Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh pihak angkatan laut, Rocks D. Xebec adalah bajak laut yang sangat luar biasa. Dia adalah bajak laut yang sangat kuat dan juga dikenal sangat kejam. Bukti kekuatan Rocks adalah butuh dua orang hebat, Garp dan Roger, untuk bisa mengalahkannya. Rocks mungkin memang adalah sosok monster yang mengerikan, bajak laut yang dahsyat. Tapi, mungkin, yang membuatnya lebih berbahaya lagi adalah pengetahuan yang dia miliki tentang sesuatu.

Salah satu contohnya adalah dia mengetahui dengan rahasia dunia ini, sesuatu yang dianggap tabu oleh banyak orang. Kabarnya Rocks memiliki berbagai informasi yang sangat dilarang oleh Pemerintah Dunia. Dan hal yang dimaksud kemungkinan besar adalah Poneglyph. Rocks mungkin sudah mengetahui apa arti dari sebagian Poneglyph, sedikit kurangnya membuat dia mengetahui tentang apa rahasia besar dunia yang selama ini disembunyikan.  Karena Poneglyph tersebut dia kemungkinan mengetahui “dewa” atau “raja” yang ada di bumi, yaitu para kaum naga langit. Dia berencana untuk menghancurkan kaum naga langit – secara spesifik, Im Sama – dan kemudian menggeser posisinya. Menjadi kru bajak laut Rocks, bisa jadi adalah alasan utama Kaido dan Big Mom mengetahui tentang Road Poneglyph dan pentingnya benda tersebut.

Berbicara mengenai Rocks tentunya tidak lepas dari peristiwa bersejarah yang terjadi 38 tahun yang lalu, yaitu insiden God Valley. Menurut penuturan Sengoku, Rocks sengaja datang ke pulau tersebut untuk menghancurkan para kaum naga langit yang berkumpul atau ada di pulau tersebut. Dan pasca kejadian tersebut, God Valley pun kemudian dihapus dari sejarah. Namun, ada kemungkinan jika sebenarnya God Valley memang sudah lama disembunyikan bahkan sebelum ada insiden bersejarah tersebut.

Pulau God Valley baru kemudian dihancurkan pasca insiden itu. Mengapa mereka melakukan hal itu? Selain untuk menutupi jejak Rocks, kemungkinan di pulau itu ada telur naga terakhir. Jadi, rasanya masuk akal jika kemudian para naga langit berkumpul di pulau tersebut dan berusaha untuk memilikinya, karena mereka sendiri memiliki keterkaitan dengan naga.

Mereka menyebut diri mereka naga, simbol mereka juga ada kaitannya dengan naga, dan para naga langit ini kemudian memerintahkan Vegapunk untuk kemudian membuat buah iblis yang berkaitan dengan naga. Hal ini kemudian bisa menjelaskan telur besar yang ada di kapal Roger. Kemungkinan Roger mengambil telur naganya, setelah mereka berhasil mengalahkan Rocks.

Dampak Bajak Laut Rocks Terhadap Para Yonko

Bagi Whitebeard, dia tidak mewarisi apapun dari sifat buruk seorang Rocks. Whitebeard bukanlah seorang bajak laut yang liar dan kejam seperti Rocks. Tapi, ketika Whitebeard melakukan sesuatu yang mengerikan dan juga jahat semua itu dia lakukan untuk memenuhi kehidupan bagi para penduduk di kampung halamannya, pulau Sphinx. Whitebeard belajar banyak dari Rocks, tentang bagaimana menjadi bajak laut yang “baik”.

Bagi Big Mom, bajak laut Rocks merupakan ayah bagi para anak-anaknya. Seperti yang kita ketahui, Charlotte Linlin memiliki banyak anak dari banyak suami. Namun, untuk Perospero, Katakuro, Oven, dan Daifuku, kemungkinan mereka lahir di kapal bajak laut Rocks. Untuk Kaido, Rocks adalah segalanya. Dia menjadi guru yang berharga bagi sosok makhluk paling kuat sedunia tersebut. Ketika bergabung dengan Rocks, Kaido masih menjadi bajak laut yang belum berpengalaman.

Kita tahu bahwa Kaido tidak keberatan untuk menghadapi krunya sendiri atau rekannya sendiri demi mendapatkan apapun yang dia inginkan. Dia menyatakan kepada Flying Six bahwa mereka akan bisa bertarung melawan para komandan, jika berhasil menemukan Yamato. Ini bisa jadi merupakan cerminan dari apa yang terjadi pada saat Kaido masih bergabung dengan bajak laut Rocks.

Tidak diragukan lagi jika Blackbeard memiliki kesamaan dengan Rocks. Mulai dari karakternya, kapalnya, bahkan sampai pulau tempat mereka berkumpul pun sama. Blackbeard dikabarkan tertarik dengan berbagai sejarah. Mungkin, dalam salah satu risetnya, dia berhasil mengetahui cerita atau kisah tentang Rocks D. Xebec. Sama halnya Luffy yang menjadi pewaris semangat dari Roger, Blackbeard merupakan pewaris semangat dari rivalnya, Rocks.

Sedangkan bagi Shanks, meskipun banyak orang yang menganggap Shanks adalah anak dari Rocks, di sisi lain bisa jadi dia bukan anak dari Rocks. Shanks mungkin akan menjadi penerus dari Will of D. Tapi jika memang begitu, mengapa Roger tidak mempercayakan masa depan raja bajak laut kepada Shanks dan justru menginginkan generasi baru yang akan mewarisi titelnya? Benar atau tidaknya Shanks adalah anak dari Rocks memang masih harus dibuktikan. Yang pasti, banyak dari para fans menunggu tentang identitas atau masa lalu Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.