukan langkah yang dilakukan Hashirama dengan menciptakan desa lain yang mirip Konoha, seperti desa Iwagakure, Amegakure, dan Kirigakure. Tanpa Hashirama yang menjadi tokoh panutan, desa-desa lain mungkin tidak akan pernah ada, yang membuat Hashirama menjadi bagian penting dari sejarah mereka.

Will of Fire

Penduduk Konoha menganut keyakinan Will of Fire. Will of Fire menyatakan bahwa cinta adalah jalan menuju kedamaian. Asura otsutsiki lah yang mengedepankan keyakinan ini untuk pertama kalinya. Kemudian ini menjadi filosofi hidup Hashirama Senju dan seluruh klannya. Keyakinan ini kemudian yang diadopsi oleh hampir semua penduduk desa. Walau Hashirama telah tiada, namun berkat campur tangan Hashirama, sekarang penduduk desa Konoha masih berpegang teguh pada keyakinan tersebut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/