Dalam chapter 989 kemarin, Big Mom mengungkapkan bahwa the Numbers berasal dari wilayah Punk Hazard dan mereka adalah hasil uji coba yang gagal, untuk menciptakan ulang ras raksasa kuno. Jika kemudian the Numbers adalah sebuah uji coba untuk menciptakan ulang raksasa kuno yang di kerjakan oleh Caesar untuk Kaido, maka dia perlu mempelajari dasarnya.

Di Punk Hazard sendiri, terdapat sesosok raksasa yang membeku di dalam sebuah es berukuran tebal (mirip dengan Oars), beberapa diantaranya memiliki tanduk dan memiliki struktur tubuh yang sesuai dengan deskripsi Ancient Giants atau raksasa kuno. Pertanyaanya kemudian bagaimana jadinya jika Punk Hazard dulunya merupakan rumah bagi ras raksasa kuno?

Hal menarik dalam fakta ini adalah di Punk Hazard dulunya merupakan sebuah fasilitas penelitian angkatan laut, yang kemudian ditinggalkan. Hal ini memunculkan pertanyaan, untuk apa pihak angkatan laut melakukan penelitian terhadap raksasa kuno? Disebutkan di chapter yang lalu bahwa angkatan laut ingin menciptakan pasukan raksasa dari manusia normal, jadi mengapa tidak dengan suku raksasa kuno juga?

Bisa dibayangkan seperti apa kekuatan yang akan dimiliki oleh angkatan laut jika kemudian proyek suku raksasa ini benar-benar tewujud. Selain kekuatan dan daya tahan mereka yang sangat dahsyat, bukan tidak mungkin jika kemudian mereka memberikan kekuatan buah iblis kepada para raksasa ini. Satu serangan saja rasanya cukup untuk menghancurkan sebuah pulau. Lalu, apakah ini menjadi jawaban dari angkatan laut terhadap senjata kuno?

Jika kemudian kemampuan dan kekuatan dari pasukan raksasa bentukan angkatan laut ini memang benar setara dengan kemampuan senjata kuno, maka tentunya Pemerintah Dunia dan angkatan laut sudah tidak lagi memerlukan kekuatan dan jasa dari para Shichibukai. Dalam time-skip selama dua tahun, Vegapunk berhasil menyelesaikan penelitiannya. Meskipun proyek tersebut bukanlah penelitian tentang suku raksasa kuno, tapi kemungkinan masih tetap ada.

Bagaimana jika kemudian pihak angkatan laut tidak membuat pasukan raksasa kuno, melainkan kloning dari Oars Jr? Vinsmoke Judge sendiri sudah berhasil melakukan riset yang ada kaitannya dengan Bloodline Elements atau elemen-elemen keturunan. Vegapunk adalah seorang ilmuwan jenius di One Piece, tentunya dia juga tentu akan bisa melakukan hal yang sama dengan Judge atas perintah dari Pemerintah Dunia. sepasukan dari suku raksasa kuno tentunya akan sangat mengerikan dibandingkan dengan hanya satu tentara super dari raksasa kuno.

Lalu, kapan para pasukan raksasa ini akan turun dalam pertempuran? Dengan asumsi bahwa Vegapunk masih dalam masa penelitian, mungkin para pasukan raksasa kuno ini masih belum akan terjadi dalam waktu dekat. Bisa jadi, mereka adalah lawan yang akan dihadapai oleh Luffy dan kru Topi Jerami beserta aliansi mereka sebelum kemudian mereka bisa menghadapi Pemerintah Dunia.

Perang dengan skala yang jauh lebih besar lagi tentunya akan terjadi di akhir cerita One Piece, perang yang akan menjadi akhir cerita Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Untuk bisa menghentikan Luffy dan aliansinya mereka perlu cara, dan menciptakan pasukan raksasa kuno ini bisa menjadi salah satu caranya untuk mencegah kemenangan Luffy.

Pada intinya, menarik untuk disimak mengenai apa yang diungkapkan oleh Big Mom bahwa the Numbers adalah penelitian yang gagal. Tentunya kita menjadi penasaran, seperti apa bentuk atau sosok pasukan monster raksasa kuno yang memang dianggap berhasil. Apakah mereka akan memiliki kemampuan buah iblis? Apakah akan memiliki Haki? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.